Intip Eksotisme Pulau Harapan di Jakarta, Pesona Surga Bawah Laut

Wajib Tahu! Begini Tips Wisata Murah Pulau Seribu Ala Backpaker
July 25, 2019
Ternyata Ini Rahasia Pesona Wisata Pulau Tidung yang Belum Banyak Diketahui
August 1, 2019

Sepertinya eksotisme Pulau Harapan di Jakarta sudah bukan sesuatu yang asing lagi. Salah satu pulau di Kepulauan Seribu ini memang menawarkan sejuta keindahan yang sangat sayang untuk dilewatkan. Apalagi seperti yang kita ketahui bahwa Kepulauan Seribu menjadi destinasi wisata gugusan pulau favorit bagi warga ibukota. Di tengah hiruk pikuk dan kesibukan di Jakarta, kota metropolitan ini ternyata masih menyimpan segudang surga tersembunyi di utara Jakarta.

Dari sekian banyak pulau yang ada di Kepulauan Seribu, Pulau Harapan memang masih tidak sepopuler lainnya seperti Pulau Bidadari, Pulau Pramuka, Pulau Tidung atau lainnya. Namun percayalah, keindahan pantai di pulau ini dan kebersihannya tidak akan membuat pengunjung kecewa. Mulai dari panorama air lautnya yang biru jernih, berpasir putih hingga sebagai kawasan snorkeling terbaik.

Apalagi sejak tahun 2015, Pemerintah DKI Jakarta sudah menambah petugas pemungut sampah di kawasan wisata Pulau Harapan serta menempatkan tong-tong sampah di banyak sudut jalan. Bahkan di Pulau Harapan sudah memiliki tempat pengelolaan sampah sendiri. Tentu hal ini menjadi bukti kepedulian pemerintah terhadap salah satu aset berharga di Kepulauan Seribu ini.

Penasaran seperti apa eksotisme Pulau Harapan di Jakarta? Kali ini Kami akan mengulas sejarah Pulau Harapan, surga bawah lautnya hingga tips-tips untuk liburan ke Pulau Harapan. Yuk, langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini.

Sejarah Pulau Harapan di Kepulauan Seribu

Dibalik eksotisme Pulau Harapan di Jakarta, tahukah Anda, ternyata pulau ini menyimpan segudang kisah unik dibalik ditemukannya Pulau Harapan. Menurut sejumlah warga yang masih meyakini cerita dibalik pulau ini, ihwal Pulau Kelapa ada dua saudara kembar yang berasal dari Mandar, Sulawesi Selatan yang ada di perairan Kepulauan seribu.

Dua saudara tersebut akhirnya berpisah, dimana yang satu terdampar di gugusan pulau sebelah selatan dan yang satunya lagi terdampat di gugusan pulau utara. Konon, mereka menikahi warga setempat dan beranak pinak hingga saat ini. Cerita ini masih diyakini oleh sebagian besar penduduk Kepulauan Seribu. Meskipun sebenarnya tidak ada bukt secara tulis, melainkan hanya dari mulut ke mulut.

Bahkan ada juga versi cerita-cerita lain tentang Pulau Harapan di Jakarta ini, hanya saja tidak ada yang mengetahui dengan pasti awal mula ditemukannya pulau cantik ini. Selain itu, penamaan Pulau Harapan sendiri, katanya karena si pemberi nama ingin pantai di pulau ini nantinya bisa menjadi simbol pengharapan bagi para pengunjungnya. Sehingga munculah mitos bahwa jika berkunjung ke tempat ini dan memiliki harapan khusus, maka harapannya akan segera terwujud.

Terlepas dari benar atau tidaknya cerita-cerita di balik Pulau Harapan, tidak bisa dipungkiri bahwa saat ini Pulau Harapan mulai dilirik oleh wisatawan. Bahkan tidak hanya wisatawan lokal saja, melainkan wisata asing. Karena hingga saat ini, Pulau Harapan masih cukup sepi dan belum ramai pengunjung maupun penjaja makanan layaknya pulau lain di Kepulauan Seribu.

Surga Bawah Laut Pulau Harapan

Eksotisme Pulau Harapan di Jakarta tidak terlepas dari surga bawah lautnya yang tidak boleh Anda lewatkan. Karena lokasi Pulau Harapan terbilang jauh dan juga terluar, maka kondisi perairan di pantai pulau ini masih sangat terjaga dengan baik. Para pengunjung Pulau Harapan dapat menikmati aneka spesies ikan maupun terumbu karang dari atas karena memang airnya yang masih jernih.

