Paket Tour Backpacker Wisata Pulau Pari Lokasi Penginapan Di Pantai

Backpackeran ke Pulau Pari. Anda sudah punya rencana liburan di akhir pekan ini? Bila masih bingung menentukan destinasi wisata yang paling pas, bagi masyarakat Jakarta dan sekitarnya Pulau Pari bisa menjadi pilihan. Pulau mungil yang merupakan bagian dari gugusan Kepulauan Seribu ini sangat cocok menjadi tempat melarikan diri sejenak dari kesibukan kota yang padat atau beban kerja yang penuh tekanan. Alasannya, selain menyuguhkan panorama alam pesisir yang indah, pulau wisata Pari juga terletak cukup dekat dari ibukota. Artinya Anda tak membutuhkan waktu yang panjang atau dana yang besar untuk berwisata ke tempat ini.

pulau pari backpacker

Ke Pulau Pari ala backpacker

Ada berbagai cara liburan  yang bisa Anda pilih untuk melancong ke Pulau Pari, pertama adalah dengan paket wisata yang disediakan oleh penyedia jasa tour and travel dan kedua adalah bepergian secara mandiri atau sering disebut backpacker. Inilah beberapa hal yang penting untuk diketahui sebelum beribur ala backpacker ke pulau wisata Pari.

  • Transportasi

Karena letaknya lebih dekat dibandingkan Pulau Tidung, untuk mencapai pulau wisataPari Anda hanya membutuhkan waktu 1.5 jam perjalanan menggunakan kapal feri berupa kapal kayu bermotor dua dari Dermaga Kali Adem atau Pelabuhan Muara Angke. Sebaiknya Anda berangkat pagi-pagi karena jadwal keberangkatan kapal feri menuju Kepulauan Seribu adalah pada pukul 07.00 WIB – 08.00 WIB, dengan loket mulai buka pada pukul 05.00 WIB.

  • Akomodasi

Anda bisa berlibur sehari saja di pulau wisata ini tanpa menginap. Kapal feri kembali ke Jakarta tersedia pada sore hari. Tetapi bila ingin menghabiskan waktu yang sedikit lebih panjang tersedia homestay  yang dikelola oleh penduduk setempat bagi wisatawan. Untuk mendapatkan harga yang lebih bersahabat, tarif menginap di homestay bisa ditawar dengan pemiliknya. Fasilitas yang tersedia di sini adalah springbed, kulkas, tv, AC, serta dispenser. Selain kamar-kamar single, homestay di obyek wisata ini juga menyediakan kamar yang besar dan dapat diisi hingga 6 orang.

  • Tempat makan

Tak perlu khawatir tentang tempat makan di Pulau Pari ini karena tersedia banyak warung makan. Menu yang banyak tersedia adalah olahan hidangan laut terutama ikan bakar yang dimasak dengan bahan- bahan yang masih segar hasil tangkapan nelayan setempat. Pulau wisata ini dapat dikatakan sebagai surganya hidangan laut.

  • Toko oleh-oleh

Tak lengkap rasanya bila pulang berlibur tanpa membawa oleh-oleh baik untuk kenang-kenangan acara wisata Anda sendiri atau untuk dibagi-bagikan kepada teman-teman  dan saudara. Di obyek wisata Pari ini Anda bisa berbelanja oleh-oleh di kedai milik penduduk. Para pengunjung umumnya membeli oleh-oleh berupa asinan cumi, manisan rumput laut, manisan buah ceremai, dan sebagainya. Selain itu Anda juga bisa membeli produk kerajinan yang dibuat dari kerang.

  • Aktivitas wisata

Jangan khawatir bosan saat melancong ke Pulau Pari karena ada banyak kegiatan liburan yang bisa Anda coba. Anda bisa berwisata pantai di Pantai Pasir Perawan,  Pantai Kresek, dan Pantai lon LIPI, bersepeda keliling pulau, menjelajahi hutan konservasi mangrove, atau snorkeling di spot populer Pulau Tikus dan mengambil foto underwater. Anda juga bisa mencoba water sport seperti banana boat, cano, atau jetski untuk menguji nyali Anda. Agar acara liburan tak terganggu oleh cuaca yang kurang bersahabat, sebaiknya Anda berkunjung di bulan maret hingga oktober karena cuaca biasanya cerah dan angin tak terlalu kencang.

