Manfaat tanaman bakau
Manfaat Tanaman Bakau Pada Hutan Mangrove di Pulau Seribu
April 12, 2022
Pulau Putri Resort
Keindahan Pulau Putri Resort yang Dipadu dengan Fasilitas
April 19, 2022

Ada beberapa aturan wisata Pulau Seribu yang Anda harus patuhi ketika melakukan liburan di sana. Beberapa aturan dibuat untuk melindungi para wisatawan dan juga alam yang ada di Pulau Seribu.

Seperti kita ketahui bersama, Pulau Seribu merupakan salah satu ikon wisata di ibukota Jakarta. Ada banyak pulau dengan berbagai macam fungsi dan juga memiliki karakteristik masing-masing.

Ada banyak hal yang bisa dilakukan di Pulau Seribu, akan tetapi yang paling populer yaitu adalah menjelajahi keindahan bawah lautnya. Bisa dikatakan jika keindahan bawah laut Pulau Seribu sangat menakjubkan.

Sebagian besar wahana yang disediakan merupakan wahana yang berhubungan dengan air. Ini merupakan tempat yang sangat sempurna bagi Anda yang menyukai suasana pantai dan juga berbagai macam wahana yang berhubungan dengan air.

Akan tetapi, ada beberapa aturan wisata Pulau Seribu yang harus Anda taati. Jadi ketika berlibur Anda tidak boleh melakukan hal-hal yang dilarang. Hal ini Tentunya demi kebaikan diri Anda sendiri dan menjaga kelestarian alam beserta satwa yang hidup di sana.

Karena Terkadang ada beberapa wisatawan melakukan hal-hal yang seharusnya tidak boleh dilakukan. Untuk itu, sangat penting bagi Anda untuk mengetahui beberapa aturan yang diberlakukan sebelum berangkat berlibur ke Pulau Seribu.

Larangan untuk Memegang Hewan Laut

Tidak bisa dipungkiri jika Pulau Seribu memiliki banyak sekali pantai yang indah. Oleh karena itu ada banyak orang yang melakukan aktivitas seperti diving dan juga snorkeling. Ketika melakukan aktivitas seperti daging tentunya Anda bisa melihat keindahan bawah laut Pulau Seribu.

Ketika melakukan aktivitas diving mungkin Anda akan berdekatan dengan berbagai macam satwa yang ada di bawah laut. Salah satu aturan wisata Pulau Seribu yang diberlakukan yaitu adalah tidak boleh memegang hewan laut.

Alasan yang pertama yaitu adalah mengenai keamanan. Ketika hewan laut merasa terganggu bukan tidak mungkin akan menjadi agresif dan melakukan penyerangan. Hal seperti ini Tentunya dapat membahayakan diri Anda.

Memegang hewan laut juga dapat membuat hewan tersebut merasa tidak nyaman. Hal ini juga sangat tidak disarankan karena dapat membuat hewan yang hidup merasa terganggu,

Sangat disarankan ketika melakukan diving tidak bisa melakukan hal yang tidak perlu seperti misalnya memegang secara langsung hewan laut. Nikmati saja keindahannya tanpa mengganggu kehidupan biota laut yang ada di sana.

baca : Pentingnya Memilih Agen Terbaik Saat Wisata ke Pulau Seribu

Dilarang untuk Membuang Sampah Sembarangan

Aturan wisata Pulau Seribu selanjutnya yaitu adalah dilarang membuang sampah sembarangan. Ini merupakan salah satu aturan yang mungkin diperlukan oleh seluruh tempat wisata.

Membuang sampah sembarangan dapat menimbulkan banyak sekali dampak negatif. Selain bisa menyebabkan aroma tidak sedap hal ini juga bisa menjadi penyebab tercemarnya lingkungan.

Apalagi jika Anda membuang sampah ke laut. Selain melakukan pencemaran terhadap air laut Anda juga dapat membunuh beberapa satwa yang hidup di sana. Hal seperti ini Tentunya tidak boleh dilakukan demi menjaga kelestarian alam di pulau seribu.

Akan tetapi sayangnya sampai saat ini masih ada beberapa masyarakat yang melakukan pembuangan sampah secara sembarangan. Ini merupakan hal yang sangat memprihatinkan mengingat dapat merusak ekosistem yang ada di Pulau Seribu.

Untuk itu ketika Anda berlibur ke Pulau Seribu sangat disarankan untuk tidak melakukan hal tidak terpuji Seperti membuang sampah sembarangan. Pasti pastikan untuk membuang sampah pada tempatnya sehingga anak cucu bisa menikmati keindahan Pulau Seribu juga.

