Fakta Pulau Onrust di Kepulauan Seribu, Ada Misteri Apa?

Berlibur ke Pulau Tidung
Berlibur ke Pulau Tidung? Perhatikan Tips Berikut Ini!
Juni 12, 2021
Foto Kepulauan Seribu
Berburu Spot Foto Kepulauan Seribu Terbaik
Juni 14, 2021

Penasaran dengan fakta Pulau Onrust? Salah satu pulau kecil di Kepulauan Seribu ini memang diyakini menyimpan banyak misteri. Beberapa waktu lalu lokasi ini diresmikan sebagai salah satu objek wisata bernilai sejarah.

Dibandingkan pulau lainnya, nama Onrust mungkin tidak begitu populer. Bahkan menurut rumor beredar, ada beberapa kisah misteri disini yang hingga sekarang masih belum terpecahkan.

Lokasi pulaunya sebenarnya tidak begitu jauh dari daratan Jakarta. Apalagi jika menggunakan speed boat, tidak butuh waktu lama untuk sampai kesini. Biasanya ramai hanya saat weekend atau libur panjang saja, sementara hari biasa cukup sepi.

Bagi wisatawan yang menyukai nuansa sejarah dan cerita-cerita misteri, pulau ini harus menjadi destinasi wisata Anda ketika liburan ke Kepulauan Seribu. Kapan lagi punya foto di pantai sekaligus dengan background bangunan-bangunan tua.

Mau tahu lebih banyak tentang fakta dari Pulau Onrust dan apa saja keunikannya? Yuk, simak disini. Kami akan memberikan review-nya lengkap beserta hal-hal menarik apa saja yang ditawarkan oleh objek wisata di Teluk Jakarta ini.

Fakta Pulau Onrust dari Sudut Pandang Sejarahnya

Tahukah Anda, nama Onrust diambil dari nama seseorang keturunan Belanda, yakni Baas Onrust CVDW. Onrust dalam bahasa Belanda memiliki arti tidak pernah istirahat.

Menurut catatan sejarahnya, di era penjajahan dulu lokasi wisata ini merupakan tempat bongkar muat kapal dagang VOC. Dulunya juga sering didatangi kapal-kapal, sehingga para warga setempat menyebutnya pulau kapal.

Fakta Pulau Onrust selanjutnya adalah lokasinya yang strategis, Onrust sempat menjadi saksi sejarah pertikaian antara Banten dan Kerajaan Jayakarta. Keduanya sama-sama mengakui punya hak atas tempat ini. Bahkan tidak ada penyelesaian atau akhir dari sengketa tersebut.

Onrust juga pernah dijadikan sebagai tempat isolasi para jemaat haji yang terjangkit penyakit menular. Sementara pada masa penjajahan Jepang, lokasi tersebut digunakan tempat pengasingan para tahanan politik.

Fakta Pulau Onrust selanjutnya dari sudut pandang sejarah di era tahun kemerdekaan Indonesia yakni pernah digunakan untuk menampung para tawanan orang Jerman oleh Sekutu. Kekhawatiran terhadap pejuang RI membuat sekutu memindahkan orang-orang yang ditawan tersebut ke Malang.

Jika membicarakan tentang asal usul bagian kepulauan seribu ini memang berkaitan erat dengan misteri-misteri dibaliknya. Meskipun begitu, Onrustt termasuk destinasi yang recommended dikunjungi karena kawasannya cukup asri untuk menenangkan diri.

Misteri Onrust Island yang Menarik Perhatian

Fakta Pulau Onrust yang paling menarik yakni adanya kisah-kisah misteri di masa Hindia Belanda dahulu. Konon katanya banyak para jemaah haji yang diisolasi disini tapi akhirnya disuntik mati karena dianggap berbahaya.

Di lokasi yang sama juga pernah digunakan untuk menyembunyikan para pemberontak. Bahkan ada orang Jerman yang dituduh menjadi pengikutnya Nazi dan ditawan disini. Seorang tokoh PKI di masa pemerintahan Jepang juga pernah ditahan di pulau tersebut.

Cerita unik lainnya di balik indahnya wisata Onrust Island yaitu tempat tersebut pernah dijadikan lokasi penampungan para gelandangan, pengemis serta isolasi untuk orang-orang yang terkena penyakit berbahaya.

Namun seiring berjalannya waktu tidak ada yang mengurus tempat tersebut hingga terbengkalai dan dilakukan pembongkaran. Fakta Pulau Onrust dari salah satu pulau di Kepulauan Seribu ini yakni karena adanya makam-makam Belanda.

Menurut cerita yang beredar, konon katanya sering muncul penampakan noni-noni Belanda berbaju pengantin. Warga meyakini bahwa dulunya wanita bernama Maria Van de Velde tersebut meninggal karena menderita penyakit pes.

Spot Foto Bersejarah yang Instagramable

Tidak kalah menakjubkan dari pulau-pulau di Kepulauan Seribu lainnya, disini juga ada beberapa spot foto bernuansa sejarah yang unik dan wajib untuk dikunjungi.

Apalagi bangunan-bangunan tersebut menyimpan kisah misteri yang banyak diantaranya belum terungkap hingga sekarang. Jika berencana liburan ke Onrust, pastikan mengabdikan momen Anda di beberapa titik lokasi foto instagramable berikut ini:

Menara Keket

Bangunan indah berupa menara ini didirikan pada sekitar abad ke-20. Saat berada disini Anda akan disuguhi pemandangan laut lepas dengan kapal-kapalnya yang bersandar.

Tiket masuknya juga sangat murah loh, yakni hanya 5 ribu saja setiap orangnya. Oh iya, dulu Menara Keket sempat dijadikan sebagai pos jaga, tapi sekarang sudah tidak.

Museum Plaza

Dahulunya spot berupa bangunan museum ini digunakan oleh para tenaga medis untuk pengecekan dan pengawasan kesehatan para jemaah haji. Di lokasinya juga sempat ada bangunan rumah sakit, tapi sekarang sudah tinggal reruntuhannya saja.

Museum yang sudah dibangun sejak tahun ’93 ini sekarang digunakan untuk menyimpan benda-benda peninggalan sejarah dan sudah dibingkai agar tidak rusak. Jadi, jangan sampai melewatkan spot ini ketika Anda berkunjung ke Onrust Island.

Museum Taman Arkeologi Onrust

Selain itu juga ada museum arkeologi yang bisa jadi spot kunjungan Anda ketika liburan di Onrust. Di pulau ini digunakan sebagai tempat penyimpanan beragam arkeologi peninggalan era kolonial.

Pemakaman Belanda

Fakta Pulau Onrust menarik lainnya, di kawasan wisata perairan Kepulauan Seribu ini ada komplek pemakaman, salah satunya makam Kartosuwiryo yang meninggal karena dieksekusi. Ada juga makam Cornellis Vogel, seorang penguasa di Onrust.

Keunikan dari makam tersebut yakni adanya tulisan puisi berbahasa Belanda. Kendati banyak misteri belum terkuak disini, tapi Onrush hingga sekarang menjadi spot wisata terbaik sekaligus cagar budaya yang dilestarikan.

Lokasi dan Tarif Masuk ke Onrust

Secara geografis Onrust Island berada di dekat Pulau Bidadari, Kelor dan Cipir yang lokasinya tidak jauh dari daratan Jakarta. Untuk sampai ke lokasi ini bisa menggunakan speed boat atau kapal nelayan dari dermaga Marina Ancol.

Wisatawan juga bisa mengunjungi Onrustt melalui pelabuhan Muara Kamal. Kalau mau yang hemat budget bisa menggunakan kapal penumpang, tapi jika mau lebih cepat maka disarankan memakai speed boat.

Selain menikmati bangunan-bangunan bersejarah di area pulau, wisatawan juga bisa menaiki kapal untuk mengelilingi pulau ini dengan tarif sebesar Rp 500.000 untuk 20 orang. Cukup murah karena bisa patungan bukan?

Namun sebelum mengunjungi kawasan wisata ini sebaiknya cek terlebih dahulu jadwal keberangkatan kapal. Wisatawan tidak bisa datang dan pergi sesuai keinginan sendiri karena sudah ada jadwalnya.

Biasanya kapal akan berangkat di jam 8 pagi dan maksimal pulang jam 3 sore saat ombak masih tenang. Harga naik kapalnya mulai dari Rp 300 ribuan dengan waktu perjalanan sekitar 15 sampai 20 menit menggunakan speedboat, memang tidak terlalu jauh.

Apakah ada paket wisata untuk mengunjungi tempat wisata bersejarah di Kepulauan Seribu satu ini? Unik sekali bukan ulasan mengenai fakta dari Pulau Onrust di atas?

Melihat fakta Pulau Onrust menarik dan misterius di atas membuat siapapun tertarik untuk mengunjungi lokasi wisata ini. Anda bisa menggunakan layanan paket wisata kami dengan harga terjangkau.

Layanan paket wisata yang Kami sediakan sudah mencakup tiket pulang pergi kapal, penginapan (jika lebih dari satu hari) dan makan. Mengenai informasi harga paket-paket liburan Kepulauan Seribu bisa langsung menghubungi nomor 021-294-61-292.

Nah, bagi Anda yang gemar dan menyukai cerita-cerita misteri, atau suka dengan tempat-tempat bernilai sejarah maka bisa banget menjadikan Pulau Onrust sebagai destinasi wisata Anda. Menarik sekali bukan info mengenai fakta Pulau Onrust ini?

Comments are closed.