snorkling pulau sepa
6 Kegiatan Seru di Kepulauan Seribu yang Serasa Wisata di Maldives
September 23, 2019
liburan pulau harapan
Inilah Pesona Pulau Harapan di Kepulauan Seribu yang Tidak Dipunyai Pulau Lainnya
October 8, 2019

Dari banyaknya tempat wisata di Kepulauan Seribu, berbagai hal menarik di Pulau Pari justru mampu menarik perhatian turis untuk datang berkunjung. Memang jika dibandingkan pulau Tidung atau pulau Pramuka, nama pulau Pari masih kalah populer. Namun dalam perkembangannya, jumlah wisatawan yang datang ke pulau Pari terus menunjukkan tren peningkatan yang memuaskan.

Hal ini sendiri tak lepas dari kondisi pulau-pulau populer di Kepulauan Seribu yang semakin kotor lantaran buruknya pemahaman kebersihan lingkungan di kalangan wisatawan dan warga setempat. Untuk itulah alternatif pulau yang masih bersih membuat pulau Pari mulai dikenal banyak orang. Berada di lokasi yang tidak terlalu jauh dari Tidung dan Pramuka, pulau Pari juga bisa diakses dari Dermaga Marina, Ancol.

Memiliki pesona pantai yang perawan dengan hamparan pasir berwarna putih, menjadikan pulau Pari sangat eksotis. Untuk itulah bagi Anda yang memang hobi bertualang, berkunjung ke pulau yang memiliki bentuk bak ikan pari ini adalah pilihan tepat kala liburan di Kepulauan Seribu. Dan berikut ini adalah berbagai hal menarik di Pulau Pari yang bisa jadi pilihan Anda.

Menikmati Surga Bawah Laut di Pulau Pari

Sebagai bagian dari salah satu gugusan pulau tropis terindah di Indonesia, pulau Pari jelas dikaruniai biota bawah laut yang indah dan jernih. Bagi Anda yang pemula, bisa mencoba melakukan akitivitas snorkeling. Namun bagi Anda yang sudah profesional, scuba diving adalah olahraga favorit saat berada di pulau Pari. Untuk snorkeling, lokasi paling favorit adalah di pulau Tikus yang memiliki banyak ikan-ikan kecil nan lucu.bawah laut pulau pari

Sementara bagi Anda yang ingin menyelam, bisa melakukannya di pulau Burung atau Kapal Karam yang ada di dekat dermaga, hal ini menabah hal menarik di pulau Pari. Hamparan terumbu karang keras dan lunak serta aneka biota laut bisa membuat Anda cukup bahagia saat ada di dasar samudera. Meskipun memang kekayaan biota lautnya tidak selengkap taman laut kawasan Indonesia Timur, keindahan surga bawah laut pulau Pari sudah bikin puas.

Dengan Perahu Jelajahi Hutan Mangrove

Bukan hanya pulau Tidung Kecil saja yang jadi kawasan konservasi hutan mangrove. Karena rupanya pulau Pari juga memiliki area tersebut dan jadi salah satu hal menarik di Pulau Pari yang wajib Anda lakukan. Demi memuaskan hasrat bertualang, Anda bisa menyewa perahu dayung yang bisa Anda gunakan untuk menelusuri hutan bakau yang cukup lebat dan rimbun tersebut.sunrise pulau pari

Menurut warga setempat, rimbunnya hutan bakau di pulau Pari memiliki berbagai tujuan mulia. Misalkan saja menahan abrasi pantai dan menahan laju ombak besar yang datang dari lautan lepas. Hamparan mangrove yang ada di pulau Pari ini akhirnya menjadikannya sebagai lokasi bertualang favorit bagi wisatawan baik domestik atau mancanegara, saat berkunjung ke pulau Pari.

Keseruan Main Air di Pantai Pasir Perawan

Tak lengkap rasanya bertualang di pulau Pari tanpa menikmati aneka olahraga air alias watersport. Setidaknya ada dua obyek wisata pantai populer di Pari seperti pantai Kresek dan Pasir Perawan. Namun untuk olahraga air, saat ini pantai Pasir Perawan memang jadi tujuan favorit para turis. Beberapa watersport yang bisa Anda pilih seperti banana boat, jetsky, sofa boat, donat boat dan kano.pantai pulau pari

Hanya saja wajib diingat, untuk menikmati aneka permainan air itu Anda harus mengeluarkan biaya tertentu sesuai tarif yang ditetapkan warga setempat. Meskipun begitu kabarnya tarif masih sangat terjangkau, yakni mulai Rp 35 ribu/orang untuk sekali permainan. Ingat jangan lupa untuk tetap menjaga kebersihan saat bermain watersport, agar keindahan laut dan hal menarik di pulau Pari tetap terjaga.

