Beberapa Wisata Alam Pulau Seribu, Destinasi Wajib Dikunjungi Saat Liburan
August 15, 2019
Intip Beragam Keindahan Laut dengan Snorkeling di Pulau Seribu
August 24, 2019
Show all

Destinasi Wisata Pulau Seribu Terbaik Murah dan Indah

kep seribu jakarta

Wisata Kepulauan Seribu Jakarta terbaik pastinya sedang diincar oleh banyak orang, terutama mereka yang telah lelah mengisi waktunya setiap saat untuk bekerja. Mengingat bahwa sebentar kagi akan hadir libur yang cukup panjang, yakni libur Hari Raya Idul Fitri yang biasanya berdurasi cukup panjang, dan sayang sekali jika hanya diisi dengan diam di rumah saja.

Kepulauan seribu merupakan nama dari gugusan kepulauan yang dijadikan kawasan pelestarian alam laut yang terletak sekitar 45 kilometer di sebelah utara kota Jakarta. Hingga saat ini belum ada data pasti mengenai jumlah pulau yang tergabung dalam gugusan Kepulauan Seribu. Dalam website pemerintah Jakarta disebutkan bahwa jumlah pulau di Kepulauan Seribu terdapat 110, 128 hingga 342 pulau.

Pulau-pulau yang berada di destinasi Wisata Kepulauan Seribu Jakarta tersebut terdiri dari pulau yang berpasir, hingga pulau yang penuh dihiasi terumbu karang. Untuk bisa menyebrangi pulau ke pulau yang lainnya, Anda hanya memerlukan waktu sekitar 1-2 jam saja, kadang bahkan bervariasi karena tergantung pada jenis kapal yang Anda gunakan untuk menyebrang dari pulau ke pulau tersebut.

Untuk warga Jakarta ada alternative yang cukup banyak, yakni bisa menyebrang dari Pelabuhan Marina Ancol, Dermaga Pantai Mutiara, Muara Angke atau Pantai Tanjung Pasir. Untuk Pelabuhan Marina Ancol dan Dermaga Pantai Mutiara, Anda harus memiliki isi kantong yang lebih padat karena fasilitas yang disediakan di sana lebih memadai.

Selain kondisi dermaga yang bersih dan jauh dari kata kumuh, kapal yang digunakan untuk menyebrang pun masih bagus dan dalam keadaan yang baik. berbeda dengan dermaga yang lainnya, di sana menggunakan kapal milik penduduk setempat. Berikut ini ada beberapa pulau di Kepulauan Seribu yang wajib Anda kunjungi karena murah dan indah.

Pulau Untung Jawa Surganya Para Penikmat Water Sport

Penyebrangan menuju salah satu pulau di tempat Wisata Kepulauan seribu Jakarta ini akan lebih dekat jika dilakukan melalui Pantai Tanjung Pasir yang kini telah sangat indah untuk dinikmati, waktu tempuh untuk menyebrang dengan kapal yang memiliki ukuran sedang ini kurang lebih 15 menit saja. Harga kapalnya pun masih sangat murah, karena sangat dekat.pulau Untung jawa

 

Anda dapat bermain di Untung Jawa ini sehari full tanpa harus menginap di sana. Kapal akan menjemput maksimal hingga pukul 5 sore. Ketika tiba di sebuah dermaga, Anda akan menemukan kemeriahan para wisatawan lokal mulai dari dewasa hingga anak-anak yang tengah menikmati wisata air yang telah tersedia seperti Snorkeling, Banana boat, dan masih banyak lagi.

Lihat Penyu dan Hiu di Pulau Pramuka

Wisata Pulau Seribu terbaik namun tetap memiliki harga yang terjangkau selanjutnya ialah Pulau Pramuka. Pulau Pramuka dikenal sebagai pulau yang memiliki keindahan laut dan pelestarian keanekaragaman hayati biota laut dan mangrove yang masih sangat terjaga. Lautnya masih bersih dan memiliki warna biru alami, di dalamnya terdapat banyak sekali aneka hayati yang unik.penyu pulau pramuka

Laut yang terdapat di sekitar tepi pulau Pramuka tidak terlalu dalam bahkan terbilang sangat dangkal sehingga para pengunjung dapat melihat aneka macam batu koral, rumput laut, dan ikan-ikan kecil yang lucu dan unik sedang berenang ke sana kemari. Tidak hanya itu, di sini juga terdapat pembudidayaan penyu tepatnya dibelakang pulau ini.