Membunuh Binatang Laut dan Juga Merusak Terumbu Karang

pantai bintang pulau pariMembunuh binatang laut di Pulau Seribu merupakan hal yang dilarang. Oleh karena itu Anda tidak boleh melakukan aktivitas seperti memanah ikan ketika melakukan diving. Selain itu ada juga dilakukan melakukan kegiatan yang merusak terumbu karang.

Terumbu karang merupakan tempat dimana banyak sekali biota laut hidup. Jika sampai terumbu karang rusak sangat mungkin bahwa biota laut akan mati atau meninggalkan tempat tersebut.

Tidak mengherankan jika ada aturan wisata Pulau Seribu yang tidak membolehkan para wisatawan untuk melakukan pembunuhan terhadap binatang laut dan juga merusak terumbu karang.

Oleh Karena itu ketika melakukan wisata sangat disarankan untuk tidak melakukan kegiatan-kegiatan yang membuat terumbu karang rusak. Sangat disayangkan jika sampai terumbu karang yang indah di Pulau Seribu harus rusak dan tidak bisa dinikmati oleh eh generasi selanjutnya.

Tidak bisa dipungkiri jika Pulau Seribu memiliki pemandangan bawah laut yang sangat luar biasa. Ini merupakan salah satu tempat terbaik di Indonesia untuk melakukan diving. Anda akan disuguhkan berbagai macam terumbu karang dan juga biota laut yang sangat unik.

Menyelam Tanpa Izin Atau Menyelam Sendirian

Karangan selanjutnya yaitu adalah menyelam tanpa izin atau menyelam sendirian. Ketika Anda akan melakukan dribbling sangat disarankan untuk melakukan izin terlebih dahulu. Ini akan sangat berguna agar nantinya ketika Anda membutuhkan bantuan maka batuan bisa segera datang.

Hal ini juga dimaksudkan untuk menjaga orang-orang yang melakukan diving melakukan beberapa pengurus akan seperti misalnya pengrusakan terhadap terumbu karang. Aturan wisata Pulau Seribu mengenai dilarang menyelam tanpa izin sudah diperlakukan cukup lama.

Menyelam sendirian juga tidak boleh dilakukan di Pulau Seribu. Salah satu alasan utamanya yaitu adalah keamanan. Beberapa sumber menyebutkan bahwa melakukan diving harus didampingi oleh seorang yang divemaster.

Dengan begitu nantinya aktivitas diving yang Anda lakukan akan menjadi lebih aman. Tentunya sangat tidak menyenangkan jika aktivitas liburan yang seharusnya menjadi momen berkesan justru berakhir dengan petaka.

Pentingnya Mematuhi Aturan Wisata Pulau Seribu

penyu pulau pramukaSetiap tempat wisata tentunya memiliki aturannya masing-masing. Biasanya Setiap aturan yang dibuat dimaksudkan untuk menjaga keamanan setiap wisatawan dan juga kelestarian alam dari tempat wisata tersebut.

Untuk itu sangat penting untuk kita memahami aturan yang diberlakukan ketika pergi ke tempat wisata. Tidak sedikit pula tempat wisata yang akan memberikan sanksi jika terdapat pelanggaran yang dilakukan oleh seorang wisatawan.

Pulau Seribu merupakan salah satu Anugerah Tuhan, sehingga kita harus mensyukuri nya dengan menjaga sebaik mungkin. Salah satu cara paling sederhana untuk menjaga Pulau Seribu adalah menaati aturan wisata Pulau Seribu yang telah ditetapkan.

Dengan menaati segala aturan yang diberlakukan, itu merupakan salah satu kontribusi nyata untuk menjaga kelestarian alam dan juga hewan yang hidup di sana. Saat ini, sudah banyak sekali alam dan juga laut yang rusak di negara Indonesia.

Sangat disayangkan jika nantinya Indonesia yang memiliki keindahan alam luar biasa harus kehilangan beberapa tempat wisata terbitnya akibat kita sebagai warga negara tidak bisa menjaganya dengan baik.

Oleh karena itu ketika Anda melakukan liburan di Pulau Seribu, tidak melakukan aktivitas apapun yang dapat menyebabkan kerusakan alam. Apalagi beberapa warga di sana juga menggantungkan hidup mereka dari alam.

Jangan sampai warga asli sana tidak bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, Akibat kerusakan alam yang disebabkan oleh aktivitas berwisata. Seluruh aturan wisata Pulau Seribu agar aktivitas liburan berjalan dengan menyenangkan dan juga kelestarian alamnya tetap terjaga.

Comments are closed.