Pantai-pantai indah di Pulau Pari . Siapa sangka Jakarta yang merupakan kota megapolitan dengan gedung-gedung pencakar langitnya ternyata menyimpan surga tersembunyi yang terletak di bagian utara ibukota, yaitu kawasan Kepulauan Seribu. Gugusan pulau-pulau mungil ini secara administrative disebut sebagai Kabupaten Kepulauan Seribu yang tak hanya mempunyai pemandangan alam pesisir khas pantai-pantai daerah tropis, tetapi juga beberapa lokasi menyimpan jejak sejarah Negara kita. Pulau terbesar di Kepulauan Seribu adalah Pulau Tidung yang berpenghuni cukup padat dan juga populer sebagai obyek wisata. Di dekat pulau tersebut ada pula pulau wisata Pulau Pari yang terkenal akan pantai-pantainya yang indah.

pulau pari

Pantai-pantai yang terdapat di Pulau Pari

Pulau kecil yang tepat berada di tengah deretan pulau-pulau lainnya bagian dari Kepulauan Seribu ini mempunyai bentuk seperti ikan Pari sehingga disebut Pulau Pari. Bila dahulu wisatawan hanya sekedar singgah ke pulau ini karena tujuan utama mereka adalah ke Pulau Tidung, namun saat ini pulau wisata Pari semakin tersohor sebagai destinasi wisata yang menyimpan icon-icon wisata yang tak kalah indah dengan pulau lainnya, misalnya pantai-pantai cantik berikut ini.

  • Pantai Pasir Perawan

Yang menjadi daya tarik dari Pantai Pasir Perawan adalah pasirnya yang berwarna putih bersih dan sangat lembut seolah tak pernah ada kaki manusia yang menginjaknya. Inilah salah satu penyebab mengapa pantai ini diberi nama demikian. Selain itu, kondisi alam di sekitar pantai juga masih sangat alami dengan pepohonan rindang yang menciptakan kesejukan. Pengelola telah melengkapi icon wisata pulau ini dengan saung-saung untuk bersantai di daerah pantai. Bagian yang paling menarik dari pantai Pasir Perawan adalah lagoon yang bisa dikunjungi dengan berjalan kaki saat air surut. Anda mungkin juga bisa menyaksikan beberapa satwa laut yang tertinggal di gundukan pasir lagoon karena tak sempat terbawa air kembali ke laut. Pada bagian bibir pantai terdapat deretan pohon bakau yang rindang dan berfungsi sebagai penahan abrasi karena gempuran gelombang.

  • Pantai LIPI

Pada bagian barat Pulau Pari terdapat kawasan pantai yang dikhususkan sebagai pusat penelitian oceanografi dan di bawah pengelolaan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia. Di tempat inilah konservasi serta riset tentang tanaman dan biota laut dilakukan secara intensif. Pada peringatan hari bumi tahun 2016, lembaga tersebut mengajak masyarakat di Kepulauan Seribu melakukan penanaman 1000 bibit mangrove di pantai Pari dalam acara yang disebut Youth Green Act: A Thousand Mangrove For Earth.

Pantai LIPI mempunyai pasir putih yang lembut serta perairan yang biru kehijauan dan jernih. Karena posisinya di bagian barat, Anda juga bisa menyaksikan sunset yang indah di sekitar pantai ini. Terakhir, jangan lewatkan untuk menyaksikan secara langsung bintang-bintang laut aneka jenis dan ukuran di pantai lon LIPI ini.

  • Pantai Kresek

Ternyata pantai Kresek ini mempunyai kepanjangan nama yang unik yaitu pantai Keren dan Seksi. Mungkin kecantikan alamnya-lah yang membuat penduduk sekitar memberi nama pantai ini dengan begitu unik. Lokasinya tak terlalu jauh dari pantai LIPI sehingga kondisi alamnya pun tak akan berbeda jauh. Saat pertama kali menginjakkan kaki di pantai ini Anda akan disambut oleh hamparan pasir putih nan luas. Sementara di sekitar pantai terdapat pepohonan rindang yang seringkali menjadi tempat bersantai bagi wisatawan. Di dekat pantai terdapat padang ilalang yang luas dan bisa menjadi lokasi berfoto yang unik. Nah, siap berkunjung ke Pulau Pari di akhir pekan ini?

