wisata pulau tidung
Alasan Wisata Pulau Tidung Cocok untuk Anda dan Pasangan
Februari 22, 2022
Agen Wisata Pulau Seribu
Alasan Agen Wisata Pulau Seribu Penting Anda Maksimalkan
Maret 12, 2022

Pulau Kelapa Kepulauan Seribu merupakan salah satu tempat paling menarik di utara Jakarta yang wajib dikunjungi. Lepaskan beban rutinitas serta hiruk pikuk kebisingan nuansa kota dengan berlibur ke daerah pesisir.

Destinasi ini menawarkan beribu keindahan alam, mulai wisata bahari, fasilitas pendukung, hingga spot tertentu membawa pengunjung menikmati suasana. Pengalaman semacam ini tentunya akan menyediakan kenangan berharga.

Sediakan sedikit waktu luang di hari libur atau akhir pekan untuk berkunjung bersama teman, keluarga, pasangan, atau habiskan waktu seorang diri. Berikut fakta menarik tentang destinasi wisata utara Jakarta ini.

Pulau Kelapa Kepulauan Seribu, Bagaimana Kehidupan Masyarakatnya?

Daerah utara Jakarta, khususnya Kelapa dan Harapan, keduanya mempunyai sejarah maritim cukup unik. Kedua wilayah ini saling berhubungan dengan daerah Banten dan Sulawesi, terbukti dari penduduknya, suku Mandar dan Bugis.

Potensi wisata dan ekonomi dapat ditingkatkan dari aspek sejarah dan budaya, apalagi di tengah pandemi seperti sekarang. Indonesia dikenal dengan negara maritim, dimana wilayah pesisir adalah kekayaan utama.

Daya tarik pulau ini bisa dilihat dari pantai berpohon mangrove di sepanjang garisnya, deretan perahu nelayan. Tidak lupa kapal-kapal di dermaga bagian utara dan selatan, serta deretan pulau-pulau kecil lainnya.

Setiap wilayah memang mempunyai ciri khas dari sejarahnya masing-masing, termasuk pulau ini. Disana terdapat peninggalan beberapa masjid dan makam, sebagai bagian dari sejarah lokal wilayah sekitar.

Peninggalan bersejarah berupa prasasti sayangnya tidak ditemukan, sulit untuk tahu siapa yang pernah menyinggahi tempat tersebut di masa lampau. Karena keterbatasan peninggalan tersebut, masyarakat agak sulit memahami sejarahnya secara utuh.

Kegiatan masyarakat setempat sebagian besar adalah melaut, namun setiap hari Jumat semua aktivitas mata pencaharian dihentikan. Hal ini terkait dengan unsur keagamaan, dimana hari Jumat merupakan waktu beribadah.

Ketika berlibur pada hari Jumat, masyarakat umumnya melakukan interaksi sosial sambil memperbaiki peralatan melaut, misalnya jaring atau perahu. Karena hidup mereka bergantung pada ekosistem laut.

Keunikan lainnya ketika penduduk setempat bercerita mengenai pengalaman menangkap ikan tidak menggunakan alat pendeteksi. Para nelayan hanya mengandalkan insting tajam, tinggal mengikuti bagaimana laut berkehendak.

Sekitar satu ton ikan dapat diperoleh setiap harinya, kemudian dijual ke Muara Angke. Tidak jarang hasil laut juga diubah menjadi olahan khas daerah setempat, bisa juga dijual ke para wisatawan.

Pulau Kelapa Kepulauan Seribu Terancam Reklamasi?

Reklamasi merupakan upaya pembukaan daratan baru di kawasan tertentu, umumnya di wilayah pesisir. Upaya ini menimbulkan pro kontra di kalangan masyarakat, karena mempengaruhi berbagai bidang terutama lingkungan dan ekonomi.

Wilayah terdampak jika reklamasi terus dilakukan salah satunya alah Pulau Seribu, meskipun tidak banyak populasi yang mendiami daerah tersebut. Kawasan kecil di Utara Jakarta menjadi perhatian oleh semua orang.

Wisata kawasan Pulau Seribu adalah daya tarik serta magnet bagi para wisatawan dari Jakarta dan berbagai daerah lain. Pengembangan destinasi wisata ini bahkan digadang-dagang menjadi “New Bali”.

Ini berarti pemerintah sangat menyadari betapa besarnya potensi kepulauan ini, sebagai calon destinasi yang akan menggantikan atau setara dengan Bali. Siap mendatangkan wisatawan dari seluruh penjuru dunia.

Para pakar dan ahli saling melontarkan pendapat tentang reklamasi pantai utara Jakarta yang menjadi perbincangan hangat di berbagai media. Beberapa memberikan dukungan, namun beberapa juga menolak dengan tegas.

Salah satu pertanyaan yang terus muncul dalam benak masyarakat sekitar, apakah reklamasi akan membawa dampak positif atau justru malah merugikan? Pecinta destinasi wisata lokal mulai merasa khawatir.