Di Pulau Pramuka dengan mudah Anda bisa menemukan banyak kapal nelayan yang bersedia untuk menjadi transportasi berkeliling dari satu pulau ke pulau di Wisata Kepulauan Seribu Jakarta yang lainnya atau bisa juga Anda gunakan untuk mengunjungi penangkaran hiu yang terletak tidak jauh dari Pulau Pramuka ini. Soal harga? Tidak perlu ditanya lagi karena harganya masih terhitung ramah kantong.

Menikmati Laut Bening di Pulau Pari

Konon bentuk pulau ini jika dilihat dari foto yang diambil dari udara nampak seperti bentuk ikan pari, maka dari itu pulau ini di juluki dengan sebutan Pulau Pari. Pulau Pari ini memiliki pemandangan yang sangat bersih. Selain itu, kondisi pulau ini pun masih sangat alami ditambah penduduk di sini sangat ramah.pantai pulau pari

Tidak heran jika siapapun yang berkunjung ke salah satu tempat Wisata Kepualauan Seribu Jakarta ini merasa betah ingin berlama-lama di tempat ini. Pulau Pari memiliki luas sekitar 43 hektare dengan jumlah populasi penduduk sektar 700 jiwa. Pulau ini memang tidak seramai Pulau Pramuka ataupun pulau lainnya yang terdapat di Kepulauan Seribu.

Namun, suasana sepi dan masih sepi ini memberikan kesan yang lebih alami bagi para wisatawan yang berkunjung. Untuk Anda yang sudah bosan dengan keramaian perkotaan, tempat ini sangat cocok untuk Anda kunjungi. Di sini Anda dapat menenangkan diri dan pikiran sambil menikmati keindahan ciptaan Tuhan yang disajikan di sana.

Nikmati Suasana Camping yang Menyenangkan di Pulau Semak Daun

Destinasi wisata Pulau Seribu terbaik yang menjadi tujuan favorit para travller dengan isi kantong pas-pasan ialah Pulau Semak Daun. Di sini tidak disediakan penginapan atau homestay karena di sini tidak terdapat pemukiman penduduk. Maka dari itu Anda harus membawa tenda sendiri jika ingin menginap di Pulau Semak Daun.

Namun, karena banyaknya wisatawan yang kini mulai berdatangan mengunjungi pulau tersebut memberikan ide bagi sebagian orang untuk menyediakan penyewaan tenda di sana. Penyewaan tenda tersebut disediakan oleh pihak bumi perkemahan. Namun, jika Anda ingin lebih menghemat biaya maka lebih disarankan untuk membawa tenda dan perlengkapan kamping lainnya sendiri dari rumah.

Mengenang Sejarah Indonesia Lebih Dekat di Pulau Onrust

Bagi Anda yang berlibur ke Pulau Onrust, selain dapat menikmati suasana sunyi yang disajikan oleh pulau berwisata air, Anda juga bisa sekali gus mempelajari sejarah. Mengapa? Karena di Pulau Onrust terdapat sebuah benteng yang merupakan warisan dari Belanda yang hingga kini masih tegak berdiri di pulau itu.

Pada awalnya, pulau ini digunakan sebagai tempat untuk membuat galangan kapal yang telah rusah milik VOC. Namun setelah itu dibangun hingga menjadi sebuah pertahnan dari serangan Inggris. Wisatawan masih bisa menikmati indahnya benteng dan rumah yang kini dijadikan sebagai museum di pulau itu dengan jelas. Walaupun beberapa kali sempat hancur karena perang dan penjarahan besar-besaran,

Snorkeling Menikmati Keindahan Alam Laut di Pulau Harapan

Pulau Harapan juga merupakan sebuah destinasi Wisata Kepulauan Seribu Jakarta yang cocok dikunjungi bagi Anda yang memiliki isi kantong pas-pasan. Walaupun murah tapi tentu tidak murahan. Pulau ini menyajikan keindahan alam yang bisa memancing semua banyak kalangan masyarakat untuk mengunjungi dan menikmati pesona alam yang disajikan oleh tempat yang satu ini.snorkling pulau sepa

Pulau ini terletak cukup jauh dari daratan Jakarta jika dibandingkan dengan Pulau Tidung atau Pulau Pramuka, namun Wisata Pulau Harapan merupakan salah satu pulau yang memiliki spot snorkeling yang paling indah di antara Kepulauan Seribu. Selain itu, beberapa Wisata Kepulauan Seribu Jakarta terbaik tak berpenghuni memiliki daya tarik tersendiri untuk dikunjungi karena memiliki hamparan pasir putih.

Comments are closed.