Menemukan Ketenangan Dengan Melakukan Diving di Pulau Seribu
December 27, 2019
pulau Untung jawa
Panorama Pantai di Pulau Untung Jawa yang Eksotis
January 19, 2020

Memiliki waktu liburan singkat tapi ingin berlibur ke pantai, Pulau Harapan bisa menjadi solusinya. Pulau ini terletak di gugusan Kepulauan Seribu yang lokasinya tidak jauh dari Kota Jakarta. Siapa sangka, dibalik Kota megahnya gedung pencakar langit di Jakarta, masih ada pantai cantik di dalamnya.

Kepulauan Seribu memang menjadi salah satu destinasi wisata favorit warga Jakarta yang ingin menghilangkan kepenatan. Banyaknya pulau dan pantai cantik membuat wisatawan bisa bebas mengeksplor tempat mana saja yang ingin dikunjungi. Salah satu yang cukup populer yang akan kami bahas kali ini.

Selain pantainya yang indah, salah satu daya tarik utama dari Pulau Harapan adalah adanya penangkaran hiu yang berada ditepi dermaga pulau tersebut. Ini pastinya menjadi keunikan tersendiri mengingat ikan hiu merupakan salah satu ikan paling berbahaya yang ada di lautan. Namun anda tidak perlu khawatir, hiu-hiu yang ada di penangkaran tersebut sudah jinak dan tidak akan membahayakan wisatawan.

Selain melihat puluhan hiu yang berenang besar di dalam lautan, anda juga bisa berinteraksi langsung dengan hiu-hiu tersebut. Pengelola menawarkan sensasi wisata berenang bersama hiu tersebut namun pastinya tetap dalam pengawasan mereka. Disini anda bisa berenang besar bersama dengan hiu-hiu yang hilir mudik di sekitar anda.

Untuk anda yang tidak memiliki cukup nyali untuk berenang langsung bersama hiu-hiu tersebut, anda bisa memilih duduk ditepian dermaga sambil memberi makan ikan-ikan tersebut. Beberapa pengelola tak jarang menjual pakan untuk ikan hiu tersebut sehingga anda bisa membelinya. Sensasi memberi makan ikan hiu pastinya berbeda dengan memberi makan ikan jenis lainnya.

Ada Banyak Sopt Snorkling Keren di Pulau Harapan

Selain bisa bercumbu dengan hiu-hiu cantik, masih ada banyak hal seru lainnya yang bisa anda lakukan di pulau ini salah satunya adalah snorkling. Pulau ini memiliki banyak sport snorkling keren yang bisa anda jelajahi. Pergi berlibur ke kawasan Pulau Seribu memang kurang lengkap jika tidak mencoba menjelajahi wisata bawah lautnya.

Kawasan perairan di sekitar Pulau Harapan masih memiliki ekosistem yang cukup terjaga. Banyak biota laut seperti ikan warna-warni dan beberapa jenis terumbu karang yang bisa anda nikmati diarea pulau macan. Airnya yang jernih dan tidak terlalu dalam juga memudahkan anda untuk mengeksplornya walaupun tidak memiliki kemampuan berenang sekalipun.

Untuk anda yang ingin menjelajahi wisata bawah laut di pulau ini, tidak perlu repot membawa alat snorkling sendiri. Pasalnya pengelola telah menyediakan penyewaan alat-alat snorkling yang bisa anda sewa dengan tariff kisaran Rp 35.000 per orang. Cukup murah jika dibandingkan anda harus membeli peralatan sendiri.

Di sekitar Pulau tersebut, ada banyak sekali pulau-pulau kecil tek berpenghuni yang memiliki keindahan bawah laut masih terjaga. Di pulau-pulau kecil itulah spot anda bisa menemukan banyak spot snorkling keren dengan aneka biota laut di dalamnya. Ini pastinya bisa menjadi liburan menyenangkan di tengah Kota Jakarta yang begitu penat.

Beragam Aktivitas Seru yang Bisa Dilakukan di Pulau Harapan

snorkling pulau pariTidah hanya bisa berenang bersama hiu dan menikmati surga bawah laut, masih ada banyak aktivitas seru lainnya yang bisa anda lakukan saat berlibut di pulau tersebut. Salah satunya adalah mencoba beragam olahraga air atau watersport yang ada di Pulau Harapan. Aktivitas ini akan lebih seru jika anda lakukan bersama teman atau keluarga.

Ada banyak jenis waterspor yang bisa anda coba, mulai dari banana boat sampai jek ski. Semua permainan tersebut menjadi favorit para wisatawan yang ingin menguji adrenalin sambil seru-seruan bersama teman. Akan tetapi untuk bisa menikmati wahana tersebut, pastinya anda harus membayar dengan kisaran harga Rp 75.000 sampai Rp 100.000 per orangnya.

