6 Kegiatan Seru di Kepulauan Seribu yang Serasa Wisata di Maldives

Intip Beragam Keindahan Laut dengan Snorkeling di Pulau Seribu
August 24, 2019
tour pulau pari
7 Hal Menarik di Pulau Pari yang Bikin Betah Bertualang
September 25, 2019

Bingung mau ke mana liburan Idul Fitri ini? Maka menghabiskan waktu dengan melakukan berbagai kegiatan seru di Kepulauan Seribu adalah pilihan yang tepat. Apalagi jika Anda adalah warga ibukota Jakarta, memilih tempat liburan tentu harus memiliki pertimbangan lokasi dan jarak. Untuk itulah, Kepulauan Seribu yang merupakan gugusan pulau di teluk Jakarta ini, jadi tempat wisata rekomendasi.

Membentang seluas 8,70 kilometer persegi, pesona Kepulauan Seribu cukup populer. Meskipun mungkin di tingkat global masih kalah jauh dari Bali, Anda dijamin tidak akan kecewa saat datang. Bahkan ternyata ada banyak hal yang bisa Anda lakukan di kepulauan yang terdiri dari sedikitnya 105 pulau karang ini. Karena memanjakan mata dan bikin susah lupa, pesona Kepulauan Seribu tak kalah dari Maldives.

Seperti yang sudah diketahui, Maldives dianggap sebagai salah satu gugusan kepulauan terindah di dunia. Dan kini jika Anda ingin menikmati keindahan negara tropis dengan pemandangan lautan yang memanjakan mata, tak perlu jauh-jauh ke Maldives sana. Tinggal lakukan saja beberapa kegiatan seru di Kepulauan Seribu berikut ini, yang akan membawa Anda bahagia dan terpesona serasa liburan di Maldives.

Santai di Cottage Instagrammable yang Termasuk kegiatan seru di Kepulauan Seribu

Tempat terbaik untuk menikmati keindahan air laut sejernih kristal di Maldives adalah pada villa-villa apung dengan tarif mahal itu. Ingin merasakan hal yang sama? Tak perlu jauh-jauh pergi ke Maldives. Anda bisa langsung berkunjung ke pulau Ayer yang dijuluki sebagai Mutiara Kepulauan Seribu. Pulau yang bisa ditempuh dalam waktu 30 menit menggunakan kapal motor dari Ancol ini menawarkan cottage Instagrammable.

Terapung di atas laut dan terhubung oleh jembatan kayu, pemandangan di cottage pulau Ayer ini benar-benar memanjakan mata. Bergaya etnik Papua, pondok-pondok cantik ini adalah kebanggaan Ayer. Tak heran kalau semasa hidupnya, mendiang Presiden Soekarno pernah mengajak mantan Presiden Yugoslavia, Josip Broz Tito dan mantan Sekjen PBB, U Nu, untuk berkunjung ke tempat istirahat pribadinya di pulau Ayer.

Habiskan Waktu Bersama Ikan Hiu

Salah satu aktivitas paling diburu turis saat ke Maldives adalah berenang dan menyelam dengan hiu. Lagi-lagi Anda tak perlu ke Maldives untuk bisa merasakannya, karena salah satu kegiatan seru di Kepulauan Seribu adalah menghabiskan waktu bersama hiu. Tidak jauh dari pulau Pramuka, ada tempat penangkaran hiu. Anda bisa melihat hiu berenang ke sana ke mari dari jarak yang sangat dekat sekaligus memberinya makan.

Tak perlu takut akan disantap, karena hiu-hiu di tempat penangkaran ini sangatlah jinak dan bisa diajak bermain. Selain bermesraan dengan hiu, Anda pun bisa menikmati aneka kuliner lezat dan sunset super cantik di pulau Pramuka. Tak heran kalau akhirnya pusat pemerintahan Kabupaten Administrasi Kepulauan Seribu, ada di pulau Pramuka yang memang paling ramai dikunjungi wisatawan.

Memancing Ikan-Ikan Laut Istimewa

Termasuk hobi memancing? Maka kegiatan seru di Kepulauan Seribu ini tidak akan membuat Anda bosan. Banyak sekali lokasi-lokasi memancing ikan laut yang bisa Anda temukan di tempat ini. Berbagai ikan laut pun berpeluang Anda tangkap mulai dari tenggiri, kakap merah, kerapu, kuwe gerong/belitong hingga cakalang! Namun jika ingin memancing ikan-ikan laut istimewa itu, Anda harus tahu waktu yang tepat.

