Berlibur ke Pulau Tidung? Perhatikan Tips Berikut Ini!

persiapan liburan ke Pulau Seribu
Persiapan Liburan ke Pulau Seribu yang Wajib Dilakukan
Juni 8, 2021
fakta Pulau Onrust
Fakta Pulau Onrust di Kepulauan Seribu, Ada Misteri Apa?
Juni 12, 2021

Berlibur ke Pulau Tidung menjadi salah satu hal yang dapat dilakukan. Jika Anda bingung memilih tempat terbaik di Jabodetabek, maka Pulau Seribu merupakan tempat wisata terbaik yang dapat di pilih.

Di pulau tersebut traveller atau pengunjung dapat dengan mudah menemukan berbagai jenis pulau yang tersebar dengan keunikan serta keindahan masing-masing. Mulai dari untuk melakukan snorkeling, camping, dan lainnya.

Tidak hanya itu, mereka juga dapat dengan mudah melihat berbagai pesona pantai yang cukup mengagumkan. Salah satunya adalah pantai Tidung. Tidak hanya pantai, tempat ini juga menawarkan berbagai keindahan menakjubkan.

Di sisi lain, wisatawan dapat melakukan berbagai aktivitas keren yang dapat dilakukan. Sehingga hal tersebutlah membuat mengapa tempat tersebut kerap kali dipilih untuk melakukan kegiatan pariwisata.

Pahami Apa Itu Pulau Tidung

Sebelum berlibur ke Pulau Tidung, akan lebih baik jika memahami terlebih dahulu apa itu tempat tersebut. Pada dasarnya pulau ini merupakan salah satu pulau yang terletak di selatan Kepulauan Seribu.

Tidak jauh dari Pulau Pari. Disini pengunjung akan ditawarkan berbagai kegiatan atau aktivitas menyenangkan. Akan tetapi tujuan utama wisatawan mengunjungi tempat ini adalah untuk melakukan snorkeling.

Hal tersebut dikarenakan tempat tersebut memiliki pemandangan bawah laut sangat menakjubkan. Ketika mengunjungi tempat ini untuk pertama kali maka pengunjung akan disambut dengan hamparan pasir putih sangat luas.

Selanjutnya, pengunjung akan ditawarkan dengan air laut sangat jernih. Selain aktivitas snorkeling pengunjung juga ditawarkan wisata bahari yaitu dengan melihat rimbunnya hutan mangrove serta masih alami.

Akan tetapi terdapat beberapa hal perlu diketahui yaitu pulau ini terbagi menjadi hidung kecil dan hidung besar. Di Tidung kecil merupakan pulau yang tidak berpenghuni.

Sehingga di tempat tersebut pengunjung akan menemukan vegetasi hutan mangrove masih alami dan dikelola oleh pemerintah setempat. Sedangkan dibagian Tidung besar merupakan tempat dihuni oleh masyarakat daerah sekitar.

Cara Menyeberang ke Pulau Tidung

Ketika Anda ingin berlibur ke Pulau Tidung, maka sangat penting untuk mengetahui bagaimana cara untuk menyeberangi tempat tersebut. Beberapa alternatif terbaik yang dapat dilakukan wisatawan adalah;

Menggunakan Ferry

Pertama, wisatawan dapat menggunakan kapal feri. Kapal ini akan berangkat dari Pelabuhan Muara Angke dari jam 6 pagi. Sehingga pastikan untuk sampai di pelabuhan ini sebelum jam 6 pagi.

Namun jika Anda terlambat, maka tidak perlu khawatir atau bingung. Hal tersebut dikarenakan kapal tersebut akan kembali lagi ke Muara Angke setiap jam 2 siang.

Dimana, dengan waktu tempuh penyeberangan yaitu sekitar 2 hingga 3 jam. Untuk mencapai pelabuhan ini wisatawan dapat menggunakan bus Trans Jakarta yang berhenti di Halte Pluit.

Selanjutnya mereka akan melanjutkan perjalanan dengan menggunakan angkot B01 dan turun di SPBU Muara Angke. Dari SPBU ini, jarak ke pelabuhan sangat dekat, sehingga bisa jalan kaki.

Menggunakan Speedboat

Alternatif untuk berlibur ke Pulau Tidung selanjutnya adalah dengan menggunakan speedboat. Jika pengunjung ingin menggunakan speed boat maka mereka diharuskan untuk berangkat dari Dermaga Marina Ancol.

Disini dalam satu hari setidaknya terdapat kapal berjumlah 2 sampai 3 keberangkatan dari Dermaga tersebut. Untuk jadwalnya sendiri kapal ini akan tiba setiap jam 11 siang.

Yang mana, dengan jadwal keberangkatan paling banyak pada hari Sabtu. Sedangkan pada hari biasa jadwal keberangkatan kapal hanya 2 kali. Sehingga, jika ingin mendapatkan peluang tinggi, pilih hari Sabtu.

Akan tetapi jika pengunjung berdomisili di Tangerang maka mereka dapat menyeberang ke Kepulauan Tidung melalui Rawasaban. Semua pilihan tersebut dapat disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan Anda.

