Blog

Serunya Pulau Banda dan Neira untuk Berlibur

Serunya Pulau Banda dan Neira untuk Berlibur. Pulau-pulau yang ada di Indonesia memang memilik potensi wisata dan keunikan tersendiri. Salah satunya adalah potensi yang tersembunyi di Pulau Banda dan Neira yang ada di Gugusan Pulau Banda, Maluku. Pulau yang bisa disebut sebagai miniatur eropa dan serpihan surga ini memiliki banyak fasilitas dan keindahan. Yuk, simak ulasan berikut.

Serunya Pulau Banda dan Neira untuk Berlibur

Serpihan Surga di Pulau Banda dan Neira

Walaupun punya reputasi yang besar, sebenarnya pulau Banda hanyalah kumupulaun dari beberapa pulau. Tujuh pulau kecil dan 3 pulau besar, yang di antara pulau besar itu adalah pulau Banda dan Neira. Laut Banda mempunyai kedalaman lebih dari 6.500 meter.

Pengunjung bisa menyelam atau snorkeling di lautan yang memiliki berbagai macam ikan serta hewan laut lainnya. Ada juga bebatuan karang yang menambah keindahan lautan di Pulau Banda dan Neira. Cukup memuaskan bagi wisatawan yang ingin berwisata bahari di sini.

Kepulauan Banda dan Neira lokasinya cukup terpencil, yaitu sekitar 132 kilometer dari pusat kota Ambon. Walaupun begitu, keduanya memiliki pemandangan yang indah, kehidupan laut yang beragam dan eksotis serta surga bagi para penyelam profesional maupun penyelam pemula. Jika Anda ingin menemukan serpihan surga di alam tropis, datang saja ke Pulau Banda dan Neira yang ada di Ambon.

Selain itu, pengunjung bisa menikmati pemandangan sebuah istana yang mirip dengan istana Bogor. Bedanya, istana ini bentuknya lebih kecil dan berada di tepi pantai. Pemandangan yang langsung menghadap ke arah laut dan gunung berapi di seberangnya merupakan pemandangan yang menakjubkan dan cukup langka. Istana yang mirip dengan istana Bogor itu dijuluki Istana Mini karena memang ukurannya yang lebih kecil daripada istana Bogor.

Ada pemandangan alam laut, gunung api dan pantai yang tak bisa dilewatkan begitu saja di Pulau Banda dan Neira. Karena ada gunung api, kawasan di pulau Banda dan Neira menjadi sangat subur dan berwarna hijau. Selain itu, lava yang tumpah ke laut juga menghasilkan terumbu karang yang subur pula.

Miniatur Eropa di Pulau Banda dan Neira

Banda Neira merupakan kota yang dibangun oleh bangsa kolonial Eropa sebagai kota elit untuk perdagangan. Tak heran jika banyak bangunan dan bahan material seperti marmer yang ada di kota ini. Bahan-bahan tersebut diangkut oleh bangsa Eropa dengan kapal besar. Bangunan-bangunan yang dibuat dengan bahan ini pun masih bisa dikunjungi saat ini. Misalnya saja Gereja tua, Kelenteng, Socialite Harmonie yang merupakan bangunan untuk berpesata dan berdansa bangsa Eropa.

Ada juga benteng yang dibangun oleh bangsa Portugis di mana saat ini masih berdiri kokoh. Berwisata di kota Banda Neira akan membuat pengunjung bernostalgia ke masa lalu sekitar tahun 1800-an. Karena banyaknya bangunan yang bernuansa kuno yang dibangun oleh pihak Belanda dan bangsa Eropa di pulau Banda dan Neira.

Menuju Ke Pulau Banda dan Neira

Untuk menuju ke pulau Banda dan Neira, pengunjung bisa melakukan dua macam perjalanan, yaitu dengan jalur udara atau air. Pertama harus menuju ke Ambon terlebih dahulu untuk kemudian menuju ke pelabbuhan Tulehu. Dari pelabuhan ini, pengunjung bisa menuju ke pulau Banda dan Neira menggunakan kapal Pelni maupun kapal cepat.

Perjalanan selama 14 jam bisa dirasakan saat menggunakan kapal Pelni. Tapi, jika ingin lebih cepat, Anda bisa menggunakan kapal cepat yang hanya 6 jam perjalanan. Tentunya dengan harga yang lebih mahal.

Begitulah perjalanan wisata ke Pulau Banda dan Neira yang cukup terkenal di kalangan wisatawan. Seru tentunya berwisata di kedua pulau ini. Apalagi jika ditemani dengan sahabat atau keluarga. Selamat menikmati perjalanan wisata Anda!

Related Post

10 Tempat Liburan Anak di Jakarta Yang Menyenangkan 10 Tempat Liburan Anak di Jakarta Yang Menyenangkan. Libur panjang selalu jadi momen yang menyenangkan untuk berlibur, oleh sebab itu beberapa tempat liburan yang asyik bisa menjadi pilihan. Di jakarta sendiri memiliki banyak tempat berlibur bagi kel...
Tempat Wisata di Pati dan Pemalang Jateng Tempat Wisata di Pati dan Pemalang Jateng. Jawa Tengah memang memiliki destinasi wisata yang melimpah nan indah. Tak heran jika banyak pelancong yang menghabiskan waktu liburan mereka bersama teman atau keluarga untuk berwisata di Jawa Tengah. Selain...
Indah Mana? Nusa Penida Bali atau Pulau Seribu Jakarta! Nusa Penida Bali atau Pulau Seribu Jakarta?. Saat ini sedang ramai membicarakan pulau seribu, ketika anda mengetikkan wisata pulau seribu maka ada dua opsi yang akan muncul, pertama akan muncul pulau seribu yang ada di jakarta dan kedua akan muncul h...
Begini Cara Mengamankan Barang Bawaan Saat Berwisata Begini Cara Mengamankan Barang Bawaan Saat Berwisata. Keamanan menjadi hal penting dalam keadaan apapun, terlebih ketika berwisata. Di tengah maraknya tindak kriminal, seperti pencurian, pencopetan, penjambretan, dan kawan-kawannya, maka mengamankan ...
Pulau Weh Sabang Aceh yang Mempesona Pulau Weh Sabang Aceh yang Mempesona. Wilayah Aceh memang daerah yang istimewa dengan julukannya sebagai kota Serambi Makkah. Selain itu, banyak makanan khas Aceh yang sangat menggiurkan untuk dicoba. Ada pula beberapa tempat wisata alam yang menawar...