Sekitar bulan Maret-September diyakini sebagai waktu yang tepat untuk memancing di Kepulauan Seribu. Akan ada banyak karang dangkal, karang dalam hingga rumpon yang bisa jadi lokasi berburu.

Menikmati Surga Bawah Laut

Semua orang setuju bahwa biota bawah laut Maldives benar-benar sangat cantik. Namun Kepulauan Seribu juga tidak kalah memiliki surga bawah laut yang memanjakan mata. Untuk itulah, snorkeling serta diving merupakan kegiatan seru di Kepulauan Seribu yang sangat wajib Anda lakukan. Tidak sempurna rasanya liburan ke pulau tropis tanpa menikmati panorama bawah air, karena itu Anda harus melakukannya.

Bukan hanya di satu tempat, ada banyak pulau di Kepulauan Seribu yang bisa jadi tempat menyelam atau sekadar snorkeling. Ada pulau Payung di dekat pulau Tidung yang sempat jadi primadona, tapi mulai ditinggalkan karena banyak koral rusak lantaran jangkar kapal. Atau mungkin Anda bisa berpindah ke pulau Semak Daun dengan ombak yang tenang serta air sangat jernih sehingga kecantikan bawah airnya tampak jelas.

Pulau lain dengan pemandangan bawah laut eksotis yang bisa Anda kunjungi adalah pulau Gosong Perak dan pulau Kayu Angin Genteng. Sementara jika Anda ingin lebih lanjut menikmati keindahan samudera sembari menyelam, maka pulau Patondan Timur bisa jadi pertimbangan utama. Bagaimana dengan penyelam pemula? Pulau Sepa adalah pilihan terbaik dengan hamparan pasir putih dan air laut yang bening.

Uji Keberanian di Jembatan Cinta

Meskipun pemandangan pantai dan keindahan bawah laut adalah daya tarik utama, ada satu kegiatan seru di Kepulauan Seribu yang wajib Anda lakukan, terutama yang suka dengan tantangan. Kegiatan itu adalah melompat dari jembatan paling ikonik di pulau Tidung, Jembatan Cinta. Sebetulnya Jembatan Cinta ini adalah penghubung pulau Tidung Besar dan pulau Tidung Kecil yang kini jadi atraksi wisata.

Kendati namanya melompat, Anda tidak perlu takut karena tinggi Jembatan Cinta ini hanyalah enam meter saja. Coba lawan rasa takut Anda dengan melompat dari jembatan ke laut biru nan cantik di bawahnya. Alih-alih kapok, banyak wisatawan yang memberanikan diri melompati jembatan justru jadi ketagihan. Anda pun tak perlu khawatir karena ada pemandu yang senantiasa menemani.

Dan bicara soal aksi melompat ini, jelas tak lengkap rasanya tanpa informasi soal Jembatan Cinta. Sebutan itu sendiri konon bersumber dari masyarakat di pulau Tidung sendiri. Konon katanya jembatan ini dulu ada sepasang kekasih yang saling mencintai, bertemu di jembatan ini. Tak heran kalau akhirnya diberi nama Jembatan Cinta.

Berjalan Menyaksikan Sunset Termasuk kegiatan seru di Kepulauan Seribu

Tak ingin terlalu lelah berlibur ke Kepulauan Seribu? Maka berjalan sembari menikmati alam adalah pilihan terbaik. Hal ini bisa terwujud karena setiap pulau berpenghuni di Kepulauan Seribu punya pemandangan alam yang memanjakan mata. Entah sekadar berjalan, bersepeda atau mungkin hiking di setiap bukit bisa Anda lakukan sambil merasakan kesegaran angin pantai atau menikmati lautan biru super cantik.

Jika tubuh mulai terasa lelah, Anda pun bisa bersantai sejenak sambil menikmati pemandangan spektakuler, matahari terbenam alias sunset di Kepulauan Seribu. Setidaknya ada dua pulau utama yang bisa Anda pilih seperti pulau Pramuka atau pulau Tidung untuk melakukan aktivitas jalan-jalan atau bersepeda tersebut.

Nah, bagaimana? Tidak kalah seru dibandingkan berlibur ke Maldives bukan? Untuk itulah daripada Anda jauh-jauh pergi ke Samudera Hindia sana, langsung saja ke lepas pantai utara Jakarta saja. Karena ada banyak sekali kegiatan seru di Kepulauan Seribu yang bisa Anda lakukan untuk menikmati liburan.

Comments are closed.