pulau cantik di Kepulauan Seribu
7 Pulau Cantik di Kepulauan Seribu Untuk Liburan Lebih Seru
Desember 14, 2020
Pulau Privat
5 Pulau Privat di Kepulauan Seribu yang Indah
Mei 20, 2021

Mengetahui berbagai keunikan Kepulauan Seribu menjadi daya tarik tersendiri sebelum Anda datang untuk liburan. Tidak sekedar mengetahui tentang keindahan alamnya saja namun mencari informasi sebanyak mungkin termasuk keunikannya.

Perlu diketahui Kepulauan Seribu sendiri adalah gugusan pulau tepatnya berada di Teluk Jakarta. Jadi jika dari Jakarta hanya perlu menyeberang dari beberapa pelabuhan dan ada 11 pulau berpenghuni.

Karena berbentuk pulau-pulau tentu saja menawarkan banyak keindahan pantainya dan berbagai aktivitas laut. Rata-rata pulau disana memiliki pasir putih, laut biru cerah dan masih sangat terjaga kebersihannya.

Banyak pulau-pulau yang memang dikelola sebagai objek wisata sehingga sudah disediakan fasilitas lengkap disana. Namun pembahasan kali ini bukan tentang keindahannya namun tentang keunikan Kepulauan Seribu yang belum banyak diketahui.

Keunikan Pulau Seribu yang Menarik Diketahui Sebelum Kesana

Sebagian besar wisatawan yang datang ke pulau ini hanya untuk liburan dan menikmati keindahan alamnya. Namun tidak banyak orang yang tahu tentang berbagai keunikan Kepulauan Seribu diantaranya sebagai berikut.

Sebagai pusat penangkaran satwa dan konservasi hutan

penyu pulau pramukaWisatawan yang datang ke pulau-pulau disana biasanya menghabiskan waktu untuk menikmati keindahan alamnya. Baik dengan cara berjalan-jalan saja, menyelam, bermain aneka wahana air dan masih banyak kegiatan lainnya.

Padahal ketika berada di Pulau Seribu Anda bisa menemukan dan melihat secara langsung aneka kekayaan alam. Semua masih terjaga serta wisatawan datang dilarang melakukan perusakan baik disengaja maupun tidak.

Pemerintah bekerja sama dengan warga sekitar berusaha keras merawat sebaik mungkin kekayaan flora dan fauna. Baik flora dan fauna berada di dalam laut maupun di daratan semua dijaga dengan baik.

Jadi tidak sekedar mengeskplor untuk dijadikan tempat wisata saja namun diperhatikan kelestariannya. Inilah salah satu keunikan Kepulauan Seribu yang patut diapresiasi demi tujuan kelestarian lingkungan untuk jangka panjang.

Anda bisa melihat penangkaran penyu secara langsung sebagai wisata edukasi, konservasi terumbu karang hampir di semua pulau. Kegiatan menanam pohon mangrove, pelestarian pohon kelapa dan hutan bakau.

Keunikan Kepulauan Seribu inilah yang ternyata mampu membuat wisatawan menjadi sadar tentang pentingnya menjaga lingkungan. Sehingga mereka juga menyadari untuk tidak merusak serta membuang sampah sembarangan selama liburan disana.

Jika tidak ada pelestarian seperti ini mungkin saja penyu hijau, penyu sisik, ikan badut, raja udang biru kecil, elang bondol, burung pecuk ular tidak bisa ditemukan disana.

Banyak mitos melekat di Pulau Seribu

sunset pulau pariTahukah Anda ada banyak mitos yang melekat hampir di semua pulau-pulau dan menjadi keunikan Kepulauan Seribu. Anda boleh percaya atau tidak karena faktanya memang banyak mitos yang tidak bisa dipisahkan.

Mitos tersebut diceritakan dari mulut ke mulut bahkan dari ratusan tahun lalu dan masih dipercaya sampai sekarang. Ketika sedang liburan disana hendaklah wisatawan menjaga etika agar terhindar dari hal-hal buruk.

Menariknya mitos-mitos seram tersebut tidak membuat jumlah pengunjung pulau-pulau disana semakin menurun. Justru banyak orang semakin penasaran dan ingin membuktikan sendiri kebenaran mitosnya dengan datang langsung ke lokasinya.

Contoh mitos berkembang disana tentang Jembatan Cinta dimana menjadi penghubung antara Pulau Tidung Besar dengan kecil. Mitosnya jika menyeberang bersama pasangan maka bisa putus atau justru menjadi langgeng.

Ada juga mitos jika terjun ke laut dari atas Jembatan Cinta ini maka bisa membuang berbagai pikiran buruk. Mitos lainnya tentang mahkluk halus sering menampakkan dirinya di Pulau Tidung Kecil.

