Paket Wisata Pulau Payung

Nama Pulau Payung mungkin belum begitu akrab di telinga anda para traveler, bukan? Memang, nama-nama pulau di Kepulauan Sendiri terkadang membuat kita takjub dan bertanya-tanya. Namun, jangan terlalu terbebani dengan namanya travelers…Lebih baik fokus pada hal-hal menarik yang dapat anda lakukan di pulau yang mungil ini.

Tahukah anda bahwa ternyata Pulau Payung di Kepulauan Seribu adalah pulau berpenduduk. Jika selama ini anda mungkin hanya mendengar nama Pulau Tidung, Pulau Harapan, Pulau Pari, atau Pulau Pramuka sebagai pulau berpenduduk. Pulau Payung ternyata masuk dalam daftar. Meski demikian, perlu diketahui bahwa pulau kecil ini memiliki jumlah penduduk paling sedikit pula, yakni sekitar 40 KK saja.

Sekilas Tentang Pulau Payung, Kepulauan Seribu

Pulau Payung terletak di antara 2 pulau berpenduduk dengan fasilitas wisata yang relatif lebih baik pula, yakni Pulau Tidung dan Pulau Pari. Mungkin, perkembangan pulau ini adalah imbas dari perkembangan dua pulau besar yang mengapitnya. Secara administratif, Pulau Payung juga masih masuk dalam Kelurahan Pulau Tidung, Kecamatan Pulau Seribu Selatan. Mungkin, itu juga yang membuat nama pulau ini nyaris tidak terdengar. Pasalnya, Paket Wisata Pulau Tidung bisa jadi termasuk kunjungan ke Pulau Payung.

Sama halnya dengan Pulau Tidung, ternyata Pulau Payung juga terbagi dua, yakni Pulau Payung Besar dan Pulau Payung Kecil. Pemukiman penduduk hanya ditemukan di Pulau Payung Besar, sedangkan Pulau Payung Kecil diperuntukkan untuk pariwisata saja. Pulau Payung Besar memiliki luas sekitar 20 ha, dan hanya sepertiganya yang dihuni penduduk.

Di pulau mungil ini, fasilitas wisata tidak selengkap Pulau Tidung atau Pulau Pari. Namun, terdapat beberapa villa dan homestay untuk disewakan bagi wisatawan yang ingin bermalam di pulau ini. Jumlah pengunjung juga tidak sebanyak pengunjung Pulau Tidung. Itu pula sebabnya pulau ini cocok untuk wisatawan yang ingin menikmati suasana yang privat tanpa hiruk-pikuk wisatawan lain.

Akses menuju Pulau Payung hampir sama dengan Pulau Tidung. Jika menggunakan kapal ferry, waktu tempuh berkisar 2.5 hingga 4 jam, tergantung cuaca dan gelombang laut. Jika menggunakan speedboat, waktu tempuh tentunya lebih singkat.

Aktivitas Wisata Pulau Payung Yang Sayang Dilewatkan

Jika fasilitasnya tidak begitu lengkap, mungkin anda mulai bertanya, “Lalu, apa yang dapat dilakukan di Pulau Payung?”

Satu fakta yang perlu diingat bahwa Pulau Payung diapit oleh 2 pulau besar yang pengunjungnya cukup ramai. Luberan wisatawan di Pulau Tidung maupun Pulau Pari berimbas ke Pulau Payung. Ada beberapa hal menarik yang perlu anda ketahui tentang pulau ini:

Titik Snorkeling

Ya… ternyata Pulau Payung merupakan salah satu titik selam dangkal (snorkeling) paling favorit di Pulau Tidung. Ya, ketika anda mengambil paket wisata Pulau Tidung yang termasuk snorkeling, kemungkinan besar titik selamnya berada di Pulau Payung. Bahkan, aktivitas snorkeling dan banana boat di Pulau Payung bisa sampai ke Pulau Tidung. Jadi, tidak heran jika di akhir pekan, Pulau Payung cukup ramai dikunjungi wisatawan.

Pusat Penyewaan Kapal

Hampir semua keluarga yang tinggal di Pulau Payung memiliki kapal. Nah, wisatawan yang ingin melakukan hopping island atau menyeberang ke Pulau Pari dari Pulau Tidung sangat mengandalkan para nelayan Pulau Payung. Di akhir pekan, para nelayan ini umumnya menyewakan kapal untuk para wisatawan.