Pulau Harapan memang menjadi salah satu destinasi wisata untuk snorkeling dan diving yang terbaik di Kepulauan Seribu. Sehingga hampir sebagian besar wisatawan datang ke pulau ini memang untuk menikmati surga bawah lautnya dengan cara snorkeling. Untuk itu, Anda bisa menjadi keindahan bawah air dari pulau ini sebagai alternatif untuk snorkeling maupun scuba diving. Hanya membutuhkan sekitar 3,5 hingga 4 jam untuk menuju tempat ini.

Saat pertama kali Anda menginjakkan kaki di pulau ini, dermaga pasir putih yang membentang indah akan menyambut Anda. Aroma laut serta tiupan angin yang menenangkan, membuat siapapun betah berlama-lama di tempat ini. Layaknya seperti berada di akuarium raksasa, dimana Anda bisa menemukan aneka ikan kecil-kecil serta berbagai biota lauut lainnya. Oleh karena itu, memang pantas jika Pulau Harapan ini menjadi salah satu destinasi liburan Anda dan melepas penat.

Sesuai dengan namanya, Pulau Harapan di Jakarta ini bertujuan untuk bisa membuat setiap pengunjungnya merasa rileks akan beban pikiran dan membangkitkan suasana hati. Pulau ini menjadi salah satu daerah pemukiman di wilayah Taman Nasional Kepulauan Seribu. Karena lokasinya yang berada di kawasan taman nasional, sehingga tak heran jika disini pengunjung bisa menemukan banyak spesies ikan dan terumbu karang.

Tips Liburan ke Pulau Harapan

Tertarik untuk menikmati eksotisme Pulau Harapan? Ada sedikit tips yang sepertinya harus Anda ketahui. Misalnya apabila Anda ingin menuju ke Pulau ini dengan menggunakan kapal motor, maka sebaiknya menggunakan obat anti mabuk karena cuaca disini sangat tidak menentuk dan kadang berombak besar. Apalagi ketika musim hujan, pastikan untuk membaca paying atau jas hujan jika tidak ingin liburan Anda terganggu.

Selain itu, ketika Anda ingin snorkeling di Pulau Harapan untuk menikmati keindahan bawah airnya, maka pastikan untuk menggunakan peralatan lengkap, misalnya fin atau kaki katak. Karena perlu diingat bahwa dasar perairan dari Pulau Harapan di Jakarta ini banyak sekali ditemukan bulu babi dan ikan batu yang beracun. Jadi sebaiknya jangan sekali-kali snorkeling tanpa fin lalu menginjak-nginjak dasaran perairan yang kita tidak pernah tahu ada apa disana.

Pulau Harapan memang termasuk pulau baru dan tidak terlalu ramai. Namun sebaiknya Anda tidak mengunjungi pulau ini saat akhir pekan atau libur panjang. Karena sudah pasti akan sangat dipadati oleh pengunjung. Jika Anda ingin mendapatkan ketenangan saat liburan ke tempat wisata ini, maka sebaiknya berlibur saat akhir pekan.

Kuliner Wisata Pulau Harapan

Di samping tips perjalanan, jika Anda berlibur ke Pulau Harapan di Jakarta yang cantik ini, pastikan untuk mencicipi kuliner seafood disini yang terkenal sangat enak. Bahkan wisatawan bisa memasak ikan yang didapatkannya langsung dari laut yang tentunya akan lebih segar. Disini ada aneka seafood yang bisa dicicipi, seperti cumi-cumi, udang atau lainnya. Pastikan untuk bertanya terlebih dahulu harga seafood yang akan Anda beli, daripada Anda terkena praktik nakal penjual setempat.

Terakhir, Pulau Harapan ini tergolong sebagai pulau terluar dan paling jauh dari Jakarta. Sehingga untuk menuju ke pulau ini biasanya Anda akan menggunakan kapal atau speedboat. Jika ingin menggunakan kapal penumpang, maka Anda bisa naik dari Muara Angke dengan tarif Rp 40.000 untuk 3 jam perjalanan. Namun jika ingin lebih cepat, bisa menggunakan speedboat dengan harga tiket lebih mahal, yaitu Rp 500.000 (pulang pergi) untuk 1,5 jam.

Yuk, jadikan eksotisme Pulau Harapan di Jakarta sebagai salah satu destinasi wajib untuk liburan Anda bersama teman-teman atau keluarga. Semoga informasi diatas bermanfaat.

Comments are closed.