Masyarakat Pulau Kelapa Kepulauan Seribu sebagai penduduk asli merupakan pihak paling terdampak dalam kajian reklamasi. Dimana pulau-pulau berkonsep mewah akan dibangun, sangat berkebalikan dengan Pulau Seribu yang mempunyai kecantikan natural.

Sampai saat ini keindahan serta kelestariannya juga masih terjaga meskipun banyak wisatawan berkunjung. Dan akan terus lestari selama ada upaya dari masyarakat sekitar untuk terus mencintai alamnya sendiri.

Rencana pembangunan pulau-pulau buatan yang hampir mendekati kawasan wisata ini perlu dipikirkan secara matang terkait segala dampaknya. Semua pihak berharap akan datang dampak baik.

Pulau Kelapa Kepulauan Seribu, Fasilitas Lengkap

Keindahan alam bagian utara Jakarta ternyata mampu menghipnotis jutaan manusia untuk datang dan berkunjung ke dalamnya. Disini, Anda tidak akan merasakan kebisingan di kota, yang ada hanya semilir angin pesisir.

Pulau ini merupakan salah satu tujuan paling direkomendasikan bagi Anda yang ingin mencari ketenangan. Harga retribusi tiket masuknya sangat murah, cukup Rp 5.000 saja, Anda bisa membebaskan diri dari rutinitas.

Untuk bisa sampai ke Pulau Kelapa Kepulauan Seribu, Anda perlu menggunakan perahu dari Jakarta kemudian menyeberang. Berangkat Pantai Ancol, cukup membayar tiket perahu Rp 200.000 (weekday) atau Rp 250.000 (weekend).

Untuk sekali jalan, gunakan speedboat dari Pantai Marina, pukul 08.00 sudah mulai penyeberangan. Persiapkan diri, standby di posisi boarding time pukul 07.30, perlu diingat harga bisa berubah seiring waktu.

Kini Anda tidak perlu merasa bingung dan kesulitan karena sekarang banyak akses lokasi untuk menuju ke pulau ini, sangat mudah. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, gunakan beberapa dermaga sebagai pemberangkatan.

Wisatawan atau pengunjung bisa menikmati berbagai fasilitas di tempat seperti penginapan, warung kuliner, restaurant, area camping, serta diving. Jangan lewatkan snorkeling serta banyak spot foto instagrammable serta spot pancing.

Karena menjadi salah satu pulau berpenduduk, pulau ini juga mempunyai fasilitas pendukung bagi para pengunjung. Kawasan ini cocok sekali dijadikan wisata keluarga dengan pendukung ATM, mushola, WiFi, serta penyewaan alat.

Pulau Kelapa Kepulauan Seribu, Lakukan Hal Ini

Banyak aktivitas seru serta paling direkomendasikan bagi Anda ketika berlibur di pulau ini, baik sendiri atau bersama keluarga. Berikut adalah rekomendasi aktivitas yang mengasyikkan untuk dilakukan.

Snorkeling atau Diving

Di dekat wilayah ini terdapat beberapa spot snorkeling dan diving, nikmati pemandangan kehidupan laut. Biota lautnya sangat beragam, terumbu karang juga masih terjaga dengan baik.

Island Hopping

Island hopping adalah aktivitas berkeliling Pulau Kelapa Kepulauan Seribu menggunakan kapal tradisional penduduk setempat. Rute island hopping paling populer adalah melalui pulau-pulau kecil, menambah sensasi asyik liburan Anda.

Perahu Wisata

Perahu wisata sebenarnya mirip dengan island hopping, namun berkesan lebih eksklusif dan santai. Para wisatawan bisa sambil menikmati keindahan pulau sekitar menjelang senja, menunggu pemandangan matahari terbenam.

Mengunjungi Penangkaran Penyu

Pengunjung bisa berwisata sekaligus menambah ilmu pengetahuan saat berlibur dengan mengunjungi penangkaran penyu. Pengelola resmi fasilitas ini yaitu Balai Taman Nasional setempat akan menyediakan edukasi hewan laut.

Wisata Kuliner

Indahnya pemandangan alam tidak lengkap jika tidak diiringi dengan kenikmati hidangan laut khas daerah tersebut. Coba sensasi pemandangan matahari terbenam sambil menyantap makanan, dijamin ingin mengulangi.

Jika Anda berkunjung kemari, jangan lupakan Puk Cue, Kue Kolong, Bom Atom, Sengkulun, Kue Maco, serta Sambal Branyut. Selain itu, Anda dapat membelinya sebagai oleh-oleh untuk dibawa pulang.

Agen Wisata Pulau Seribu akan memandu Anda menikmati keindahan destinasi wisata, sampaikan keinginan liburan sesuai impian. Mengunjungi Pulau Kelapa Kepulauan Seribu tidak pernah seindah ini, manfaatkan kesempatan yang ada.

Comments are closed.