Mitos tentang Pulau Bidadari dikatakan banyak masyarakat dan wisatawan sering melihat gadis Belanda disana. Padahal saat ini penghuninya adalah warga lokal dan memang jaman dulu menjadi tempat tinggal orang Belanda.

Masih seputar keunikan Kepulauan Seribu konon siapa saja berfoto kemudian tangannya memegang pohon tua. Maka bisa mendapatkan rezeki tidak terduga namun hal tersebut belum pernah terbukti benar tidaknya.

Terdapat Monas di Pulau Seribu

diving pulau seribuTernyata keunikan Kepulauan Seribu lainnya adalah adanya Monas disana namun terdapat di dalam laut. Biasanya sebuah tugu atau monumen berada di daratan sehingga bisa terlihat dengan jelas bagaimana gagahnya.

Namun kali ini tugunya berada di kedalaman kurang lebih 5 meter tepatnya dekat dengan Pulau Pramuka. Jadi bisa terlihat dari atas serta sangat jelas jika Anda snorkeling atau menyelam.

Monasnya tidak sebesar yang ada di Jakarta dan bisa dikatakan sebagai monas mini karena tingginya hanya 2,5 meter saja. Begitupun dengan ukurannya juga tidak terlalu besar seperti Monas sungguhan.

Monas ini ditanam sebagai bagian dari kegiatan The Association for Internasional Sport for All (Tafisa) Games 2016. Sekarang miniatur ini dikelilingi oleh terumbu karang dan menjadi rumah bagi ikan-ikan kecil.

Anda bisa meminta pihak jasa tours dan travel untuk memasukkan kegiatan ini ke paket liburan. Demi memuaskan rasa penasaran akan keunikan yang dimiliki Pulau Seribu terutama melihat monasnya.

Ada apa dengan Pulau Gosong?

Mendengar nama Pulau Gosong tentu sudah memberikan keunikan Kepulauan Seribu yang semakin membuat penasaran. Gosong sendiri secara umum memiliki arti hangus atau terbakar sampai tidak bisa dimakan jika makanan.

Tentu ada yang unik dan aneh kenapa sebuah tempat wisata apalagi pulau dinamakan Pulau Gosong. Ternyata nama ini diberikan jika berjemur terlalu lama disana maka kulit menjadi gosong atau gelap.

Sinar matahari di pulau ini sendiri sangat panas dan terik sehingga mudah menyebabkan wisatawan menjadi gosong. Terlebih lagi tidak ada tempat berteduh sama sekali karena pulaunya sangat kecil.

Dari segi ukuran memang luasnya tidak mencapai 100 meter persegi itupun ketika air sedang surut. Sehingga jika dilihat dari jauh hanya seperti gundukan pasir putih saja tanpa ada pepohonan.

Meskipun sangat kecil namun banyak wisatawan yang tertarik untuk sekedar mampir ke pulau ini. Menawarkan keindahan alam berbeda dengan pulau-pulau lainnya dan menjadi spot foto menarik bagi para wisatawan.

Kepulauan Seribu menawarkan wisata religi

Salah satu keunikan Kepulauan Seribu lainnya yaitu adanya wisata religi yang menjadi sisi lain mengunjungi pulau ini. Meskipun Anda beberapa hari menghabiskan waktu disana dijamin tidak akan merasa bosan.

Setelah puas menikmati keindahan alamnya tidak ada salahnya mencoba berwisata religi sekaligus. Ternyata ada banyak tempat disana yang menawarkan wisata religi dan sayang jika tidak dikunjungi sekalian.

Salah satunya adalah makam Al Habib Ali bin Ahman bin Zeid Aidid merupakan wali keramat Pulau Panggang. Ulama asal Handramaut ini mendakwahkan Islam pada abad ke-18 di utara Jakarta.

Diketahui beliau wafat tahun 1892 kemudian dimakamkan di salah satu pulau di Pulau Panggang. Anda bisa mengunjungi pulau ini dengan naik perahu yang banyak disewakan masyarakat disana.

Jika Anda berada di Pulau Kelapa maka bisa berziarah di makam Syarif Maulana Syarifudin. Bisa juga mengunjungi Pulau Panjang untuk melakukan ziarah di makan Sultan Mahmud Zakaria.

Untuk bisa menikmati keunikan disana Anda bisa menentukan jadwal liburan menggunakan jasa tours dan travel. Kami Pulau Seribu Tours selalu siap melayani Anda untuk merencanakan liburan terbaik.

Banyak paket liburan yang kami sediakan tinggal hubungi saja di nomor (021)294-61-292 atau 0822-986-56789. Jangan ragu untuk menghubungi kami dan temukan sendiri berbagai keunikan Kepulauan Seribu.

Comments are closed.