Ternyata Ini Rahasia Pesona Wisata Pulau Tidung yang Belum Banyak Diketahui
August 1, 2019
5 Spot Snorkeling Kepulauan Seribu Terbaik untuk Menikmati Pesona Bawah Air
August 8, 2019
Show all

4 Alasan yang Bikin Anda Harus Wisata ke Pulau Seribu

Apa yang terlintas pertama kali di benak Anda ketika ingin liburan saat di Kota Jakarta? Wisata ke Pulau Seribu mungkin menjadi salah satu yang terpikirkan oleh Anda yang ingin sejenak melepas penat dari kesibukan kerja. Kota Jakarta sendiri sebagai ibukota negara Indonesia memang lebih dikenal dengan suasana yang macet, panas dan selalu ramai. Namun dibalik itu semua Jakarta masih menyimpan pesona keindahan alam yang tak kalah dari pulau Bali maupun Pulau Lombok, yaitu Kepulauan Seribu.

Kepulauan Seribu sendiri Memang bukan menjadi destinasi satu-satunya ketika berlibur di Jakarta. Namun jika Anda mencari tempat terbaik dengan suguhan alam yang menenangkan, Kepulauan Seribu harus masuk ke daftar destinasi liburan Anda. Tentu hal tersebut bukanlah tanpa alasan, mengingat seperti yang kita ketahui Kepulauan Seribu menyimpan sejuta eksotisme yang memanjakan mata.

Bukan hanya dari wisata alam pantainya saja, tapi juga sebagai lokasi konservasi, pesona bawah air sekaligus wisata kuliner yang patut untuk dicoba. Oleh karena itu Kepulauan Seribu jakarta hingga saat ini masih sangat populer di kalangan para traveler yang ingin menghabiskan waktu di akhir pekan atau saat libur panjang. Yuk ketahui beberapa alasan mengapa wisata ke Pulau Seribu harus dijadikan sebagai salah satu destinasi liburan Anda tahun ini.

Liburan Eksotis Tidak Harus Jauh-jauh

Bagi penduduk Jakarta sendiri, Kepulauan Seribu merupakan tempat istirahat yang paling dekat dan terjangkau. Daripada harus menghabiskan waktu untuk menemukan eksotisme dari pulau terpencil, Anda bisa menemukannya di jajaran gugusan Kepulauan Seribu. Pesona kepulauan ini tidak kalah dengan pulau-pulau lainnya di luar Jawa.

Jadi untuk apa harus jauh-jauh untuk menemukan surga tersembunyi Indonesia? Anda cukup ber wisata ke Pulau Seribu. Sedangkan pesona Kepulauan Seribu tidak perlu diragukan lagi. Ada beberapa alternatif jalan untuk sampai di Kepulauan Seribu yaitu dengan melewati Dermaga Marina Ancol, Muara Angke atau melewati Rawa Saban.

Perlu menjadi catatan bagi para wisatawan bahwa kapal yang beroperasi hanya pukul 6 hingga 2 siang sehingga pertimbangkan baik-baik ketika ingin melakukan One day trip. Jarak tempuh untuk menuju Kepulauan Seribu ini rata-rata satu setengah jam hingga 3 jam dari kota, tentunya tergantung dari pulau mana yang akan dikunjungi.

Untuk menikmati liburan yang rasanya Wah dan seru, daripada Anda harus jauh-jauh ke Pulau Komodo di Nusa Tenggara maka bisa menjadikan wisata ke Pulau Seribu sebagai alternatif destinasi liburan Anda. Karena seperti yang sudah disimpan sebelumnya bahwa untuk menuju ke tempat wisata ini Anda tidak perlu menghabiskan hingga 8 jam perjalanan atau lebih untuk berwisata. Apalagi akomodasi untuk menuju ke tempat wisata ini suka tidaklah sulit.

Harga Paket Wisata yang Terjangkau

Apabila Anda merupakan seorang pekerja yang membutuhkan waktu untuk liburan dengan biaya yang terjangkau, maka Kepulauan Seribu adalah alasan yang tepat untuk dijadikan sebagai destinasi liburan Anda akhir pekan ini. Mengapa begitu? Karena untuk menikmati Kepulauan Seribu Anda tidak harus merogoh kocek yang mahal hingga jutaan rupiah. Bagi warga yang tinggal di Jabodetabek sendiri, ada banyak layanan transportasi dan fasilitas umum yang sudah memadai untuk dijadikan akomodasi wisata ke kepulauan Seribu.