Keliling Pulau Pari Dengan Sepeda

Ingin menikmati hal menarik di pulau Pari yang tidak berhubungan dengan air? Maka bersepeda adalah pilihan terbaik. Dengan jarak tempuh sekitar 1,5 sampai 2 kilometer, Anda bisa bertualang menikmati sudut-sudut pulau Pari sambil berolahraga. Tenang saja, ada banyak persewaan sepeda yang disediakan oleh warga setempat demi memenuhi keinginan bersepeda para turis yang tidak membawa sepeda sendiri.

Tak perlu khawatir dengan udara panas terik yang menyengat, karena pantai-pantai di pulau Pari terkenal cukup riuh dan teduh lantaran banyak pohon rimbun. Ketika dirasa sudah lelah bersepeda, Anda bisa istirahat sejenak di pondok-pondok tepi pantai sambil meminum es kelapa muda. Kalau ingin udara masih segar, ada baiknya bersepeda di pagi hari ketika matahari baru saja terbit.

Berburu Foto di Spot-Spot Cantik

Berada di kawasan paling utara dalam gugusan Kepulauan Seribu, tak heran kalau kualitas air di pulau Pari masih relatif jernih dan lebih baik daripada pulau-pulau lainnya. Hal inilah yang akhirnya membuat pulau Pari menjadi destinasi wajib berburu foto bagi para fotografer, entah profesional atau amatir. Salah satu titik terbaik untuk memotret keanggunan dan hal menarik di pulau Pari adalah di dermaga Bukit Matahari.sunset pulau pari

Pada dermaga tersebut, Anda bisa menjadi saksi betapa seksinya pemandangan matahari terbenam di pulau Pari. Selain di dermaga Bukit Matahari, tempat favorit lain untuk melihat cantiknya matahari terbenam di pulau Pari adalah di pantai Lipi dan pantai Bintang. Namun tetap, entah Anda mau heboh selfie atau foto pemandangan, tetap selalu ingat untuk membuang sampah pada tempatnya.

Melatih Kesabaran Lewat Memancing

Memancing bisa jadi salah satu hal menarik di pulau Pari yang banyak dilakukan petualang. Lewat memancing, Anda bisa melatih kesabaran sambil menikmati hamparan permukaan air laut yang biru jernih bak kristal itu. Tak heran kalau akhirnya banyak komunitas memancing yang datang ke pulau Pari hanya sekadar untuk menyalurkan hobi memancing sembari menikmati keindahan yang jadi ciri khas perairan pulau Pari.

Sebagai kawasan yang jernih, banyak tangkapan menarik yang bisa Anda peroleh. Beberapa di antaranya seperti ikan kakap merah dan ikan tengiri. Namun kalau Anda memiliki cukup banyak kesabaran, bukan tak mungkin bisa memperoleh ikan barakuda atau yang dijuluki ikan alu-alu oleh warga Kepulauan Seribu. Hanya saja untuk bisa menangkap ikan barakuda yang super cepat, butuh teknik dan umpan tertentu.

Berenang di Lautan Pulau Pari

Anda bisa berenang di pantai Pasir Perawan yang masih sangat alami dengan hamparan pasir putih seluas 500 meter itu. Arus pantai yang begitu ramah membuat siapapun bisa berenang santai, termasuk anak kecil. Saat sudah puas berenang, Anda bisa menelusuri laguna di utara pulau yang saat laut surut, bisa jadi daratan pasir putih dengan genangan-genangan yang kadang berisi bintang laut atau ikan-ikan kecil.snorkling pulau pari

Bagaimana? Beberapa hal yang sudah dibahas di atas benar-benar memanjakan para petualang yang datang ke pulau Pari, bukan? Untuk itulah bagi Anda yang sedang berlibur ke Kepulauan Seribu, jangan lewatkan berbagai hal menarik di pulau Pari yang tentu bikin momen liburan Anda semakin susah dilupakan.

Comments are closed.