Ternyata Ini Rahasia Pesona Wisata Pulau Tidung yang Belum Banyak Diketahui

pulau perak
Intip Eksotisme Pulau Harapan di Jakarta, Pesona Surga Bawah Laut
July 28, 2019
4 Alasan yang Bikin Anda Harus Wisata ke Pulau Seribu
August 4, 2019
Show all

Ternyata Ini Rahasia Pesona Wisata Pulau Tidung yang Belum Banyak Diketahui

Pesona wisata Pulau Tidung tidak boleh dilewatkan ketika Anda liburan ke kepulauan seribu. Pulau Seribu sendiri merupakan salah satu kepulauan yang dimiliki oleh Jakarta di mana lokasinya berada di utara Jakarta atau yang lebih dikenal sebagai Kepulauan Seribu. Ada sekitar lebih dari 300 pulau yang ada di Kepulauan Seribu namun hanya 128 pulau yang aktif dan berpenghuni. Salah satunya adalah Pulau Tidung yang memiliki daya tarik sendiri yang patut jadi destinasi liburan Anda.

Bahkan tidak hanya menjadi buruan wisata lokal saja namun juga wisatawan mancanegara, karena Pulau Tidung menjadi salah satu spot snorkeling terbaik di Kepulauan Seribu. Nama kepulauan Seribu sendiri pastinya sudah tidak asing bagi kalangan wisatawan khususnya penduduk ibukota. Siapa sangka, kota padat penduduk ini ternyata menyimpan eksotisme pantai yang tak kalah mempesona dari pantai-pantai di Pulau Bali.

Pesona wisata Pulau Tidung tidak hanya menyimpan keindahan wisata pantai saja namun juga menyuguhkan pemandangan yang sangat eksotis. Pulau ini menawarkan keindahan bawah laut yang tak kalah keren dari wisata bahari di luar Pulau Jawa. Pulau Tidung berada di kawasan Selatan Kepulauan Seribu dan berdekatan dengan pulau Pari.

Pulau ini terdiri dari 2 pulau utama yaitu Pulau Tidung besar dan Pulau Tidung kecil. Pulau Tidung besar menjadi salah satu pulau yang berpenghuni di Kepulauan Seribu sedangkan untuk Pulau Tidung kecil merupakan salah satu pulau yang tidak berpenghuni sehingga lebih sering dijadikan sebagai spot camping.

Dengan hamparan pasir nya yang berwarna putih dan sangat cantik, keindahan Pulau Tidung memang semakin menarik dengan air lautnya yang masih jernih dan berwarna kebiruan. Sehingga memungkinkan para wisatawan untuk Menikmati keindahan bahwa air. Karena Pulau ini dihuni oleh ikan-ikan cantik yang berwarna-warni serta aneka terumbu karang yang mempesona. Yuk, ketahui lebih detail pesona wisata Pulau Tidung yang bikin siapapun ingin berlibur kesini.

Romantisme Jembatan Cinta

Ada beberapa pilihan wisata yang bisa dinikmati di Pulau Tidung, salah satunya adalah romantisme dari jembatan cinta. Jembatan ini menjadi salah satu icon dari Pulau Tidung yang berupa sebuah jembatan yang terbuat dari kayu dengan panjang kurang lebih 800 meter.

Jembatan cinta membentang menyambungkan dua pulau yaitu Pulau Tidung besar dan Pulau Tidung kecil. Melalui jembatan ini pengunjung bisa menikmati pesona wisata Pulau Tidung dengan pemandangan bawah laut seperti terumbu karang dari atas jembatan yang sangat mempesona serta berbagai ikan ikan yang berenang indah di sisi jembatan.

Jembatan cinta Pulau Tidung ini sangat ramai ketika pagi dan sore hari karena sifatnya yang bisa digunakan untuk menikmati keindahan sunrise sekaligus Sunset. Wisatawan umumnya berkumpul di jembatan ini untuk berfoto ria serta menikmati aneka macam permainan air. Ada beberapa wahana permainan yang disediakan di sekitar jembatan Cinta ini seperti Kano, sofa boat, banana boat, Jet Ski dan permainan air lainnya.

Jika menyukai sesuatu yang ekstrem Anda bisa mencoba untuk melompat dari jembatan cinta Pulau Tidung ke laut dengan ketinggian 10 meter ini. Cocok dicoba bagi Anda yang gemar kegiatan ekstrim. Dinamakan jembatan cinta, karena memang jembatan ini menjadi ikon romantisme di Pulau Tidung. Pastinya bisa menjadi spot foto yang instagramable.

Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil

Seperti yang sudah disimpan sebelumnya bahwa pesona wisata Pulau Tidung tidak terlepas dari keberadaan Pulau Tidung besar dan Pulau Tidung kecil di Pulau ini. Pulau Tidung besar menjadi pulau yang ditinggali oleh masyarakat setempat, di mana di Pulau ini Anda bisa melihat kehidupan sehari-hari masyarakat. Di Pulau ini memiliki pasir putih serta laut biru yang sangat jernih.

Namun jika Anda ingin menikmati liburan dengan suasana yang lebih beda, Anda bisa menyempatkan untuk menyebrang ke Pulau Tidung kecil. Pulau ini tidak berpenghuni dan cenderung memiliki suasana mistis. Tapi justru hal tersebut menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung yang penasaran dengan Pulau Tidung kecil.

Kemistisan dari Pulau Tidung kecil ini sebenarnya karena pulau tersebut dijadikan sebagai makam bagi warga Pulau Tidung yang meninggal dunia. Sehingga tak heran jika suasana sepi dan adanya makam memberikan kesan mistis di pulau ini.

Meskipun begitu pesona wisata Pulau Tidung kecil ini ternyata juga menyimpan kawasan konservasi hutan mangrove. Kawasan tersebut dikelola dan dijaga oleh pemerintah untuk menjaga keseimbangan alam di Pulau Tidung. Pulau Tidung kecil sering dijadikan sebagai spot untuk berkemah. Karena memang di Pulau ini masih sangat sepi dan minimum pengunjung.

Taman Nasional Bawah Laut Pulau Tidung

Pulau Tidung juga memiliki warna wisata taman bawah laut yang tak kalah indah dari pulau yang lain. Di Pulau ini pengunjung bisa menikmati aneka jenis ikan dan terumbu karang yang ada di Taman Nasional Bawah Laut. Keberadaan Taman Nasional Pulau Tidung memang menjadi daya tarik tersendiri bagi pecinta pesona bawah air.

Para pengelola wisata Pulau Tidung sendiri juga menyediakan peralatan untuk snorkeling dan menyelam. Dengan memanfaatkan fasilitas snorkeling dan diving tersebut maka para wisatawan bisa dengan leluasa melihat berbagai ikan dan terumbu karang di air yang jernih. Karena pesona wisata Pulau Tidung bawah laut Pulau Tidung di Kepulauan Seribu ini, tidak kalah cantik dan eksotis dari pulau Bali maupun Pulau Lombok.

Pulau Tidung bagaikan oasisnya Jakarta yang menyimpan aneka terumbu karang yang unik dan cantik. Jadi bagi Anda yang ingin menikmati pesona bawah air di perairan yang sangat jernih, bisa menjadikan Pulau Tidung sebagai destinasi liburan anda. Tidak perlu membawa peralatan snorkeling atau diving sendiri karena Anda bisa menyewa.

Destinasi Wisata Murah

Apa yang Anda inginkan ketika berwisata? Sebisa mungkin menghemat anggaran dana bukan? Pulau Tidung bisa menjadi alternatif destinasi wisata anda. Dibanding dengan pulau-pulau lain di Kepulauan Seribu, Pulau ini dikenal sebagai destinasi wisata murah. Akomodasi menuju pulau ini juga sangat murah, Anda bisa membuktikannya sendiri.

Apalagi saat ini banyak sekali yang menawarkan promo paket wisata murah ke Pulau Tidung. Anda hanya akan menghabiskan ratusan ribu rupiah saja untuk berwisata ke pulau cantik ini. Pesona wisata Pulau Tidung yang ditawarkan memang tidak sebanding dengan harga tiket yang sangat murah. Keindahan di utara Jakarta ini tidak boleh dilewatkan begitu saja.

Untuk menikmati keindahan pantai ala Pulau Dewata maupun Lombok, Anda bisa mendapatkannya di Kepulauan Seribu. Liburan tidak harus mahal, jika bisa berhemat kenapa tidak? Tidak harus bersusah payah nabung untuk menikmati surga tersembunyi di Indonesia, Anda bisa menikmatinya dengan anggaran terjangkau.

Yuk, rencanakan liburan Anda dan dapatkan pengalaman luar biasa dan menakjubkan dengan menikmati pesona wisata Pulau Tidung di kepulauan seribu.

Comments are closed.