wisata pulau payung
Aktivitas Wisata Pulau Payung yang Paling Menarik
Juni 14, 2021
perairan pulau seribu
Perairan Pulau Seribu, Liburan Memancing Menyenangkan
Juni 21, 2021

Solo traveling Pulau Seribu bisa jadi ide tepat untuk Anda yang ingin menikmati waktu dengan diri sendiri alias “me time”. Liburan sendirian memang tidak begitu menakutkan, justru wajib untuk mencobanya paling tidak sekali seumur hidup, apalagi bagi lajang.

Tidak sedikit traveler yang pada akhirnya ketagihan untuk solo trip. Terlebih akses menuju ke Kepulauan Seribu sekarang ini sangat mudah. Ada banyak akomodasi hingga penginapan murah tersedia di sana.

Namun sebelum melakukan trip sendirian ke Kepulauan Seribu, tentu saja Anda harus melakukan persiapan-persiapan secara matang. Pertimbangkan spot-spot mana saja yang paling aman untuk dikunjungi seorang diri.

Tidak perlu takut, nantinya di lokasi wisata Anda juga akan bertemu dengan wisatawan-wisatawan lain sehingga tidak benar-benar sendiri. Terlebih Kepulauan Seribu punya banyak sekali titik wisata menarik yang wajib banget untuk diexplore.

Nah, bagi yang tertarik untuk solo traveling ke salah satu destinasi wisata yang ada di Jakarta ini, simak dulu tips-tipsnya. Berikut Kami juga akan memberikan rekomendasi spot wisata mana yang bisa di kunjungi dan tentunya aman.

Alasan Kepulauan Seribu Cocok untuk Solo Traveling

persiapan liburan ke Pulau SeribuTentu ada beberapa alasan mengapa solo traveling Pulau Seribu wajib jadi destinasi Anda. Pulau-pulau yang berada di gugusan Teluk Jakarta ini menyimpan keindahan alam dan cocok untuk tujuan solo trip Anda. Berikut alasannya:

Destinasi Liburan Eksotis Terdekat

Khususnya bagi penduduk Jabodetabek sendiri, menikmati indahnya biru lautan tidak harus jauh-jauh ke luar pulau atau ke luar negeri. Kepulauan Seribu adalah destinasi eksotis terdekat dan terjangkau.

Selain itu, kepulauan ini juga cocok dijadikan sebagai destinasi wisata one day trip. Apalagi lokasi antar pulau-pulau kecilnya tidak begitu jauh, satu kali jalan bisa mengeksplor banyak titik.

Tempat Wisata yang Ramah Di Kantong

Tidak perlu menyiapkan budget besar jika ingin mencoba solo traveling Pulau Seribu. Akomodasi, makanan hingga biaya penginapan di kawasan wisata ini cukup terjangkau. Bahkan banyak spot-spot wisata khusus untuk camping, bisa lebih hemat anggaran bukan tanpa harus menginap.

Ada Banyak Pilihan Pulau

Daya tarik dari Kepulauan Seribu memang terletak dari banyaknya pulau-pulau kecil disana. Sedikitnya ada sekitar 100 lebih pulau, tapi tentu tidak semuanya berpenghuni. Bagi solo trip maka bisa memilih destinasi pulau yang paling aman untuk dikunjungi sendirian.

Bisa Menikmati Surga Bawah Air

Kurang lengkap rasanya jika liburan ke pantai tanpa menikmati surga bawah airnya. Di perairan Kepulauan Seribu ini Anda bisa menjumpai kumpulan terumbu karang dan populasi ikan-ikan cantik bak akuarium besar melalui kegiatan snorkeling.

Tenang saja, untuk solo traveling di Pulau Seribu Anda tidak harus membawa sendiri perlengkapan snorkeling atau diving. Disana sudah banyak jasa yang menyewakan perlengkapannya.

Spot Wisata Terbaik untuk Solo Traveling Pulau Seribu

Bagi yang baru pertama kalinya melakukan solo trip pasti agak khawatir dan bingung dalam menentukan spot wisata mana paling aman untuk dituju. Sebenarnya Anda tidak perlu khawatir, karena di Kepulauan Seribu ini selalu banyak pengunjung, apalagi ketika musim liburan.

Namun ada baiknya rencanakan terlebih dahulu pilihan pulau mana yang paling cocok dikunjungi oleh solo traveling Pulau Seribu. Mungkin beberapa pilihan berikut bisa jadi ide untuk Anda:

Pulau Putri

Mau menikmati keindahan bawah laut tapi tidak bisa berenang, Anda bisa memilih destinasi satu ini. Disini Anda akan disuguhkan akuarium raksasa untuk menikmati dan melihat aneka penghuni laut.

