Blog

Lakukan Cara Ini untuk Merancang Rencana Berlibur

Lakukan Cara Ini untuk Merancang Rencana Berlibur. Liburan merupakan hal penting yang harus ada dalam agenda bulanan dan tahunan Anda. Mengapa begitu? karena liburan bisa menjadi obat mujarab untuk menghilangkan stres setelah lelah bekerja. Sekaligus waktu yang tepat untuk berkumpul bersama keluarga. Namun sebelum berlibur pastikan untuk merancang rencana liburan dengan baik. Jangan biarkan liburan berakhir berantakan dan malah membuat Anda pusing karena over budget.

Lakukan Cara Ini untuk Merancang Rencana Berlibur

Berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk merancang rencana berlibur dengan matang. Karena perencanaan yang matang akan membuat liburan Anda jauh lebih menyenangkan.

Menentukan Waktu Berlibur

Sebelum memilih tujuan berlibur, pastikan untuk memilih waktu yang tepat untuk liburan bersama keluarga maupun orang-orang terkasih Anda. Usahakan untuk memilih waktu berlibur saat tanggal merah, hari weekend, atau hari-hari libur perayaan seperti saat Hari Natal dan Lebaran. Hal itu dimaksudkan agar semua anggota keluarga bisa ikut bergabung menikmati liburan bersama.

Menentukan Lokasi Berlibur

Tentukan juga lokasi mana yang akan Anda kunjungi untuk berlibur baik di dalam negeri atau di luar negeri. Tujuannya agar Anda bisa memilih biro perjalanan lebih awal, serta mendapatkan informasi lebih mengenai lokasi liburan yang telah Anda pilih. Seperti, objek wisata yang ada disana, penginapan dan transportasi yang mudah digunakan.

Cek Keuangan Anda

Setelah menentukan lokasi mana yang akan Anda kunjungi untuk berlibur. Pastikan bahwa keuangan Anda cukup memadai. Perhitungkan hal-hal seperti, berapa lama waktu yang akan Anda habiskan untuk berlibur, transportasi yang akan digunakan, akomodasi yang dibutuhkan, makanan dan objek wisata yang akan Anda kunjungi serta oleh-oleh yang akan Anda bawa pulang.

Jika ingin berlibur ke luar negeri, sebaiknya Anda mulai mencari perbandingan harga tiket pesawat. Harga penginapan permalamnya serta harga makanan yang ada disana. Hal tersebut dimaksudkan agar bisa sedikit menekan pengeluaran Anda.

Sementara, jika ingin berlibur di luar kota pastikan transportasi apa yang akan Anda gunakan. Jika ingin menggunakan kendraan umum, sebaiknya tentukan lebih awal dengan mencari-cari informasi mengenai harga tiket pesawat, bus, kereta api maupun travel. Jika menggunakan kendaraan pribadi, pastikan Anda melakukan service berkala demi kenyamanan Anda saat perjalanan.

Menyusun Rencana Kegiatan

Setelah tiga poin di atas terpenuhi, sekarang saatnya untuk menyusun dan menentukan kegiatan apa saja yang akan dilakukan selama berlibur. Tujuan dari menyusun rencana kegiatan jauh-jauh hari yaitu untuk meminimalisir waktu yang terbuang sia-sia selama berlibur. Usahakan merencanakan kegiatan yang bermanfaat dan bisa dilakukan bersama keluarga maupun teman-teman Anda.

Contohnya, membuat 5 daftar objek wisata yang akan dikunjungi, lalu disusul daftar kegiatan selama disana. Seperti, bermain wahana bersama, berjemur di pinggir pantai dan berbelanja atau kegiatan lain yang Anda dan keluarga Anda sukai.

Mempersiapkan Keperluan Sebelum Keberangkatan

Yang perlu Anda lakukan untuk merancang rencana berlibur selanjutnya yaitu mempersiapkan keperluan yang akan dibawa jauh-jauh hari. Agar tidak kerepotan, lebih baik jika Anda mulai mempersiapkan keperluan satu bulan sebelum keberangkatan. Cari atau tulis barang apa saja yang perlu dibawa, seperti pakaian, obat-obatan, camilan dan keperluan lain.

Hal itu dilakukan agar Anda mengetahui apa saja yang harus dibawa dan tidak. Sehingga barang bawaan pun akan lebih ringan. Terlebih lagi jika Anda bepergian menggunakan pesawat, Anda bisa lebih menghemat uang bagasi Anda.

Demikian beberapa cara yang perlu Anda lakukan untuk merancang rencana berlibur jauh-jauh hari. Perencanaan liburan yang baik tentunya akan membuat liburan Anda lebih menyenangkan. Selain itu juga mengurangi kelebihan biaya yang justru akan membuat Anda pusing setelah berlibur. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.

Related Post

5 Barang yang Wajib Dibawa Para Working Traveler 5 Barang yang Wajib Dibawa Para Working Traveler. Bagi sebagian orang, traveling bukan hanya menjadi hobi, tapi juga telah menjadi bagian hidup. Hal ini dialami oleh mereka yang disebut sebagai working traveler, atau dengan kata lain, orang yang kegi...
Pulau Weh Sabang Aceh yang Mempesona Pulau Weh Sabang Aceh yang Mempesona. Wilayah Aceh memang daerah yang istimewa dengan julukannya sebagai kota Serambi Makkah. Selain itu, banyak makanan khas Aceh yang sangat menggiurkan untuk dicoba. Ada pula beberapa tempat wisata alam yang menawar...
Serunya Pulau Banda dan Neira untuk Berlibur Serunya Pulau Banda dan Neira untuk Berlibur. Pulau-pulau yang ada di Indonesia memang memilik potensi wisata dan keunikan tersendiri. Salah satunya adalah potensi yang tersembunyi di Pulau Banda dan Neira yang ada di Gugusan Pulau Banda, Maluku. Pul...
5 Aplikasi Penting untuk Traveling Wajib di Download 5 Aplikasi Penting untuk Traveling Wajib di Download. Hadirnya smartphone memang perlahan mengubah haluan hidup manusia. Berbagai aplikasi yang dapat diinstal melalui smartphone semakin memudahkan aktivitas sehari-hari. Aplikasi Go-Jek, misalnya, yan...
Tips Aman Berwisata ke Lokasi Bekas Bencana Tips Aman Berwisata ke Lokasi Bekas Bencana. Bagi para penyuka tantangan, berwisata ke lokasi bekas bencana pasti menjadi sesuatu yang menyenangkan. Padahal lokasi bekas bencana bisa jadi belum aman untuk dikunjungi. Terlebih lagi, jika ternyata benc...