Aktivitas Terbaik Saat Berlibur ke Pulau Tidung

Terdapat beberapa aktivitas terbaik yang dapat dilakukan di kepulauan ini. Dengan memahami apa saja aktivitasnya, maka akan memberikan keuntungan tersendiri bagi pengunjung. Beberapa aktivitas terbaik adalah;

Berfoto di Jembatan Cinta

Salah satu Spot paling terkenal di tempat ini adalah Jembatan Cinta yang menjadi ikon wisata. Jembatan ini merupakan jembatan yang menghubungkan antara Kepulauan Tidung Kecil dengan Kepulauan Tidung Besar.

Mitosnya ketika dua orang yang sepasang kekasih yang menjalin hubungan melewati jembatan ini maka hubungan mereka akan langgeng. Tempat ini juga kerap kali dihadirkan sebagai lokasi selfie favorit wisatawan.

Snorkeling

Di sisi lain pengunjung juga dapat melakukan snorkeling. Snorkeling jadi aktivitas yang cukup menyenangkan dan dapat dipilih. Hal tersebut dikarenakan di Kepulauan ini memiliki keindahan bawah laut yang sangat menakjubkan.

Sehingga membuat pengunjung dapat melihat keindahan panorama bawah laut yang memukau. Namun begitu, pastikan untuk memperhatikan keadaan sekitar. Hal tersebut dikarenakan, arus di kepulauan ini memiliki perubahan yang berbeda-beda.

Camping

Aktivitas berlibur ke Pulau Tidung selanjutnya adalah camping. Pengunjung juga dapat melakukan camping di sekitar pulau ini. Biasanya wisatawan akan memilih di Kepulauan Tidung Kecil.

Salah satunya adalah sisi kenyamanan yang tidak terjamin. Sehingga, sarat akan tindakan kejahatan. Hal tersebut dikarenakan kepulauan ini memiliki luas yang cukup kecil dan tidak berpenghuni.

Di tempat ini hanya terdapat perkebunan warga sehingga akan lebih baik jika menginap di homestay. Harga penginapan juga terbilang cukup murah dibandingkan dengan menginap di hotel.

Tips Berlibur ke Pulau Tidung

Terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan. Dengan memahaminya maka pengunjung akan mendapatkan manfaat sendiri. Sehingga hal tersebut akan memudahkan pengunjung untuk memahami apa saja tips sebelum berwisata di Tidung.

Membawa Uang Tunai Lebih

Pertama pastikan untuk membawa uang tunai yang lebih. Hal tersebut dikarenakan, di tempat ini tidak tersedia ATM. Sehingga akan lebih baik jika pengunjung membawa uang tunai lebih.

Hal ini bertujuan agar tidak kehabisan uang saat berlibur di pulau ini. Namun begitu pastikan untuk menempatkan uang di tempat yang aman. Anda dapat menempatkan di beberapa tempat untuk.

Tidak sedikit pengunjung kehilangan uang mereka. Sehingga, untuk menghindari jika terjadi tindakan pencurian, pastikan untuk menempatkan uang di tempat yang berbeda-beda. Sehingga, Anda dapat melangsungkan liburan dengan nyaman.

Hafalkan Nomor RT dan Rumah

Tips berlibur ke Pulau Tidung selanjutnya adalah menghafalkan nomor RT dan rumah. Pastikan untuk menghafal nomor RT dan nomor rumah. Hal tersebut dikarenakan, di tempat ini tidak terdapat nama jalan.

Setiap bentuk perumahan cenderung kota layaknya labirin. Sehingga hal tersebut biasanya membuat pengunjung kesulitan untuk menemukan tempat penginapan mereka. Untuk mengatasinya pastikan menghafalkan nomor Rt dan juga rumahnya.

Jika diperlukan mereka juga dapat memfoto setiap jalan yang sudah mereka lewati dengan cara ini mereka tidak akan tersesat. Anda juga dapat memberikan tanda di jalan atau menandai jalan tersebut.

Sewa Sepeda

Terakhir, saat berlibur ke Pulau Tidung Anda juga dapat menyewa sepeda. Hal penting yang perlu diketahui adalah berkeliling dengan menggunakan sepeda merupakan salah satu cara untuk melihat keindahan tempat ini.

Pengunjung dapat dengan mudah menemukan tempat penyewaan sepeda setiap akhir pekan. Setiap wisatawan lebih memilih untuk menyewa sepeda atau juga berjalan kaki melihat keindahan pulau ini.

Jika Anda bingung memilih jasa penyedia layanan fasilitas ini, maka kami Pulau Seribu Traveling dapat menjadi pilihan yang sangat cocok. Untuk info lebih lanjut, pengunjung dapat menghubungi nomor (021) 294-61-292

Dengan memilih jasa dari kami, pengunjung akan mendapatkan layanan memuaskan dan berbagai pilihan produk berlibur yang sangat lengkap. Sehingga, pastikan untuk memilih jasa kami sebelum berlibur ke Pulau Tidung.

Comments are closed.