Blog

Tempat Wisata di Tegal, Sragen, dan Sukoharjo Yang Bagus

Tempat Wisata di Tegal, Sragen, dan Sukoharjo Yang Bagus

Tempat Wisata di Tegal, Sragen, dan Sukoharjo. Jika disebut kata “Tegal”, mungkin yang terbayang dalam benak Anda adalah Warteg (Wareng Tegal). Bertempat di provinsi Jawa Tengah, Tegal memiliki beberapa tempat wisata yang sangat ciamik. Bukan hanya di Tegal, kami juga akan mengulas tempat wisata di Sragen dan Sukoharjo. Yuk simak rekomendasi tempat wisata di Tegal, Sragen, dan Sukoharjo.

Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Tegal, Jawa Tengah.

  1. Kebun teh

Jika selama ini kebun teh identik dengan Bandung atau daerah lain di Jawa Barat, Tegal juga memiliki kebun teh lho. Kebun teh ini yang dapat Anda nikmati keindahannya ini salah satunya berlokasi di Dukuh Aren, Desa Bumijawa, Tegal.

  1. Gunung Tanjung

Gunung Tanjung sangat cocok bagi Anda yang menyukai petualangan di alam bebas. Terlebih jika Anda menyukai hiking, maka Gunung Tanjung sangat tepat untuk Anda kunjungi. Lokasinya berada di Desa Lebaksiu, Tegal.

  1. Wisata Air Panas Guci

Di sini terdapat 25 sumber air panas yang berasal dari Gunung Slamet. Air panas tersebut mengandung belerang, jadi disarankan untuk tidak terlalu lama di dalamnya. Lokasi tempat wisata ini ada di Sigedong, Bumijawa, Tegal.

  1. Danau Beko

Danau ini terbentuk oleh kubangan-kubangan bekas penambangan batu kapur terisi air. Ada lima danau di tempat ini yang dapat Anda nikmati. Lokasinya berada di Desa Jatilaba, Margasari, Tegal.

Dari Tegal, kita beranjak ke Sragen, Jawa Tengah. Berikut beberapa rekomendasi tempat wisata di Sragen yang dapat Anda kunjungi di hari libur Anda.

  1. Museum Sangiran

Sangiran dulunya merupakan salah satu daerah ditemukannya manusia purba. Di Museum Sangiran ini Anda dapat merasakan sensasi kembali ke zaman purba. Tempat wisata sekaligus belajar ini berlokasi di Desa Krikilan, Kalijambe, Sragen.

 

  1. Taman Dayu Alam Asri

Taman ini dibangun dengan konsep ramah anak dan cocok sebagai tempat rekreasi keluarga. Di sini Anda dan keluarga dapat menikmati mini zoo dengan berbagai koleksinya. Lokasinya berada di Desa Dayu, Sragen.

  1. Gunung Kemukus

Selain memiliki pemandangan yang indah, gunung ini juga memiliki kesan mistis. Konon, Gunung Kemukus sering dijadikan sebagai lokasi pesugihan. Jika Anda ingin menikmati keindahan gunung ini, Anda bisa datang ke Desa Soko, Pendem, Sumberlawang, Sragen.

  1. Ganesha Technopark

Ganesha Technopark dibangun sebagai pusat penelitian dan pengembangan, perdagangan, dan tentunya wisata eco-techno di Sragen. Jika Anda tertarik, Anda bisa datang ke Jalan Dr. Sutomo, Sragen.

Usai berkeliling Tegal dan Sragen, lengkapi kunjungan Anda ke Sukoharjo. Berikut beberapa tempat wisata di Sukoharjo.

  1. Alaska Waterworld

Dari namanya saja, sudah jelas bahwa tempat ini merupakan tempat wisata air. Alaska Waterworld bahkan memiliki wahana budidaya satwa. Tertarik? Anda bisa datang ke lokasi Alaska Waterworld di Polokarto, Sukoharjo.

  1. Gunung Sepikul

Konon, Gunung Sepikul berasal dari batu yang dahulu dibawa oleh Bandung Bondowoso untuk membangun Candi Rorojonggrang dan terjatuh. Tempat yang kini dibuka sebagai tempat wisata ini memiliki pemandangan yang sangat indah. Lokasinya berada di Desa Gentan, Tiyaran, Bulu, Sukoharjo.

  1. Waduk Mulur

Waduk yang telah dibangun sejak zaman penjajahan ini memang cocok sebagai tempat berburu ikan. Di sini banyak karamba yang membudidayakan berbagai jenis ikan. Bagi Anda yang hobi memancing, tentu tempat ini cocok ya. Lokasinya ada di Desa Kenep, Combongan, Sukoharjo.

  1. Petilasan Kraton Pajang

Kraton Pajang dulunya didirikan oleh Sultan Hadiwijaya (Jaka Tingkir). Di petilasan ini, Anda dapat belajar lagi mengenai sejarah Kraton Pajang. Petilasan Kraton Pajang berada di Kartosuro, Sukaharjo.

Demikian beberapa rekomendasi tempat wisata di Tegal, Sragen, dan Sukoharjo yang dapat Anda jadikan sebagai alternative mengisi hari libur Anda. Semoga bermanfaat.

Related Post

5 Aplikasi Penting untuk Traveling Wajib di Download 5 Aplikasi Penting untuk Traveling Wajib di Download. Hadirnya smartphone memang perlahan mengubah haluan hidup manusia. Berbagai aplikasi yang dapat diinstal melalui smartphone semakin memudahkan aktivitas sehari-hari. Aplikasi Go-Jek, misalnya, yan...
Indah Mana? Nusa Penida Bali atau Pulau Seribu Jakarta! Nusa Penida Bali atau Pulau Seribu Jakarta?. Saat ini sedang ramai membicarakan pulau seribu, ketika anda mengetikkan wisata pulau seribu maka ada dua opsi yang akan muncul, pertama akan muncul pulau seribu yang ada di jakarta dan kedua akan muncul h...
5 Barang yang Wajib Dibawa Para Working Traveler 5 Barang yang Wajib Dibawa Para Working Traveler. Bagi sebagian orang, traveling bukan hanya menjadi hobi, tapi juga telah menjadi bagian hidup. Hal ini dialami oleh mereka yang disebut sebagai working traveler, atau dengan kata lain, orang yang kegi...
Tempat Wisata Di Batang dan Blora Jawa Tengah Tempat Wisata Di Batang dan Blora Jawa Tengah. Jawa Tengah memiliki destinasi wisata yang tak perlu diragukan lagi keindahannya. Banyak wisatawan lokal sampai mancanegara yang menyempatkan diri untuk berwisata di wilayah Jawa Tengah. Terutama di kota...
Serunya Pulau Banda dan Neira untuk Berlibur Serunya Pulau Banda dan Neira untuk Berlibur. Pulau-pulau yang ada di Indonesia memang memilik potensi wisata dan keunikan tersendiri. Salah satunya adalah potensi yang tersembunyi di Pulau Banda dan Neira yang ada di Gugusan Pulau Banda, Maluku. Pul...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *