Blog

Pulau Weh Sabang Aceh yang Mempesona

Pulau Weh Sabang Aceh yang Mempesona. Wilayah Aceh memang daerah yang istimewa dengan julukannya sebagai kota Serambi Makkah. Selain itu, banyak makanan khas Aceh yang sangat menggiurkan untuk dicoba. Ada pula beberapa tempat wisata alam yang menawarkan panorama alamnya yang indah. Salah satunya adalah Pulau Weh Sabang Aceh.

Pulau Weh Sabang Aceh yang Mempesona

Pulau Weh Sabang Aceh merupakan salah satu dari beberapa pulau yang ada di provinsi Nangroe Aceh Darussalam. Pulau ini memang terpisah dari pulau Sumatera akibat ledakan gunung dan pergeseran lempeng bumi. Di antara pulau-pulau yang ada di Aceh, pulau Weh adalah yang paling besar di antara pulau lainnya. Keindahan apa saja sih yang ditawarkan oleh Pulau Weh ini? Simak ulasan berikut:

Keindahan Bawah Laut Pulau Weh, Sabang, Aceh

Pulau Weh terkenal akan keindahan alam bawah lautnya. Tak heran jika banyak wisatawan yang ingin menyelami lautan yang ada di pulau Weh. Bahkan ada yang menyetarakan keindahan alam bawah laut pulau Weh dengan jajaran pulau dan laut yang ada di Raja Ampat, Papua. Terumbu karang yang banyak dan indah memiliki daya tarik tersendiri bagi pulau Weh.

Selain itu, pengunjung juga bisa menikmati pemandangan beberapa hewan laut seperti paus, hiu, pari, lumba-lumba dan ikan-ikan cantik lainnya. Pantai-pantainya yang berpasir putih dan pemandangan hijau yang ada di sekitarnya menambah keindahan alam pulau Weh. Misalnya seperti pantai Tapak Gajah, Pantai Iboih, Pantai Kasih dan lainnya.

Fasilitas Di Pulau Weh Sabang

Pulau Weh memiliki panorama alam yang indah, itu memang fakta yang ada. Selain keindahan pantai dan alam bawah lautnya, pulau Weh juga memiliki tempat yang wajib Anda kunjungi, lho. Misalnya saja Tugu Kilometer Nol Indonesia.

Pulau Weh beribukota Sabang, di mana Sabang merupakan kota yang sangat terkenal dengan lagu nasional yang menyatakannya sebagai ujung paling barat Indonesia. Untuk itu, dibangunlah sebuah tugu yang menjadi tanda bahwa kota Sabang merupakan Kilometer Nol Indonesia. Anda bisa berkunjung ke tugu ini dengan menggunakan taksi, minibus ataupun berjalan kaki.

Selain tugu Kilometer Nol Indonesia, di Pulau Weh juga ada beberapa tempat yang menarik. Misalnya bunker Jepang pada Perang Dunia II, Gunung berapi, air terjun, pantai-pantai kuburan bersejarah, air panas, durian keramat dan masih banyak lainnya.

Setelah lelah berkeliling kota Sabang dan Pulau Weh, ada baiknya untuk mengistirahatkan tubuh di Pondok Kayu yang banyak tersedia. Penginapan ini cukup sederhana dan murah. Namun, bagi Anda yang ingin menginap dengan fasilitas mewah, tentunya juga tersedia di Pulau Weh.

Berbelanja Di Pulau Weh

Setelah penat seharian berwisata dan berkeliling menikmati keindahan panorama alam yang ada di Pulau Weh, pengunjung bisa melangkahkan kaki menuju tempat jual-beli oleh-oleh. Tak lengkap rasanya jika setelah berwisata dan pulang membawa tangan kosong. Nah, di pulau Weh, Anda pun bisa membeli buah tangan untuk teman atau keluarga yang ada di rumah. Ada cindera mata berupa kerajinan tangan dari kayu kelapa, makanan ringan seperti dodol, keripik, roti, kue dan masih banyak lainnya.

Menuju Pulau Weh

Untuk bisa menikmati wisata alam dan keindahan panoramanya Pulau Weh, terlebih dahulu Anda harus menuju ke pulau Weh. Pulau Weh bisa diakses melalui jalur laut menggunakan kapal feri yang ada di pelabuhan Ulee Lheue. Atau dengan menggunakan speedboat jika Anda berkenan. Biaya untuk menaiki kapal feri ke pulau Weh cukup beragam. Sekitar Rp65.000-Rp100.000 saja. Cukup murah, bukan?

Dengan keindahan alamnya yang memesona, Pulau Weh tentu sangat layak dijadikan sebagai destinasi wisata yang harus dikunjungi bersama keluarga maupun kolega. Demikianlah ulasan singkat mengenai Pulau Weh Sabang Aceh yang Memesona. Selamat berlibur!

Related Post

Lakukan Cara Ini untuk Merancang Rencana Berlibur Lakukan Cara Ini untuk Merancang Rencana Berlibur. Liburan merupakan hal penting yang harus ada dalam agenda bulanan dan tahunan Anda. Mengapa begitu? karena liburan bisa menjadi obat mujarab untuk menghilangkan stres setelah lelah bekerja. Sekaligus...
Tempat Wisata Di Batang dan Blora Jawa Tengah Tempat Wisata Di Batang dan Blora Jawa Tengah. Jawa Tengah memiliki destinasi wisata yang tak perlu diragukan lagi keindahannya. Banyak wisatawan lokal sampai mancanegara yang menyempatkan diri untuk berwisata di wilayah Jawa Tengah. Terutama di kota...
5 Barang yang Wajib Dibawa Para Working Traveler 5 Barang yang Wajib Dibawa Para Working Traveler. Bagi sebagian orang, traveling bukan hanya menjadi hobi, tapi juga telah menjadi bagian hidup. Hal ini dialami oleh mereka yang disebut sebagai working traveler, atau dengan kata lain, orang yang kegi...
Tips Aman Berwisata ke Lokasi Bekas Bencana Tips Aman Berwisata ke Lokasi Bekas Bencana. Bagi para penyuka tantangan, berwisata ke lokasi bekas bencana pasti menjadi sesuatu yang menyenangkan. Padahal lokasi bekas bencana bisa jadi belum aman untuk dikunjungi. Terlebih lagi, jika ternyata benc...
Serunya Pulau Banda dan Neira untuk Berlibur Serunya Pulau Banda dan Neira untuk Berlibur. Pulau-pulau yang ada di Indonesia memang memilik potensi wisata dan keunikan tersendiri. Salah satunya adalah potensi yang tersembunyi di Pulau Banda dan Neira yang ada di Gugusan Pulau Banda, Maluku. Pul...