Bahkan saat ini di momen-momen tertentu biasanya banyak yang menawarkan paket wisata ke Pulau Seribu dengan harga yang terjangkau. Hanya mengumpulkan beberapa orang saja misalnya, biasanya Anda bisa mendapatkan potongan atau promo trip pulau seribu dengan harga miring.

Tentunya paket wisata seperti ini sudah lengkap mulai dari akomodasi, penginapan hingga makan minimal 1 kali sehari. Menggunakan jasa agen travel paket wisata pastinya lebih praktis dan lebih hemat bagi Anda yang terlalu sibuk untuk merencanakan liburan.

Namun jika Anda ingin pengalaman yang lebih berbeda ketika berkunjung ke Pulau Seribu, Anda bisa liburan ala ala backpacker yang sederhana. Apalagi banyak pulau-pulau di Kepulauan Seribu ini yang bisa dijadikan tempat berkemah paling asik dan seru. Karena memang tidak semua pulau di Kepulauan Seribu berpenghuni, sehingga Anda bisa menemukan pulau yang masih sepi untuk berkemah, alih-alih daripada harus menginap di hotel yang mahal.

Banyak Pilihan Pulau

Tahukah Anda, ada ratusan pulau di Kepulauan Seribu yang bisa dikunjungi. Hanya saja tidak semua pulau di Kepulauan Seribu ini sudah berpenghuni. Bahkan ada puluhan pulau yang masih sangat sepi atau tidak berpenghuni sama sekali.

Salah satu alasan mengapa Anda harus berlibur dan berwisata ke Pulau Seribu yaitu karena banyaknya pilihan pulau disini. Misalnya beberapa pulau yang sudah populer dan dijadikan sebagai destinasi wisata seperti Pulau Bidadari, Pulau Semak Daun, Pulau Bira, Pulau Pari, Pulau Harapan, Pulau Tidung, Pulau Pramuka dan lainnya.

Kepulauan dengan gugusan pulau-pulau kecil ini memang menawarkan banyak pilihan bagi para wisatawan. Setiap pulaunya juga memiliki kelebihannya masing-masing mulai dari sebagai wisata konservasi wisata pantai, wisata snorkeling,wisata kuliner hingga wisata belanja.

Apalagi untuk menuju dari satu pulau ke pulau yang lain biasanya hanya dibutuhkan waktu tempuh sekitar 30 menit saja. Namun memang untuk menemukan pulau yang masih privat dan tersembunyi, Anda harus rela duduk berjam-jam hingga sampai ke pulau tersebut. Akan tetapi pengalaman luar biasa yang akan Anda dapatkan tidak akan mengecewakan.

Destinasi Wisata Snorkeling dan Diving Terbaik

Ada alasan lainnya mengapa Anda harus berwisata ke Pulau Seribu atau menjadikan Kepulauan Seribu sebagai destinasi liburan Anda, yaitu karena kepulauan ini menyimpan segudang spot terbaik untuk snorkeling dan diving. Tak heran memang karena Kepulauan Seribu diri dari gugusan pulau-pulau kecil yang masih sangat asri dengan perairan yang tenang. Ada banyak sekali Spot snorkeling dan diving yang bisa dijadikan tempat untuk melihat pesona bahwa air Kepulauan Seribu.

Apalagi Kepulauan Seribu memiliki habitat terumbu karang yang masih dalam kondisi bagus, meskipun tidak sebanyak dulu kala. Dengan kondisi Terumbu karangnya yang masih bagus sehingga masih banyak ikan ikan hias kecil yang bisa dinikmati ketika melakukan snorkling atau diving di Kepulauan ini. Tidak semua pulau di Kepulauan Seribu bisa dijadikan sebagai spot diving atau snorkeling.
Beberapa rekomendasi Spot snorkeling terbaik saat wisata ke Pulau Seribu di antaranya seperti Pulau Tidung Besar, Pulau Tidung kecil, Pulau Payung, Pulau Pramuka, Pulau Semak Daun, Pulau Pari, Pulau HarapanĀ  dan Pulau Macan.

Untuk menikmati aktivitas snorkeling maupun diving di Kepulauan Seribu juga tidaklah harus membawa perlengkapan sendiri. Karena di Kepulauan ini sudah banyak jasa yang menyewakan perlengkapan snorkeling maupun diving. Akan tetapi, pastikan Anda berada di area yang aman dan nyaman ketika ingin snorkeling atau diving agar tidak membahayakan keselamatan Anda sendiri. Sehingga wisata ke Pulau Seribu bisa menjadi pengalaman menarik sekaligus mengesankan yang tidak akan pernah terlupakan.

Comments are closed.