Tak Hanya Indah, Mitos Pulau Seribu Ini Membuat Merinding
June 28, 2019
pulau karang congkak
Pesona Pulau Semak Daun, Surga Bagi Pecinta Camping di Kepulauan Seribu
July 7, 2019

Daya tarik Pulau Seribu seperti magnet yang mampu menarik minat wisatawan. Pulau seribu adalah salah satu destinasi wisata yang sudah cukup terkenal di Indonesia. Selain lokasinya yang tidak terlalu jauh dan mudah dijangkau, pemandangan lautnya adalah daya tarik terbesar bagi wisatawan yang ingin mengunjungi pulau seribu. Anda dapat memilih berbagai jenis wisata air dari pulau satu ke pulau yang lain yang cukup berdekatan.

Pulau ini terletak 45 km dari sebelah utara Jakarta. Anda dapat menggunakan perahu untuk menjangkaunya. Daya tarik Pulau Seribu memiliki banyak sekali kekayaan alam serta kebudayaan yang patut untuk dikunjungi. Setiap pulau dari kepulauan seribu memiliki wisata yang berbeda dan unik. Anda tidak akan merasa bosan dengan wisata-wisata di pulau ini.

Anda dapat menyelami satu persatu keindahan laut yang ada di pulau seribu. Terumbu karang di pulau ini juga cukup banyak dan wajib dikunjungi. Kondisi alam yang masih alami bukan hanya menjadi daya tarik wisatawan saja namun juga menjadi lokasi untuk konservasi berbagai tumbuhan dan hewan langka. Konservasi alam di pulau seribu yang mencakup konservasi flora, fauna, baik darat dan biota laut.

Ada banyak sekali lokasi wisata dan jenis wisata lain yang bisa anda nikmati di pulau Seribu. Mulai dari keindahan laut dan budayanya. Berikut ini beberapa wisata dan daya tarik Pulau Seribu yang dapat Anda kunjungi dan nikmati.

Konservasi Alam di Pulau Seribu

Pulau seribu memiliki lingkungan yang masih cukup asri dan terjaga baik flora dan faunanya. Tumbuhan yang tumbuh di pulau ini adalah nyamplung, waru, cemara laut, butun, cangkudu, kecundang dan masih banyak lain. Beberapa pohon langka dan pohon yang sudah tua juga masih banyak tumbuh di kepulauan seribu seperti yang tumbuh di pulau Pari.

Selain berbagai macam tumbuhan, fauna di pulau ini juga cukup banyak. Antara lain seperti karang keras, kima, burung pantai, dan penyu. Karena lokasinya yang masih terjaga dan alami, daya tarik Pulau Seribu menjadi tempat peneluran penyu sisik dan penyu hijau. Kedua hewan tersebut, baik penyu sisik dan penyu hijau merupakan hewan yang langka dan patut dilestarikan.

Kegiatan penangkaran penyu langka tersebut adalah membantu penetasan telur semi alami hingga merawat anak penyu sampai bisa hidup mandiri dan siap dilepaskan ke alam bebas. Konservasi penyu di pulau seribu merupakan salah satu lokasi yang dipercaya untuk menyelamatkan hewan langka khususnya di pulau jawa.

Selain itu, daya tarik Pulau Seribu adalah adanya terumbu karang yang masih terjaga dan kondisinya baik. Terumbu karang yang memiliki kesehatan yang baik menandakan ekosistem laut yang masih terjaga. terumbu karang juga merupakan tempat hewan-hewan laut seperti ikan-ikan kecil bernaung dan menciptakan ekosistem laut. Dengan mempertahankan kondisi terumbu karang maka ekosistem laut juga akan diperbaik.

Monas di Dalam Laut

Jakarta punya monas sebagai ikon wisata ibukota. Pulau seribu juga punya monas. Hanya saja monas yang akan Anda temukan di pulau seribu adalah replika patung monas di kedalaman laut. Bukan hanya monas saja, ada patung-patung replika lainnya di sekitar replika monas tersebut seperti replika piramida yang menjadi tempat tinggal bagi belut moray. Inilah daya tarik Pulau Seribu lainnya.

