wisata Kepulauan Seribu
Tips Wisata Kepulauan Seribu Jakarta Paling Bagus
Juli 4, 2021
wisata pulau seribu terbaik
Rekomendasi Wisata Pulau Seribu Terbaik Asyik dan Murah
Juli 11, 2021

Transportasi menjadi hal penting yang harus dipersiapkan ketika berlibur di Pulau Seribu. Jarak dari tempat tujuan tersebut berdekatan dengan Teluk Jakarta. Pengunjung bisa datang ke pelabuhan sesuai kendaraan laut pilihan.

Kepulauan Seribu kini menjadi pilihan favorit bagi masyarakat Indonesia, khususnya warga Jakarta. Melepas penat dari hiruk pikuk kota bersama keluarga merupakan aktivitas paling menyenangkan.

Jakarta sebagai Ibukota Indonesia menyuguhkan berbagai destinasi, bukan hanya mall, bangunan bersejarah, kantor pusat pemerintahan, melainkan adapula tempat rekreasi seperti Ancol, Taman Mini, hingga wisata ratusan pulau.

Beragam pilihan tempat dan aktivitas yang diberikan oleh tempat wisata ini membuat pengunjung antusias. Tidak hanya beragam, pengunjung bisa menentukan transportasi sambil menikmati suasana laut saat menuju destinasi ratusan pulau.

Membuat List Destinasi Saat Berlibur di Pulau Seribu

Menentukan transportasi untuk liburan di Pulau Seribu memerlukan berbagai persiapan, salah satunya adalah membuat list destinasi saat berwisata ke tempat tersebut. Disarankan untuk membuat list kunjungan per hari.

Tujuan dari pembuatan list tersebut adalah untuk memperhitungkan transportasi apa yang bisa membawa Anda ke tujuan sesuai dengan jadwal. Karena, setiap transportasi yang disediakan telah memiliki jadwal keberangkatannya masing-masing.

Jika telah membuat list saat berlibur di Pulau Seribu, Anda dapat menentukan pula transportasi paling sesuai untuk membawa Anda ke destinasi utama. Selain jadwal keberangkatan, setiap transportasi laut memiliki rute masing-masing.

Transportasi atau kendaraan laut untuk membawa Anda menuju tujuan wisata, yaitu kapal. Rute setiap kapal adalah pulau-pulau besar yang ada di Kepulauan Seribu, diantaranya Pulau Tidung, Pramuka, serta Harapan.

Ketiga pulau tersebut menyimpan jutaan pesona dan menyediakan berbagai aktivitas liburan, Anda bisa memilih satu diantara tiga tersebut untuk menjadi destinasi pertama memulai petualangan wisata.

Setelah puas melakukan liburan di satu pulau, Anda bisa melanjutkan perjalanan menggunakan kapal sesuai dengan tujuan di list destinasi. Adanya list destinasi, pengunjung tidak perlu repot menentukan kapal pilihannya.

Waktu perjalanan berlibur di Pulau Seribu pengunjung tentu akan lebih efektif dan tertata, hal ini diperlukan karena banyaknya destinasi wisata yang bisa Anda kunjungi, bahkan tidak cukup dalam satu hari.

Menentukan Transportasi dengan Menghitung Budget

harga pulau macanBukan hanya list perjalanan yang dibutuhkan ketika mengunjungi destinasi wisata ini, budget juga menjadi hal penting bagi Anda sebelum memulai liburan bersama keluarga, teman-teman, dan kerabat dekat lainnya.

Bagi Anda, warga daerah Jakarta dan sekitarnya, harus mempersiapkan kendaraan darat untuk pergi menuju Pelabuhan Muara Angke. Pelabuhan ini menyediakan Kapal Tradisional dengan ongkos minim budget.

Jika perjalanan ini menggunakan konsep backpacker, maka Anda bisa memulainya dengan pergi menuju halte untuk menunggu busway menuju Grogol. Sesampainya di destinasi kedua, Anda bisa naik angkot menuju pelabuhan.

Biaya yang dikeluarkan untuk busway menuju Grogol sangat terjangkau, sehingga tidak membuat Anda mengeluarkan banyak biaya untuk transportasi awal. Sama halnya dengan ongkos angkot dari Grogol menuju Muara Angke.

Sesampainya pelabuhan, Anda bisa menggunakan kapal kayu sederhana menuju destinasi seberang sana. Kapal tersebut akan dikendarai oleh masyarakat sekitar dengan ongkos yang juga relatif terjangkau.

Saat Anda sampai di Pelabuhan tersebut, tidak perlu membeli karcis, cukup membayar ongkos Rp 35.000 menuju Pulau Harapan dari Muara Angke. Dapat diperhitungkan bahwa biaya transportasi tidak mencapai ratusan ribu.

Budget menjadi penting bagi Anda yang ingin mendapatkan pengalaman bersenang-senang dengan liburan sederhana. Berlibur di Pulau Seribu sangat cocok untuk semua orang yang hobi travelling backpacker.

