Pulau Matahari

  • Jika anda mengaku pecinta diver atau snorkeling, maka Pulau Matahari kepulauan Seribu adalah destinasi wajib bagi anda. Mengapa?
  • Sebagai diver atau snorkeler, anda tentu mencari perairan yang bersih dan bebas polusi, bukan?
  • Anda tentu tidak ingin mengalami gangguan kesehatan karena air yang tercemar, bukan?

Nah, jika ingin melakukan snorkeling dan diving dengan bebas dan tanpa rasa khawatir, maka pilihlah pulau-pulau cantik di wilayah utara Kepulauan Seribu.  Salah satunya adalah Pulau Matahari.

Mengenal Lebih Dekat Pulau Matahari

Nama pulau ini mungkin tidak setenar Pulau Tidung atau Pulau Harapan. Namun, ada banyak keunggulan yang ditawarkan Pulau Matahari. Pulau resort ini memiliki panorama alam yang sungguh asri, nuansa yang tenang dengan semilir angin yang menyegarkan, serta air laut yang jernih bebas dari polusi dan sampah.

Secara administratif, Pulau Matahari berada di Kelurahan Pulau Kelapa, tepatnya di Kecamatan Kepulauan Seribu Utara, Kabupaten Kepulauan Seribu, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Seperti diketahui, wilayah utara Pulau Seribu adalah daerah yang paling jauh dari Jakarta. Dengan kata lain, alamnya lebih asri karena bebas dari polusi udara maupun kontaminasi air yang masif di sekitar Kota Jakarta.

Pulau Matahari adalah pulau resort; artinya, tidak ada penduduk yang menetap di sini. Namun, pulau ini dikelola dengan baik oleh seorang pengusaha asal Kota Jakarta. Berada di antara Pulau Kotok Kecil dan Pulau Kotok Besar, pulau ini menawarkan pemandangan bawah laut yang luar biasa, dengan terumbu karang yang terjaga dan cantik penuh warna. Biota lautnya juga unik, karena bebas dari praktek illegal fishing.

Fasilitas dan Daya Tarik Wisata Pulau Matahari

Perjalanan lebih kurang 2 jam dari Marina Ancol ke Pulau Matahari tidak akan sia-sia, karena anda akan menginjakkan kaki di pulau yang sangat indah. Keasriannya akan menghilangkan penat anda seketika. Pulau Matahari menyambut anda dengan sederet fasilitas untuk menjamin kenyamanan anda saat berlibur, di antaranya:

  • Cottage privat. Pulau Matahari memiliki sejumlah cottage cantik yang masing-masingnya terpisah sekitar 7 meter. Artinya, setiap penghuni villa memiliki privasi karena tidak perlu bercampur dengan pengunjung lain. Setiap villa dilengkapi fasilitas indoor yang nyaman, kamar tidur dengan tempat tidur nyaman, AC, Tv, pemanas air, kulkas, dapur, dan teras yang menghadap ke laut.
  • Fasilitas outdoor, di antaranya adalah kolam renang anak, fasilitas ourbound, dan fasilitas olah raga, seperti volley pantai, tennis meja, sepakbola, dan bahkan meja billiard.
  • Fasilitas watersports, seperti peralatan snorkeling, diving, banana boat, jetski, dan sebagainya.
  • Fasilitas Umum. Pengelola pulau juga menyediakan fasilitas umum seperti area parkir kendaraan, kamar mandi, musholla, tempat istirahat, dan sebagainya.

Apakah Paket Tour Pulau Matahari Cocok Untuk Anda?

Pulau Matahari tentunya menjadi destinasi untuk siapa saja. Pulau ini menawarkan keasrian yang cocok untuk semua anggota keluarga. Anda dan keluarga bisa menikmati udara segar, bebas dari asap kendaraan, bebas dari macet, serta bebas dari hiruk-pikuk ibukota selama berada di pulau ini. Selain untuk wisata keluarga, Paket Tour Pulau Matahari cocok untuk anda yang ingin melakukan berbagai kegiatan berikut:

Diving dan Snorkeling

Ya… ini adalah aktivitas andalan di Pulau Matahari. Pengunjung dapat merasakan sensasi berenang dan bercengkrama dengan ikan-ikan cantik yang relatif lebih jinak dibanding ikan di pulau lainnya. So, jangan lupa mengabadikan momen indah memberi makan ikan. ~Kamera bawah laut akan membantu anda mengambil foto-foto menarik yang Instagrammable.