Awalnya replika monas ini diletakkan di perairan yang tidak terlalu dalam atau dangkal sehingga jika Anda melakukan snorkeling, anda sudah bisa menemukan replika ini dan mengabadikan diri bersama replika monas. Namun replika monas ini dipindah karena ditakutkan akan tertabrak oleh kapal yang bersandar di pulau seribu. replika ini kemudian dipindahkan ke laut yang lebih dalam.

Jadi jika Anda ingin melihat replika monas saat ini, Anda hanya akan menemukannya di laut dalam yang bisa dijangkau dengan diving. Replika ini terletak di perairan di pulau pramuka. Anda dapat menyewa peralatan diving atau selam yang disediakan oleh masyarakat setempat lengkap dengan guide nya dengan harga yang cukup murah. Pastikan memiliki lisensi selam terlebih dulu.

Replika monas ini bukan hanya sebagai hiasan saja. Replika monas dapat menjadi tempat bernaungnya hewan laut dan ikan. Selain itu replika monas dan beberapa bangunan lain di dasar laut dapat menjadi tempat tumbuhnya terumbu karang untuk membentuk ekosistem baru.

Pulau Gosong yang Mungil nan Mempesona

Mungkin yang pernah berwisata ke pulau seribu mengetahui pulau tidung dan pulau pramuka. Namun sedikit yang mengetaui pulau gosong. Pulau gosong adalah salah satu dari kepulauan seribu yang cukup kecil. Selain itu juga hanya bisa dikunjungi saat air laut surut karena pulau akan tenggelam ketika air laut pasang. Pasir di pulau ini putih bersih.

Pulau gosong bahkan tidak dapat dikatakan sebagai pulau. Hanya gundukan pasir yang menonjol keatas yang berukuran sekitar 10 hingga 15 meter. Justru yang menariknya adalah dataran kecil yang tidak terendam air. Pulau ini tidak terlalu jauh dari pulau perak. Biasanya pengunjung akan singgah sebentar ke pulau gosong sebelum melanjutkan perjalanan ke pulau perak sekedar untuk berfoto atau melihat-lihat.

Dataran atau hamparan pasir ini menarik pengunjung terutama bagi yang ingin mengabadikan foto berlibur di pulau seribu. Belum lengkap rasanya jika belum mengunjungi pulau gosong. Dataran tersebut tidak memiliki tumbuhan samasekali, berukuran kecil, timbul dan tenggelam serta dikelilingi oleh air laut yang berwarna biru. Pemandangan yang unik seperti oasis di padang pasir, bedanya di pulau ini daratan dikelilingi oleh air biru.

Jika Anda tertarik mengunjungi pulau ini tentu hal yang pertama diperhatikan adalah waktu kunjungan. Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya bahwa pulau ini akan tenggelam saat air pasang, maka jangan datang saat sore atau bahkan malam hari untuk bisa menikmati daya tarik Pulau Seribu.

Wisata Religi yang Mulai Dikembangkan

Bukan hanya keindahan lautnya, pemerintah setempat juga akan segera mengembangakn wisata religi di pulau seribu. Di bulan ramadhan, wisata di pulau harapan ditutup sementara dan akan kembali buka setelah lebaran jad bisa menjadi wisata tujuan Anda bersama keluarga selama libur lebaran.

Rencananya pemerintah setempat akan membuat wisata religi terutama saat bulan ramadhan. Pemerintah juga mulai membangun beberapa sarana seperti pembangunan masjid dan merencanakan kegiatan dalam wisata religi yang menjadi daya tarik Pulau Seribu.

Meskipun masih dalam bentuk rencana, mulai banyak fasilitas yang dibangun dan dikembangkan mengingat banyaknya resort-resort penginapan di kepulauan seribu. Wisata religi dapat menambah salah satu pilihan wisata di pulau seribu. Dengan adanya wisata religi diharapkan wisata di pulau seribu semakin kompleks dan beragam.

Ada begitu banyak lokasi wisata yang bisa dikunjugi di pulau seribu. Tentu tidak ada salahnya mengunjungi pulau seribu untuk menghabiskan waktu liburan Anda bersama keluarga. Dijamin Anda akan merasa puas dengan berlibur di pulau ini. Jangan lupa persiapkan segala macam kebutuhan sebelum berlibur. Perhatikan juga musim yang bagus saat mengunjungi pulau seribu. Selamat berakhir pekan dengan menikmati daya tarik Pulau Seribu!

Comments are closed.