Memilih Transportasi Berdasarkan Kebutuhan dan Teman Perjalanan

sewa boat jakartaTerdapat empat jenis transportasi yang bisa Anda pilih ketika liburan di Pulau Seribu, diantaranya kapal tradisional, PELNI, Feri, dan Speedboat. Tentukan pilihan Anda berdasarkan budget, kebutuhan, serta teman perjalanan.

1.      Kapal Tradisional

Berdasarkan pengalaman dari beberapa pengunjung, kapal tradisional yang biasa dikendarai oleh masyarakat sekitar cenderung lebih sempit dan berdesakan dengan wisatawan lainnya. Sehingga, kendaraan laut itu tidak cocok ditumpangi bersama keluarga.

Ongkos dari kapal tradisional juga relatif lebih murah daripada ketiga jenis lainnya, biasanya ditumpangi oleh wisatawan yang berlibur dengan konsep backpacker. Kapal tersebut digunakan ketika melakukan perjalanan seorang diri.

2.      Kapal PELNI

Berbeda dengan kapal tradisional, PELNI merupakan kapal dengan kapasitas penumpang lebih besar dan cocok ditumpangi oleh pengunjung yang datang bersama rombongan atau keluarga. Kapal ini bisa ditumpangi dari Sunda Kelapa.

Dengan menumpang kapal PELNI, pengunjung juga tidak perlu repot membawa barang bawaan yang cukup banyak. Karena, selain kapasitas penumpang lebih besar, pengunjung juga disediakan tempat untuk meletakkan barang bawaan.

3.      Kapal Feri

Pengunjung yang sering berlibur di Pulau Seribu, tentu tidak asing dengan jenis kapal satu ini. Banyak wisatawan yang berpendapat bahwa kapal ini cukup menarik untuk ditumpangi.

Cara memesan tiketnya juga mudah, Anda bisa langsung membelinya di dermaga sesuai dengan jadwal. Ada empat tujuan dari kapal tersebut, yaitu Pulau Harapan, Kelapa, Tidung, Pari, dan Pramuka.

Masing-masing tujuan memiliki waktu tempuhnya masing-masing, kurang lebih sekitar 2,5 jam hingga 3 jam. Dengan waktu dan jarak tempuh berbeda, harga yang harus dibayar juga disesuaikan dengan kedua hal tersebut.

4.      Speedboat

Berlibur di Pulau Seribu terasa asik dengan menumpang speedboat. Sesuai dengan namanya, Speedboat merupakan transportasi laut yang didesain dengan kecepatan lebih unggul dibandingkan ketiga jenis kapal sebelumnya.

Berbeda dengan Feri, PELNI, dan Kapal Tradisional, Speedboat hanya muat untuk kurang lebih 6-7 pengunjung. Ketika menumpang kendaraan laut ini, perjalanan Anda menuju Pulau Seribu menjadi lebih ekslusif.

Mengapa Destinasi Wisata ini Sangat Direkomendasikan?

perairan pulau seribuMengapa Pulai Seribu sangat direkomendasikan? Karena, dengan mengunjungi satu destinasi, Anda bisa menikmati berbagai pilihan wisata disini. Destinasi ini bahkan cocok dikunjungi oleh semua kalangan.

Bukan hanya yang datang bersama keluarga, melainkan juga wisatawan backpacker mulai dari budget minim hingga liburan mewah. Tidak cukup satu hari untuk mendatangi pulau-pulau istimewa kebanggaan Indonesia.

Anda bisa menjumpai berbagai pulau dengan kisah mistis, pemandangan alam menakjubkan, hingga aktivitas snorkling, diving untuk menikmati panorama bawah laut. Tempat wisata ini juga dikenal oleh wisatawan mancanegara.

Ketika sudah menikmati keindahan alam saat berlibur di Pulau Seribu, Anda juga bisa beristirahat di berbagai resort pilihan. Pemandangan sunset dan sunrise menjadi alasan wisatawan untuk bermalam di Kepulauan Seribu.

Tidak perlu khawatir, kini banyak travel agen yang bisa membantu Anda untuk berlibur memilih transportasi, akomodasi, dan list kunjungan terbaik. Pilihlah travel agen yang terpercaya dengan harga terjangkau namun berkualitas.

Jadi, tunggu apalagi? Mari mengunjungi Pulau Seribu Traveling untuk mendapatkan berbagai informasi seputar liburan di Pulau Seribu. Tidak hanya wisata alam, Anda juga bisa belajar sejarah dengan mendatangi pulau-pulau misterius.

Memilih destinasi wisata memang tidak mudah, seringkali keadaan di tempat tujuan tidak sesuai dengan ekspektasi dan gambar yang direkomendasikan. Namun, berlibur di Pulau Seribu tidak akan mengecewakan Anda dan keluarga.

Comments are closed.