Penginapan-penginapan di tempat wisata ini juga memiliki view yang dijamin eksotis banget. Bangun tidur Anda akan langsung disajikan dengan indahnya biru air laut.

Pulau Kelapa Dua

Jika Anda menyukai tempat wisata dengan nuansa konservasi, bisa banget memilih destinasi Kepulauan Seribu yang ini. Daripada bingung harus berbuat apa saat berwisata sendiri, di Kelapa Dua Anda bisa ikut berkontribusi menanam bakau.

Selain kegiatan menanam bakau, disini juga ada penangkaran penyu. Cocok untuk yang tidak hanya sekedar wisata saja, tapi juga menambah wawasan.

Pulau Ayer

Mau menikmati sensasi penginapan ala-ala Maldives? Disini lokasinya. Ada setidaknya 33 rumah penginapan terapung dengan view yang langsung menghadap ke laut.

Sangat recommended bagi para pelancong solo untuk menghabiskan waktu dengan menikmati alam tanpa ada gangguan keramaian. Soal keamanan juga tidak perlu dikhawatirkan, karena pihak pengelola selalu melakukan perawatan rutin terhadap rumah-rumah apung mereka.

Sebenarnya masih banyak destinasi wisata yang cocok bagi para solo traveling Pulau Seribu. Namun beberapa pilihan di atas bisa jadi alternatif Anda, karena selain indah juga aman untuk berlibur sendirian.

Tips-tips Solo Traveling ke Kepulauan Seribu

Hindari menggunakan slogan “modal nekat” buat Anda yang berencana untuk solo traveling di Pulau Seribu. Dikarenakan Anda akan sendirian saja di tempat wisata tersebut, maka bisa perhatikan tips-tips berikut agar liburan makin menyenangkan dan aman:

Pastikan Pulau yang Akan Dituju

Pertama, pastikan destinasi mana saja yang akan Anda tuju selama solo traveling Pulau Seribu, termasuk durasi lamanya berapa hari atau hanya one day trip saja.

Cara Informasi Akomodasi ke Lokasi

Setelah itu carilah informasi akurat mengenai transportasi dan akomodasi menuju ke lokasi. Biasanya di Kepulauan Seribu ada jadwal tetap keberangkatan kapal, jadi jangan sampai ketinggalan kapan yah.

Siapkan Budget Lebih Dari Cukup

Ingat bahwa Anda akan liburan sendirian, jadi siapkan budget lebih dari cukup dalam bentuk uang cash. Akan lebih baik jika hitung menghitung dulu pengeluarannya apa saja, meliputi biaya transportasi, tiket masuk, makan, penginapan, belanja, sewa menyewa, dan lainnya.

Bawa P3K

Jangan lupa membawa P3K untuk berjaga-jaga. Misalnya minyak kayu putih, obat sakit kepala, plester luka, dan sejenisnya.

Jangan Mudah Percaya Orang Tidak Dikenal

Terakhir, jangan mudah mempercayai orang asing. Mungkin Anda juga akan menjumpai oknum-oknum yang mencoba menawari sesuatu, pastikan lebih berhati-hati karena Anda sendirian.

Solo Trip Bisa Pakai Paket Wisata?

Memang tidak semua orang punya keberanian untuk solo traveling Pulau Seribu. Solusinya, Anda bisa menggunakan jasa paket wisata dimana tentunya lebih praktis dan terjamin keamanannya.

Keuntungan menggunakan layanan paket wisata juga justru lebih menghemat anggaran dana. Anda tidak perlu khawatir dengan anggaran-anggaran tidak terduga, karena paket sudah termasuk biaya transportasi ke pulau, makan, penginapan hingga sewa alat snorkeling.

Tidak hanya itu saja, jasa paket wisata juga menjamin keamanan pengguna layanan dengan memberikan asuransi. Paket harganya juga bervariasi, untuk one day trip (satu hari), dua hari satu malam, tiga hari dua malam dan lainnya.

Mau tanya-tanya dulu soal paket wisata untuk solo traveler? Anda bisa menghubungi kami sebagai jasa Paket Wisata Pulau-Seribu. Kami melayani konsumen setiap hari Minggu sampai Jumat di jam kerja. Informasi kontaknya bisa cek di situs resmi Kami.

Kami menyediakan layanan paket wisata Pulau Seribu terlengkap. Anda juga dapat menyewa boat/kapal dengan harga terjangkau. Apa ada minimal jumlah wisatawan? Tentu saja tidak, Anda bisa memilih layanan untuk solo traveler.

Jadi jangan ragu jika tertarik untuk liburan sendiri. Dengan tips-tips di atas Anda bisa menikmati solo traveling Pulau Seribu yang menyenangkan dan sebagai pengalaman tidak terlupakan.

Comments are closed.