Jika masih kurang puas bermain dengan wahana air yang ada di pulau tersebut, anda bisa menyeberang ke pulau sekitar seperti Pulau Sepa. Di sana ada lebih banyak jenis watersport yang bisa anda coba mulai dari jek ski, water ski, aqua board hingga knee board. Semua wahana tersebut akan membuat adrenalin anda semakin meningkat jadi pastikan telah siap baik fisik maupun mental.

Mengeksplor Pulau Harapan kurang lengkap jika anda tidak berkunjung ke penangkaran penyu. Di pulau ini memang terdapat salah satu penangkaran penyu yang diinisiasi oleh Departemen Kehutanan. Disini anda bisa melihat anak-anak penyu yang lucu dan imut sekaligus bisa berinteraksi langsung. Jika beruntung anda juga berkesempatan untuk melepas penyu di lautan.

Untuk anda pemburu sunset atau matahari terbenam, pulau ini juga bisa menjadi salah satu lokasi yang pas. Di ujung pulau ini ada hamparan hutan bakau yang bisa anda susuri dengan perahu pada sore hari sambil menyaksikan matahari terbenam. Pemandangan indah ini pastinya akan sangat sulit anda dapatkan di kota besar seperti Jakarta.

Alternatif Wisata Bahari Murah di Kota Jakarta

snorkling pulau sepaBerwisata di Pulau Harapan dan pulau lain yang berada di gugusan Kepulauan Seribu bisa menjadi alternative wisata bahari murah untuk warga Jakarta dan sekitarnya. Letaknya yang tidak terlalu jaug dari pusat kota lebih mudah dijangkau sehingga sangat cocok untuk mengisi waktu liburan akhir pekan.

Walaupun dekat dengan Kota Jakarta, pemandangan pantai dan keindahan bawah laut di pulau ini masih cukup terjaga. Ini pastinya juga berkat peran masyarakat setempat yang selalu berusaha menjaga kelestarian lingkungan sehingga tetap nyaman dijadikan tujuan wisata.

Ada banyak jenis aktivitas yang bisa anda lakukan saat berlibut di Kepulauan Seribu, mulai dari berenang, menikmati keindahan pantai, bermain wahana air, wisata sejarah, hingga menikmati panorama bawah laut baik dengan snorkling maupun diving. Jika anda malas bermain air, bisa juga menikmati pemandangan laut dari atas dermaga atau sekedar pesta barbeque di pinggir pantai.

Banyaknya aktivitas seru yang bisa anda lakukan di Pulau Harapan dan sekitarnya, membuat tempat ini bisa menjadi salah satu alternative wisata bahari murah di Kota Jakarta. Bayangkan saja jika harus pergi ke Lombok atau Bali pasti akan memerlukan biaya lebih banyak dan menyita waktu lebih lama juga.

Cara Menuju Pulau Harapan

boat pulau harapanSama seperti untuk menuju pulau lain di gugusan Kepulauan Seribu, untuk bisa sampai dan menikmati pemandangan di pulau ini anda harus menyeberang dulu. Ada beberapa alternative jalur untuk bisa sampai disini , salah satunya melalui pelabuhan penyeberangan Muara Angke. Dari sini anda bisa menumpang kapal feri yang berangkat pada jam 07.00 – 08.00 WIB dengan waktu tempuh kurang lebih 3 – 4 jam.

Jika kesiangan, ada dua alternative jalur yang bisa anda lalui. Satu melalui Kali Adem, satu lagi melalui Marina Ancol. Dari sini anda bisa menyewa speadboat untuk mengantarkan anda ke Pulau ini. Hanya saja jika melalui dua jalur ini anda harus membayar lebih mahal dibandingkan dengan naik kapan feri dari pelabuhan Muara Angke.

Jika melalui pelabuhan penyeberangan Muara Angke menggunakan kapal feri, anda hanya cukup membayar sekitar Rp 60.000 sampai Rp 70.000. Namun jika melalui Pantai Marina Ancol menggunakan speadboat, biaya sewa bisa mencapai Rp 250.000 sampai Rp 300.000. Ongkos mahal ini sebenarnya sebanding karena waktu tempuh menjadi lebih cepat yaitu hanya sekitar 1 jam 30 menit saja.

Itulah ulasan seputar beragam aktivitas seru yang bisa anda lakukan di salah satu pantai terbaik di Kota Jakarta. Walaupun letaknya berada di pusat kota, akan tetapi keindahan panorama di gugusan Kepulauan Seribu tidak kalah dengan daerah lainnya. Maka dari itu, jangan lupa memasukkan Pulau Harapan dalam list liburan anda, karena ada banyak aktivitas seru yang bisa dilakukan di pulau tersebut.

Comments are closed.