wisata pulau misterius
Menjelajah Wisata Pulau Misterius di Kepulauan Seribu
Mei 21, 2021
spot wisata Pulau Bira Kecil
Spot Wisata Pulau Bira Kecil Tawarkan Aktivitas Seru
Mei 23, 2021

Destinasi wisata horor menjadi salah satu daya tarik tersendiri bagi wisatawan yang gemar dengan suasana mencekam. Bila Anda adalah salah satunya, maka bisa mengunjungi pulau mistis tersebut. Di pulau seribu jakarta terdapat wisata horror.

Yaitu di pulau Edam, Onrust Island, dan Tidung. Sehingga hal tersebut memberikan daya tarik tersendiri bagi pecinta dunia mistis. Cocok sekali untuk Anda yang ingin menghabiskan liburan dengan orang terdekat di tempat seru seperti ini.

Dari semua pulau di Kepulauan Seribu, tentunya penasaran dengan daftar pulau mistis ini. Karena selain memiliki kisah mistis, suasanya juga sangat mendukung sekali. Maka berikut akan dikupas tentang daftar pulau paling mistis di Kepulauan Seribu.

Destinasi Wisata Horor di Pulau Edam

spot indah Pulau SeribuEdam island merupakan salah satu tempat wisata alam yang sangat mistis karena punya nama lain sebagai Damar. Yaitu termasuk tempat saksi bisu di area Batavia. Saat itu lokasi ini dikuasai pasukan colonial dari Belanda.

Dibalik keindahannya, ternyata ada banyak cerita menarik bersejarah lainnya soal Indonesia. Sehingga Anda bisa mendapat pengalaman unik saat mengunjungi kawasan ini. Berikut adalah beberapa hal menarik ketika berkunjung ke destinasi wisata horor ini, antara lain:

  1. Istana Camphuijs tersebut dibangun sejak abad ke-16 oleh Johanes Camphuijs, yaitu seorang Gubernur dari Belanda. Karena istana itulah membuat Edam yang dulunya tidak berpenghuni menjadi lebih asri karena menghadirkan unsur Jepang di kawasan istana.
  2. Mercusuar Vast Licht merupakan menara dimana dulunya digunakan untuk memberi penerangan jalur kapal lalu lintas. Itulah kenapa sering memancarkan cahaya di malam hari. Mitosnya tempat ini dulunya dihuni arwah colonial Belanda.
  3. Makam Ratu Fatimah Syarifah juga termasuk tempat menarik disini, yaitu wali sultan di abad ke-17. Keberadaannya sangat dibenci penduduk Batavia karena mendapat kekuasaan dan memimpin wilayahnya. Makamnya tersebut berada di belakang Mercusuar Vast Licht.
  4. Pusat Perdagangan adalah kata paling tepat untuk pulau Edam. Karena tempat ini sering dikunjungi banyak orang sehingga dulu dijadikan sebagai tempat terbaik untuk melakukan kegiatan perdagangan meski kabarnya bajak laut kerap menjual jarahannya disini.

Cerita Misteri di Tempat Destinasi Wisata Horor Onrust Island

Pulau yang terbilang sangat mistis ini sebenarnya namanya didapatkan dari bahasa Belanda. Artinya adalah pulau tidak pernah ada waktu untuk beristirahat karena terinspirasi nama jenderal Belanda. Dia adalah Bais Onrust Cornelist Van der Walck.

Di zaman colonial Belanda, tempat ini digunakan untuk pusatnya kegiatan di kota Jakarta. Bahkan dari pagi sampai petang, kegiatannya tidak pernah ada hentinya sehingga mampu memberi kesan menarik di dalamnya.

Tempat destinasi wisata horor ini tidak pernah istirahat dan selalu bergerak. Sehingga hal ini membuat pulaunya selalu ramai. Selain itu, berikut adalah cerita misteri yang ada dibalik pulau paling terkenal dengan keramaiannya itu:

  1. Disini tersedia sebuah kawasan khusus untuk pemakaman masyarakat pribumi. Ciri khasnya adalah menggunakan batu bata dan 1 gubuk kecil. Gubuk ini adalah makam Sukamarji Kartosuwiryo. Yaitu seorang pemimpin Darul Islam dan dituduh memberontak.
  2. Selain ada pemakaman juga terdapat penjara Belanda yang terdiri atas 4 ruangan. Yaitu interogasi, gladiator, ruang sumpah, dan juga negosiasi. Namun sekarang ini tempat ini dilarang dimasuki wisatawan karena pondasi bangunannya lemah sehingga berisiko.
  3. Disini dulunya juga sempat dijadikan sebagai pusat karantina untuk para peserta haji yang pulang ke Tanah Air. Karena seringkali membawa penyakit sehingga jamaah yang mengidap penyakit menular harus berada dalam pusat karantina ini.