Wisata Pantai Yang Tenang

Ya, jika anda merasa pantai-pantai di Pulau Tidung atau Pulau Pari terlalu ramai, maka beralihlah ke Pulau Payung. Di sini, nuansanya masih sangat asri dan alami karena masih relatif bebas dari campur tangan manusia. Pulau ini menawarkan sisi yang lebih alami dari Kepulauan Seribu. Anda bisa bermain di pantai berpasir putih dengan latar belakang hutan pinus yang sangat indah.

Cocok untuk Camping

Pulau Payung adalah pilihan yang ideal untuk anda ‘menyepi’ dan membaur dengan alam. Anda beserta rombongan bisa camping di sini. Di malam hari, para campers bisa membakar ikan segar hasil tangkapan nelayan lokal. Dijamin rasanya lebih nikmat dan segar! Namun, anda juga bisa memilih paket BBQ dengan bahan-bahan yang sudah disediakan agen perjalanan wisata.

Spot Sunset dan Sunrise Yang Cantik

Tidak banyak wisatawan yang menyadari kalau ternyata Pulau Payung, khususnya Pulau Payung Kecil adalah spot sunset yang sangat indah. Jika anda bermalam di Pulau Payung, pastikan tidak melewatkan pemandangan sunrise yang Pulau Payung. Anda akan menikmati pemandangan fajar yang menakjubkan!

Di kala senja, hamparan pasir putih yang lembut, panorama laut lepas, dan hembusan angin yang lembut akan membuat anda terbuai. Nikmati keindahan yang tak terlupakan dengan berjalan kaki menyusuri pantai yang tenang bersama orang-orang terkasih.

Cara Menikmati Pesona Pulau Payung, Kepulauan Seribu

Ada beberapa cara untuk menikmati keindahan bawah laut maupun panorama alam Pulau Payung, di antaranya:

Paket Wisata Pulau Payung

Paket ini cocok untuk anda pecinta camping atau snorkeling. Bermalam di Pulau Payung membawa anda lebih dekat ke titik snorkeling maupun lokasi camping yang aman dan nyaman. Paket ini lebih praktis karena perjalanan dari Muara Angke atau Marina Ancol bisa langsung ke Pulau Payung.  Harga paket wisata juga lebih murah, namun anda mungkin harus menyediakan sendiri kebutuhan pribadi (sesuai rekomendasi agen perjalanan).

Paket Wisata Pulau Tidung

Paket Pulau Tidung bisa direncanakan plus kunjungan ke Pulau Payung. Artinya, anda tetap bermalam di Pulau Tidung dan menikmati fasilitas wisata yang lebih lengkap, seperti area parkir, sarana ibadah, restoran/warung makan, toko souvenir, dan sebagainya. Untuk ke Pulau Payung, tentu dibutuhkan waktu, tenaga, atau mungkin biaya tambahan, karena anda dan rombongan harus menyewa kapal.

Liburan Murah ala Backpacker

Jika anda sudah terbiasa dengan lingkungan di Kepulauan Seribu, liburan ala backpacker mungkin akan lebih menarik, terutama jika anda berkunjung bersama teman-teman yang memiliki hobby sama. Liburan ini tentu lebih murah, namun anda juga harus menimbang waktu, tenaga, dan biaya transportasi. Dari Muara Angke, kapal hanya tersedia menuju Pulau Tidung. Artinya, anda harus menyewa kapal lagi untuk ke Pulau Payung.

Sebenarnya, paket wisata Pulau Payung bisa saja disesuaikan dengan keinginan wisatawan. Destinasi dan aktivitas yang dapat dinikmati dapat disesuaikan dengan waktu liburan anda. Selain snorkeling, anda juga bisa bermain banana boat atau bahkan berkunjung ke Jembatan Cinta yang romantis di Pulau Tidung. Jangan khawatir, karena Tour Guide profesional siap mendampingi anda, sehingga anda bisa berwisata dengan nyaman.

Liburan ala backpacker mungkin lebih murah, namun jika anda ingin menghabiskan waktu lebih banyak di tempat wisata daripada di perjalanan, maka paket wisata adalah pilihan yang lebih baik. Apapun paket yang anda pilih, Wisata Pulau Payung akan menghadirkan nuansa yang berbeda. Sebuah pulau mungil nan asri, yang menawarkan pesona bawah laut yang menawan, layak dieksplorasi untuk liburan anda berikutnya.