Blog

5 Tempat yang Wajib Kamu Lihat di Kepulauan Seribu

Ada banyak tempat wisata di Kepulauan Seribu yang menarik untuk dikunjungi. Namun tahu kah kamu? Di luar segala keindahannya, ada tempat-tempat yang amat menarik untuk dilihat. Mengapa? Karena tempat itu tidak hanya indah, melainkan juga menyuguhkan lebih dari sekedar panorama. Apa saja yang disajikan? Mau tahu, tempat apa saja itu? Ini dia tempat-tempatnya.

  1. Konservasi Penyu Sisik

Di antara semua tempat wisata di Kepulauan Seribu, hanya ada satu tempat konservasi penyu, Penyu Sisik. Tempat konservasi Penyu Sisik itu ada di Pulau Pramuka.

Penyu Sisik sendiri adalah satwa langka yang unik. Kepalanya memiliki semacam paruh yang mirip dengan Burung Elang. Sedang karapas di punggungnya memiliki sekat yang tumpang tindih semacam sisik.

Jika dibandingkan dengan tempat wisata lain, tempat konservasi Penyu Sisik ini tidak cukup populer. Pengunjungnya masih kalah dengan tempat wisata umum yang sebenarnya hanya menawarkan panorama. Padahal, di area konservasi Penyu Sisik, pengunjung bisa belajar banyak tentang satwa langka ini.

Tidak ada pungutan apapun untuk bisa datang ke area konservasi Penyu Sisik. Tetapi, jika ingin berdonasi, pengunjung bisa menyalurkan donasinya lewat kotak yang sudah disediakan pengelola.

  1. Benteng Martelo

Benteng Martelo adalah benteng pertahanan Belanda ketika menguasai Jakarta. Meski benteng itu sudah berlumut, bangunannya masih tampak kukuh. Benteng itu berbentuk melingkar, tersusun dari batu bata merah. Di tengah benteng, ada semacam alat berbentuk unik. Konon, alat itu adalah alat untuk membuat peluru meriam.

Menariknya lagi, suasana di sekitar benteng ini cukup asik. Nuansa kunonya begitu kental. Kamu bahkan sudah bisa merasakan suasananya sejak masuk pintu gerbang Pulau Bidadari. Ada batu hitam yang menjadi tanda di sana. Di sepanjang jalan menuju Benteng Martelo, kamu juga akan mendapati meriam dan patung yang identik dengan Zaman Hindia Belanda.

  1. Taman Arkeolog Pulau Onrust

Jarak Pulau Onrust dan Jakarta cukup dekat. Hanya butuh waktu 15 menit untuk menyeberang dari Pelabuhan Muara Kamal ke pulau ini.

Dulu, Pulau Onrust menjadi pulau tempat pertama kalinya kapal Belanda mendarat. Pulau ini menjadi pulau penting zaman itu. Indikasi itu didapat dari adanya kincir angin, tanggul pantai, dermaga, ruang bawah tanah, juga pondasi benteng yang hampir dua pertiga Pulau Onrust.

Sebagai pelengkap, kamu bisa mengunjungi musium yang ada di pulau ini. peninggalan zaman hindia Belanda masih disimpan baik sampai sekarang. Lukisan, miniatur pulau, miniatur kapal, peluru meriam, juga informasi sejarah bisa kamu lihat lengkap di sini.

  1. Bangunan Karantina Haji

Bangunan ini masih berada di Pulau Onrust, dibangun pada masa pemerintahan Hindia Belanda. Tahun 1911-1913, bangunan ini difungsikan sebagai tempat karantina jamaah haji sepulang dari Makkah. Bentuknya semacam rumah sakit. Wabah malaria dan leptospirosis yang dibawa jamaah haji cukup mengkhawatirkan saat itu.

Menariknya, ada lempeng baja tebal yang ditanam di sekeliling bangunan. Ini berfungsi sebagai penghalau tikus agar tidak masuk ke dalam bangunan rumah sakit. Lempeng baja itu ditanam cukup dalam, satu meter di bawah tanah.

  1. Jembatan Cinta

Jembatan Cinta ada di Pulau Tidung, bagian dari tempat wisata di kepulauan seribu. Jembatan Cinta ini menjadi penghubung antara Pulau Tidung dan Pulau Tidung Kecil. Banyak mitos yang menjadi daya tarik pada jembatan itu.

Salah satu mitos itu adalah siapa yang melompat dari jembatan itu, maka pikiran kotor di kepalanya akan hilang. Mitos lain mengatakan, siapa yang menyeberangi jembatan ini bersama pasangan, maka hubungan mereka akan langgeng. Satu lagi mitos yang menarik. Tapi bukan pada Jembatan Cinta, melainkan pada ujung Pulau Tidung Kecil. Banyak orang penasaran dengan ujung Pulau Tidung Kecil karena menyimpan hal mistis.

Itulah 5 tempat wisata di Kepulauan Seribu yang wajib kamu kunjungi. Tak perlu jauh-jauh dulu untuk berwisata, Kepulauan Seribu yang dekat dengan Jakarta saja masih banyak tempat yang harus dijelajahi

Related Post

Tempat Wisata di Pati dan Pemalang Jateng Tempat Wisata di Pati dan Pemalang Jateng. Jawa Tengah memang memiliki destinasi wisata yang melimpah nan indah. Tak heran jika banyak pelancong yang menghabiskan waktu liburan mereka bersama teman atau keluarga untuk berwisata di Jawa Tengah. Selain...
Lakukan Cara Ini untuk Merancang Rencana Berlibur Lakukan Cara Ini untuk Merancang Rencana Berlibur. Liburan merupakan hal penting yang harus ada dalam agenda bulanan dan tahunan Anda. Mengapa begitu? karena liburan bisa menjadi obat mujarab untuk menghilangkan stres setelah lelah bekerja. Sekaligus...
Tips Aman Berwisata ke Lokasi Bekas Bencana Tips Aman Berwisata ke Lokasi Bekas Bencana. Bagi para penyuka tantangan, berwisata ke lokasi bekas bencana pasti menjadi sesuatu yang menyenangkan. Padahal lokasi bekas bencana bisa jadi belum aman untuk dikunjungi. Terlebih lagi, jika ternyata benc...
5 Barang yang Wajib Dibawa Para Working Traveler 5 Barang yang Wajib Dibawa Para Working Traveler. Bagi sebagian orang, traveling bukan hanya menjadi hobi, tapi juga telah menjadi bagian hidup. Hal ini dialami oleh mereka yang disebut sebagai working traveler, atau dengan kata lain, orang yang kegi...
Tempat Wisata Lembah Hijau Lampung yang Menarik Tempat Wisata Lembah Hijau Lampung yang Menarik. Bandar Lampung memiliki sebuah wisata yang menarik bernama wisata Lembah Hijau. Sisi menariknya adalah wisata Lembah Hijau Lampung adalah kombinasi dari wisata alam dipadu dengan teknologi modern. Cuku...