Jadi seperti itulah kisah mistis yang terjadi pada kawasan pulau onrust ini. Selain disini masih ada juga banyak cerita misterius yang terjadi pada Kepulauan Seribu dan menarik untuk dikupas.

Kisah Misterius Destinasi Wisata Horor Pulau Tidung

Pesona wisata Pulau TidungPulau mistis ini bernama Tidung Island. Namanya sudah populer di kalangan para wisatawan karena selain indah juga memiliki kisah misterius didalamnya. Bahkan ceritanya tidak hanya isapan jempol saja.

Ada banyak kejadian tidak masuk akal yang sering terjadi di tempat ini. Bahkan semua kejadian tersebut terbukti terjadi dan membuat rasa penasaran para wisatawan semakin bertambah ketika mengunjunginya. Berikut kisah misterius destinasi wisata horor ini:

  1. Pulau ini terbagi 2 kawasan yang tidak sama, yaitu besar dan kecil. Dulu kabarnya ada orang yang pergi ke ujung Tidung kecil untuk mencari tahu kisah misterius didalamnya. Namun sayangnya orang itu hilang.
  2. Disini juga terdapat makam panglima hitam, yaitu orang Sulawesi yang lama menetap di Malaysia. Demi melawan pasukan Belanda, beliau memimpin pasukannya. Namun sayangnya mereka kalah dan bersembunyi disini sampai ajal menjemputnya.
  3. Salah satu hal aneh disini adalah pernah ada paus sperma terdampar di bibir pantainya. Sehingga hal ini menjadikan para masyarakat terkejut dan memasukkan kerangka tulangnya di museum untuk mengenang momennya.
  4. Hadirnya jembatan cinta menjadikan tempat ini semakin unik. Mitosnya pasangan kekasih akan semakin harmonis dan langgeng bila melewati jembatan ini. Meski aneh, namun banyak yang percaya dengan hal tersebut.

Jadi seperti itulah serba-serbi tentang destinasi horror yang terletak pada kawasan Kepulauan Seribu di pulau Tidung. Masih ada lagi kisah horror dan seru yang lain pada Kepulauan Seribu dan sayang dilewatkan begitu saja.

Mitos Destinasi Wisata Horor di Kepulauan Seribu

pantai pulau pariTempat yang kabarnya penuh dengan misteri ini tentunya memiliki banyak kabar mitos yang berkembang dari masyarakat sekitar. Terlebih disini tersedia banyak sekali peninggalan bersejarah para penjajah sehingga membuat suasananya semakin mencekam.

Beberapa contoh peninggalan bersejarah tersebut meliputi benteng dan gedung tua sehingga suasana mistisnya semakin terasa ketika mengunjungi Kepulauan Seribu tersebut. Jadi berikut adalah tempat terbaik untuk pecinta horror yang ingin mencari tahu misteri di dalamnya.

  1. Pantai Perawan pada pulau Pari ini mempunyai kisah legendaris yang dipercaya warga setempat dan wisatawan. Kabarnya dulu ada gadis kecil yang bermain sekitar pantai ini sendirian. Namun tiba-tiba seorang gadis tersebut hilang begitu saja.
  2. Pohon Tua di pulau Bidadari yang sangat besar ini dipercaya bisa memberikan banyak rezeki dan jodoh dengan cara berbeda-beda. Misalnya saja dengan menyiraminya dan mengambil foto. Banyak yang percaya bahwa pohon itu tumbuhan sakti.
  3. Pulau Panggang juga punya kisah mistis sebelum Edam dijadikan pusat perdagangan Batavia. Dulu tempat ini adalah spot untuk mengeksekusi tawanan para bajak laut dengan cara dipanggang. Hal tersebut dilakukan untuk yang tidak mematuhi peraturan.
  4. Sacred Grave, kisahnya begitu terkenal bahkan sudah banyak wisatawan pernah melihat wanita Belanda menggunakan busana pengantin bergentayangan di area kuburan sacral tersebut. Kabarnya selama hidupnya, Maria menunggu calon suaminya yang ternyata sudah meninggal.

Jadi seperti itulah daftar paling seru dan mistis di Kepulauan Seribu. Maka dari itu bila ingin merasakan keseruannya, silahkan hubungi kami sebagai CV Pulau Seribu Traveling di nomor (021) 29 461 292 untuk menikmati destinasi wisata horor.

Comments are closed.