Keindahan Pulau Pari Kepulauan Seribu. Bila mendengar kata Kepulauan Seribu kebanyakan orang pasti akan langsung teringat akan Pulau Tidung. Tentu saja ini masuk akal mengingat pulau ini merupakan yang terbesar di antara deretan pulau lainnya di kawasan Kabupaten Kepulauan Seribu ini serta mempunyai penduduk yang paling banyak. Tetapi faktanya di dekat pulau Tidung ada obyek wisata lain yang tak kalah indahnya, yaitu Pulau Pari.

pulau pari island

Nama Pari tersebut diambil karena bila diamati dari atas, pulau mungil ini tampak seperti ikan pari raksasa. Pemerintah membagi pulau ini menjadi dua bagian dengan bagian barat sebagai pemukiman, dengan jumlah penduduk mencapai 700 jiwa. sementara pada bagian timur dikelola oleh masyarakat setempat sebagai kawasan obyek wisata bahari. Selain itu pulau ini juga menjadi pusat penelitian oceanografi di bawah pengelolaan LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia).

pulau pari review

Pesona Pulau Pari

Pulau dengan luas 43 hektar ini mempunyai keunikan tersendiri bila dibandingkan dengan pulau-pulau lainnya, yaitu mempunyai anugerah berupa sumber air tawar. Ternyata asal-muasalnya adalah karena terbentuknya cekungan pada bagian barat pulau sehingga dapat menyerap dan menampung dan air hujan. Inilah sebabnya pulau  wisata Pari ini mempunyai cadangan air tawar yang sangat melimpah sehingga pepohonan juga bisa tumbuh subur di kawasan tersebut.

Berbeda dengan di pulau lainnya, di tempat ini Anda bisa menemukan beragam pohon buah-buahan yang tumbuh dengan subur, misalnya pohon srikaya, jambu, mangga, ceremai, dan pisang. Di pulau wisata Pari juga terdapat sebuah laguna yang baru akan muncul saat air surut. Di sini Anda bisa menemukan bintang laut terdampar atau kerang-kerangan yang terbawa ombak dan tak bisa kembali ke laut. Pantai-pantai iconik yang bisa Anda kunjungi di Pulau Pari ini adalah pantai Pasir Perawan, pantai LIPI, dan pantai Kresek yang letaknya saling berdekatan.

  • Sunset cantik di bukit Matahari Pulau Pari

Saat berlibur ke pantai pasti akan kurang lengkap bila tak menyaksikan momen indah matahari terbenam yang tidak setiap hari bisa kita saksikan. Spot sunset yang paling populer di pulau ini adalah Bukit Dermaga Matahari atau yang kerap disebut Bukit Matahari. Sangat mudah menemukan tempat ini, yaitu di dekat pelabuhan pulau.

Walaupun bernama Bukit Matahari tetapi sejatinya, tempat ini bukanlah bukit sesungguhnya, melainkan gundukan pasir yang luas. Umumnya pengunjung naik hingga puncaknya untuk menyaksikan pemandangan di laut lepas nan luas. Selain menjadi lokasi menyaksikan matahari terbenam di ufuk barat yang menyisakan cahaya jingga di langit, di sinilah para wisatawan seringkali menggelar pesta barbeque di malam hari.

  • Akomodasi Pulau Pari

Anda tak akan menemukan hotel atau resort di pulau wisata ini karena hanya tersedia homestay milik masyarakat setempat. Tetapi meskipun demikian Anda tak perlu khawatir karena fasilitas akomodasi ini cukup nyaman dengan tempat tidur springbed, pendingin ruangan, kamar mandi dalam, dispenser, dan sebagainya. Yang lebih menarik, tarif menginap bisa didiskusikan dengan pemilik homestay sehingga Anda berkesempatan mendapatkan harga bersahabat. Tetapi biasanya ini tak berlaku di masa-masa peak season atau musim liburan karena peminat membludak.

  • Aktivitas wisata Pulau Pari

Anda bisa mengawali acara liburan di pulau ini dengan bersepeda untuk mengeksplor kecantikan alam pulau. Berikutnya cobalah water sport seperti donut boat, banana boat, atau kano. Anda juga bisa berkeliling dengan perahu nelayan untuk menjelajahi hutan mangrove. Snorkeling juga bisa menjadi pilihan untuk mencoba pengalaman berlibur yang seru dengan menikmati pemandangan alam bawah laut yang cantik.

Memilih agen travel Pulau Pari. Sebagai Negara dengan pemandangan alam yang termasuk salah satu yang terindah di dunia memang wajar bila industry pariwisata di tanah air semakin pesat berkembang. Agen tour and travel begitu mudah kita temukan di berbagai  kota di tanah air, mulai dari yang kecil hingga yang besar. Bagi para traveler keuntungannya adalah Anda jadi lebih banyak mempunyai pilihan penyedia jasa yang akan menemani acara traveling Anda,  misalnya ke Pulau Pari Kepulauan Seribu. Berikut ulasannya.

pulau pari murah

Cerdas memilih agen travel untuk liburan ke Pulau Pari

Agar tak terjebak perangkap agen tour and travel abal-abal yang hanya berniat mengeruk uang Anda dengan kedok menyediakan paket liburan ke Kepulauan Seribu, termasuk tour Pulau Pari, berikut ini adalah beberapa tips yang bisa Anda coba.

  • Professional

Telitilah dalam memilih agen travel, professional dan terpercaya adalah salah satu syarat utama. Mereka yang serius dalam bisnis ini bersedia menjelaskan sedetail mungkin tentang obyek wisata yang hendak Anda kunjungi.  Mintalah nasehat pada kerabat atau teman yang mempunyai hobby traveling untuk mendapatkan rekomendasi penyedia jasa terbaik. Agen travel yang berniat untuk melanggengkan bisnisnya, tak hanya memburu transaksi pada saat itu saja, melainkan berupaya membangun hubungan dengan klien mereka secara jangka panjang.

  • Jangan tergiur harga

Saat browsing di internet dengan kata kunci wisata Pulau Pari, Anda bisa dengan mudah menemukan penyedia jasa tour and travel yang mempromosikan paket-paket liburannya. Artinya persaingan pada bisnis demikian ketat dan untuk memenangkannya mereka tak segan menawarkan harga promo hemat yang kadang sangat murah.

Sebagai konsumen sebaiknya jangan buru-buru tergiur dengan tawaran ini karena bisa jadi ujung-ujungnya Anda malah kecewa karena fasilitas yang diberikan tak memuaskan. Perhatikan detail paket liburan yang ditawarkan, yaitu, transportasi, obyek wisata yang dikunjungi, durasi perjalanan, logistic, dan akomodasi. Agar liburan lancar, seluruh fasilitas harus dipastikan benar-benar memadai dan layak.

  • Terpercaya

Cara untuk melihat kredibilitas sebuah agen travel adalah memperhatikan koneksi dengan berbagai industry pariwisata yang dimiliki, yaitu perusahaan rental kendaraan, transportasi, perhotelan, maskapai, dan menjadi member asosiasi pengusaha travel.

  • Rute perjalanan

Dalam memilih agen travel sebaiknya perhatikan paket wisata mereka untuk mengetahui rute perjalanan  atau rundown di tempat wisata nanti. Pastikan memang sesuai dengan keinginan Anda. Jangan memilih paket wisata dengan tawaran tour ke tempat-tempat yang tidak Anda inginkan atau ketahui walaupun menawarkan harga murah.

Sebelum memutuskan untuk mengikuti paket wisata dari sebuah agen travel, dapatkan informasi selengkap mungkin dan jangan sampai ada sesuatu yang meragukan atau tak diketahui. Berikutnya, Anda bisa mengetahui layanan agen dari testimony para konsumen yang pernah menggunakan jasa mereka.

pulau pari paket

Obyek wisata Pulau Pari

Pulau wisata yang luasnya mencapai 43 hektar tersebut menyimpan berbagai obyek wisata yang seru untuk dikunjungi, antara lain:

  • Pantai Pasir Perawan
  • Pantai LON LIPI
  • Pantai Kresek
  • Bukit Dermaga Matahari
  • Hutan konservasi mangrove

Aktivitas liburan yang bisa menjadi pilihan saat ke Pulau Pari adalah berenang di perairan tenang Pantai Pasir Perawan, melihat karamba penangkaran biota laut langka di pantai Kresek dan LIPI, menyaksikan momen sunrise atau sunset di Bukit Dermaga Matahari, atau snorkeling di spot-spot sekitar pulau yang menyimpan keindahan bawah laut yang luar biasa. Anda juga bisa bersepeda berkeliling pulau dengan sepeda sewaan yang banyak tersedia di sekitar pantai Pasir Perawan. Nah, selamat liburan ke Kepulauan Seribu. Untuk memesan paket wisata kalian bisa mengontak dibawah ini.

  • Kontak 1
  • Kontak 2
  • Kontak 3

  • Phone : (021) 29460708
  • 0853-111-911-89
  • 0857-789-123-89

  • Phone : (021) 29 461 292
  • 0857-19999-500
  • 0878-88438-882

  • Phone : (021) 29619621
  • 081319998120
  • 085693536999