Bermain di Pantai

Nikmati kepuasan berenang di pantai yang jernih dan bersih di Pulau Matahari. Aktivitas ini digemari wisatawan di pagi hari, sebelum matahari bersinar terik. Selain berenang di pantai, anda dan rombongan bisa melakukan olah raga bersama seperti volley, tenis lapangan, sepakbola, dan sebagainya.

Outbound

Mungkin perusahaan anda sedang merencanakan acara outing atau outbound untuk menjalin kekompakan dan mengembalikan semangat kerja karyawan. Pulau Matahari adalah pilihan yang tepat, karena sejumlah fasilitas outbound tersedia di sini. Anda bisa merencanakan berbagai games atau permainan untuk membantu teamwork dan kekompakan.

Wisata Kuliner Seafood

Berlibur ke Pulau Matahari belum sempurna sebelum anda menikmati olahan seafood segar menjadi aneka menu istimewa khas Kepulauan Seribu. Pulau Matahari Resort menyediakan Matahari Island Restaurant yang menyediakan masalah lokal. Ada juga Laguna Snack Bar di mana wisatawan bisa bersantai saat makan siang dan makan malam. Untuk menikmati suasana yang lebih santai dan alami, cobalah minum kopi di Bamboo Bar yang ada di pulau ini.

Island Hopping

Seperti dibahas di atas, Pulau Pramuka diapit oleh Pulau Kotok Besar dan Pulau Kotok Kecil. Kedua pulau ini juga pulau resort dengan daya tarik masing-masing. Bahkan, wisatawan yang pernah datang ke Pulau Kotok mengatakan bahwa pulau ini menawarkan salah satu spot diving terbaik di Kepulauan Seribu. Nah, dengan Paket Tour Pulau Matahari, anda berkesempatan menikmati keindahan Pulau Kotok dari dekat.

Namun, Pulau Matahari bukanlah destinasi yang anda cari jika tujuan liburan anda adalah untuk menyalurkan hobby memancing. Tidak ada joran alias pancing atau fasilitas memancing lainnya di pulau ini. Pulau Matahari berada di kawasan Taman Nasional Laut untuk konservasi terumbu karang dan area hijau. Jadi, pengunjung tidak diperkenankan untuk memancing di sekitar pulau. Ada berbagai jenis terumbu karang dan spesies ikan yang dilindungi di sini.

Wisata Aman dan Nyaman di Pulau Matahari

Jika ingin menikmati panorama alam dan pesona bawah laut Pulau Matahari, maka cara terbaik adalah menggunakan jasa agen perjalanan wisata Pulau Matahari. Pasalnya, Paket Tour Pulau Matahari sudah termasuk akomodasi, fasilitas watersports, dan tour guide dan konsumsi. Ya, anda tidak akan menemukan warung makan atau restoran lain selain milik pengelola pulau. Dengan paket wisata, anda bisa menikmati setiap momen tanpa rasa khawatir. Selain itu, ada beberapa tips yang mungkin bermanfaat bagi anda:

  • Sebaiknya pilih paket tour menginap Karena lokasi Pulau Matahari cukup jauh dari Jakarta, paket One-Day Tour mungkin akan membuat anda kelelahan. Alangkah baiknya jika anda bisa rehat sejenak di pulau sambil relaksasi tubuh dan fikiran.
  • Mintalah informasi tentang apa saja yang harus disediakan wisatawan dari rumah. Ya, anda harus mengantisipasi segala kebutuhan, karena Pulau Matahari tidak menyediakan warung atau kedai seperti halnya pulau berpenduduk.
  • Pastikan mengikuti semua petunjuk tour guide. Karena anda berada di kawasan konservasi perairan, mungkin ada beberapa aktivitas yang tidak boleh dilakukan atau area yang tidak boleh dimasuki.
  • Rencanakan liburan anda sedini mungkin, sehingga kami lebih fleksibel dalam mengatur agenda perjalanan anda dengan pengelola pulau.

Kami menyediakan Paket Tour Pulau Matahari yang bervariasi, sehingga dapat dipilih sesuai kebutuhan.  Atau, anda memiliki request sendiri? Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan staf kami. Kami membantu merencanakan liburan anda, baik itu liburan keluarga, perusahaan, organisasi, atau klub hobby. Staf kami akan merekomendasikan alternatif paket yang paling cocok dan sesuai budget anda.