Blog

Tempat Wisata di Sumedang dan Kota Banjar

Tempat Wisata di Sumedang dan Kota Banjar

Tempat Wisata di Sumedang dan Kota Banjar. Berada kurang lebih 45 km dari Kota Bandung, Sumedang juga memiliki berbagai tempat wisata. Bila selama ini Anda menggemari tahunya, maka tempat wisata di Sumedang juga harus Anda coba. Dalam tulisan ini, kami akan membahas mengenai tempat wisata di Sumedang dan Kota Banjar. Namun yang pertama, kami akan menyajikan beberapa tempat wisata di Sumedang, Jawa Barat.

  1. Kampung Toga

Di Sumedang, Toga merujuk pada sebuah tempat wisata bernama Kampung Toga (Tanaman Obat Keluarga). Berada di ketinggian 650 mdpl, memiliki pemandangan indah, dan tersedia berbagai fasillitas, seperti paralayang, sepeda gunung, kolam renang, dan lainnya.

  1. Curug Sabuk

Sebagaimana tempat wisata air terjun pada umumnya yang berada dalam hutan, curug sabuk pun demikian. Lokasinya berada di sekitar Taman Buru Gunung Masigit dan kawasan Gunung Kareumbi, Sumedang Selatan. Untuk ke sini, membutuhkan waktu sekitar 3 jam perjalanan.

  1. Situ Cilembang

Situ Cilembang atau Danau Cilembang memiliki warna air yang kebiruan dan sangat bening. Lokasinya berada di Desa Hariang, Sumedang. Untuk menjaga keindahan tersebut, pengelola melarang pengunjung untuk mandi di dalam situ.

  1. Gunung Tampomas

Gunung Tampomas dibuka sebagai tempat pendakian. Lokasinya ada di bagian utara kabupaten Sumedang. Tempat ini berada di ketinggian 1684 mdpl.

  1. Sungai Tubing

Sungai satu ini cocok sebagai tempat wisata arung jeram. Sungai Tubing berlokasi di Desa Cipanjar, Sumedang Selatan.

  1. Mata Air Sirah Cipelang

Tempat wisata ini masih sangat asri dan alami. Hawa di sekelilingnya pun terasa begitu sejuk. Lokasinya berada di Desa Cipamekar, Conggeang, Sumedang.

  1. Puncak Damar Baros

Berada di Jatigede, Puncak Damar Baros merupakan tempat wisata yang berupa waduk berukuran sangat besar. Tempat ini dikelilingi perbukitan dan pegunungan, membuat pemandangannya sangat indah.

Setelah mengililingi tempat wisata di Sumedang, sekarang bergeser ke Kota Banjar. Melengkapi informasi tempat wisata di Sumedang dan Kota Banjar ini, berikut beberapa tempat wisata menarik di Kota Banjar.

  1. Curug Cibonte

Curug Cibonte memiliki ketinggian 30 meter. Destinasi wisata ini berada di Dusun Cijambu, Cibeureum, Kota Banjar.

  1. Kolam di Mandalare

Sebenarnya kolam di Desa Mandalare ini belum memiliki nama. Meski tidak terlalu luas, di sini terdapat batuan cadas yang membuat pemandangannya menjadi begitu indah.

  1. Situ Mustika

Situ Mustika menawarkan pemandangan yang sangat indah. Di sini terdapat jembatan gantung yang sangat instagramable. Lokasinya berada di Desa Karang Panimbal, Purwaharja, Kota Banjar.

  1. Situ Leutik

Di tempat ini, Anda bisa menyalurkan hobi memancing Anda. Jika Anda tidak suka memancing, Anda bisa menikmati pemandangan indah di sini. Akan tetapi, karena tempat ini bernuansa mistis, Anda harus berhati-hati dalam ucapan dan tindakan. Lokasi Situ Leutik berada di Dusun Babakanpace, Desa Cibeureum, Banjar.

  1. Dinding Hits Sumanding

Disebut dinding hits karena memang tempat satu ini sangat apik dijadikan sebagai spot untuk berfoto. Dinding berwarna hijau karena dipenuji oleh tumbuhan merambat. Jika Anda ingin juga berfoto di sini, datang saja ke Desa Sumanding, Mekarsari, Banjar.

  1. Cagar Budaya Pulo Majeti

Anda yang ingin belajar sejarah dan budaya dari Kota Banjar bisa datang ke Cagar Budaya Pulo Majeti ini. Cagar budaya ini berkaitan dengan sejarah Kerajaan Ratu Gakuh. Lokasinya berada di Dusun Siluman, Purwaharja, Banjar.

  1. Taman Kota Lapang Bakti

Taman yang merupakan ruang terbuka ini cocok sebagai tempat rekreasi, olahraga, dan tentunya nongkrong. Di sekitarnya juga terdapat PKL yang menjajakan makanan. Biaya masuknya pun gratis, Anda hanya dikenakan biaya parkir.

Itu dia beberapa tempat wisata di Sumedang dan Kota Banjar yang dapat Anda kunjungi. Bila berkunjung ke tempat-tempat tersebut, jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan ya. Semoga liburan Anda selalu menyenangkan. (baca tempat wisata lembah hijau)

Related Post

Tips Aman Berwisata ke Lokasi Bekas Bencana Tips Aman Berwisata ke Lokasi Bekas Bencana. Bagi para penyuka tantangan, berwisata ke lokasi bekas bencana pasti menjadi sesuatu yang menyenangkan. Padahal lokasi bekas bencana bisa jadi belum aman untuk dikunjungi. Terlebih lagi, jika ternyata benc...
Tempat Wisata Lembah Hijau Lampung yang Menarik Tempat Wisata Lembah Hijau Lampung yang Menarik. Bandar Lampung memiliki sebuah wisata yang menarik bernama wisata Lembah Hijau. Sisi menariknya adalah wisata Lembah Hijau Lampung adalah kombinasi dari wisata alam dipadu dengan teknologi modern. Cuku...
10 Tempat Liburan Anak di Jakarta Yang Menyenangkan 10 Tempat Liburan Anak di Jakarta Yang Menyenangkan. Libur panjang selalu jadi momen yang menyenangkan untuk berlibur, oleh sebab itu beberapa tempat liburan yang asyik bisa menjadi pilihan. Di jakarta sendiri memiliki banyak tempat berlibur bagi kel...
Tempat Wisata di Tegal, Sragen, dan Sukoharjo Yang Bagus Tempat Wisata di Tegal, Sragen, dan Sukoharjo. Jika disebut kata “Tegal”, mungkin yang terbayang dalam benak Anda adalah Warteg (Wareng Tegal). Bertempat di provinsi Jawa Tengah, Tegal memiliki beberapa tempat wisata yang sangat ciamik. Bukan han...
5 Tempat yang Wajib Kamu Lihat di Kepulauan Seribu Ada banyak tempat wisata di Kepulauan Seribu yang menarik untuk dikunjungi. Namun tahu kah kamu? Di luar segala keindahannya, ada tempat-tempat yang amat menarik untuk dilihat. Mengapa? Karena tempat itu tidak hanya indah, melainkan juga menyuguhkan ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *