Blog

Tips Aman Berwisata ke Lokasi Bekas Bencana

Tips Aman Berwisata ke Lokasi Bekas Bencana. Bagi para penyuka tantangan, berwisata ke lokasi bekas bencana pasti menjadi sesuatu yang menyenangkan. Padahal lokasi bekas bencana bisa jadi belum aman untuk dikunjungi. Terlebih lagi, jika ternyata bencana tersebut masih akan berlanjut atau sisa dari dampak bencana belum selesai secara tuntas. Hal ini tentun akan membahayakan jiwa wisatawan. Karena itu, tips aman berwisata ke lokasi bekas bencana kali ini akan kami bahas.

Meskipun berbahaya, banyak juga orang yang merasa tertantang atau penasaran ingin berwisata ke lokasi bekas bencana. Bahkan tidak sedikit dari lokasi bekas bencana tersebut sudah memiliki paket wisata untuk menarik wisatawan datang. Ada juga wisatawan yang rela berwisata sendiri untuk melihat secara langsung lokasi bekas becana tersebut.

Bagaimanakah tips aman berwisata ke lokasi bekas bencana? Simak ulasannya berikut.

Menelusuri Kondisi dan Situasi Terkini dari Lokasi Bekas Bencana

Lokasi bekas bencana tentu belum bisa dibilang stabil. Kondisi dan situasi terkini di lokasi tersebut pasti masih mendapat prioritas perhatian dari para ahlinya. Jika Anda berencana berwisata ke lokasi bekas bencana maka Anda harus peka terhadap informasi terkini di sana. Anda juga harus selalu berusaha memperbarui informasi yang ada. Apalagi ketika ada peringatan bencana susulan, Anda perlu mengikuti setiap langkah penanganan sesuai instruksi yang diberikan. Anda juga harus mampu sigap pergi dari lokasi tersebut. Jangan biarkan diri Anda lengah sedetikpun karena terlalu asik menikmati perjalanan wisata.

Membuat Rencana Wisata

Membuat rencana sebelum berangkat berwisata merupakan suatu hal yang penting. Rencana wisata ini akan membantu Anda mengunjungi lokasi bekas bencana yang tepat. Dengan rencana wisata, Anda tidak perlu bersusah payah bertanya-tanya. Lalu berakibat waktu Anda terbuang begitu saja. Rencana wisata juga membantu Anda menemukan tokoh penting pada lokasi bekas bencana itu.

Rencana wisata dibuat dan disusun sedetail mungkin. Mulai dari lokasi penginapan, transportasi yang digunakan untuk dan selama di sana sampai spot-spot wisata mana saja yang boleh dan tidak boleh Anda kunjungi. Dengan membuat rencana wisata selama berwisata ke lokasi bekas bencana, Anda juga bisa menyimpan nomor-nomor penting yang berguna jika terjadi sesuatu pada Anda di lokasi tersebut.

Mempersiapkan Alat Komunikasi Dan Uang

Alat komunikasi dan uang tunai harus selalu berada dalam genggaman Anda. Jangan pernah meletakannya sembarangan. Apalagi sampai lupa membawanya. Alat komunikasi sangat berguna jika terjadi sesuatu pada Anda di lokasi bekas bencana tersebut. Dengan alat komunikasi, Anda bisa menghubungi orang-orang terdekat untuk mengabarkan kondisi Anda. Sementara uang dapat Anda gunakan untuk keperluan tidak terduga selama di sana.

Bertindak Sopan dan Patuh

Ketika Anda memutuskan berwisata ke lokasi bekas bencana maka Anda harus siap dengan segala konsekuensi aturan yang ada di sana. Hal tersebut karena lokasi bekas bencana belum bisa dinyatakan benar-benar aman. Anda harus bertindak sopan dan patuh terhadap segala peringatan yang ada. Bertindak sopan dan patuh akan membantu Anda lebih dihargai dan diterima di lokasi tersebut. Masyarakat di lokasi bekas bencana yang masih trauma bisa jadi luluh hatinya dnegan melihat tindakan sopan dan patuh Anda. Anda juga harus menjaga lingkungan di sana agar tidak rusak dan menimbulkan kerusakan atau bencana yang lebih parah lagi.

Demikianlah beberapa informasi tentang tips aman berwisata ke lokasi bekas bencana. Meskipun sangat berisiko berwisata ke lokasi bekas bencana, Anda masih bisa berwisata ke sana dengan aman. Pastikan Anda mengikuti tipsnya sehingga kegiatan berwisata bisa berjalan lancar sesuai yang Anda rencanakan. Ada baiknya jika Anda memiliki pemanduselama berwisata di sana dan terus berdoa atas keselamatan Anda selama berwisata.

Related Post

Tempat Wisata di Kudus dan Purbalingga Jateng Tempat Wisata di Kudus dan Purbalingga Jateng. Jawa Tengah atau disingkat Jateng memiliki kebudayaan yang masih kental. Selain itu, banyak situs-situs sejarah yang bisa menjadi pilihan destinasi wisata. Destinasi wisata itu tersebar di berbagai kota ...
10 Tempat Liburan Anak di Jakarta Yang Menyenangkan 10 Tempat Liburan Anak di Jakarta Yang Menyenangkan. Libur panjang selalu jadi momen yang menyenangkan untuk berlibur, oleh sebab itu beberapa tempat liburan yang asyik bisa menjadi pilihan. Di jakarta sendiri memiliki banyak tempat berlibur bagi kel...
Pulau Weh Sabang Aceh yang Mempesona Pulau Weh Sabang Aceh yang Mempesona. Wilayah Aceh memang daerah yang istimewa dengan julukannya sebagai kota Serambi Makkah. Selain itu, banyak makanan khas Aceh yang sangat menggiurkan untuk dicoba. Ada pula beberapa tempat wisata alam yang menawar...
Daftar Penginapan Pulau Tidung Paling Bagus Daftar Penginapan Pulau Tidung Paling Bagus. Pulau Tidung merupakan salah satu pulau di Kepulauan Seribu. Pulau Tidung menjadi pilihan destinasi wisata bahari yang sayang untuk dilewatkan. Banyak wisatawan memilih berkunjung ke Pulau Tidung karena pe...
Tempat Wisata Di Batang dan Blora Jawa Tengah Tempat Wisata Di Batang dan Blora Jawa Tengah. Jawa Tengah memiliki destinasi wisata yang tak perlu diragukan lagi keindahannya. Banyak wisatawan lokal sampai mancanegara yang menyempatkan diri untuk berwisata di wilayah Jawa Tengah. Terutama di kota...