Inilah Pesona Pulau Harapan di Kepulauan Seribu yang Tidak Dipunyai Pulau Lainnya

tour pulau pari
7 Hal Menarik di Pulau Pari yang Bikin Betah Bertualang
September 25, 2019
pulau macan kepulauan seribu
Jumlah Pengunjung Dibatasi, Intip Liburan Ekslusif di Pulau Macan Kepulauan Seribu
November 17, 2019

Pesona Pulau Harapan di Kepulauan Seribu nampaknya sukses telah membuat banyak wisatawan asing maupun lokal tertarik untuk mengunjunginya. Apakah Anda merasa asing mendengar nama pulau yang berada di kepulaun seribu tersebut atau justru Anda sudah pernah mengunjungi pulau tersebut? Bagi Anda yang belum pernah atau baru saja mendengar Pulau Harapan, informasinya dapat Anda simak dalam artikel ini.

Sudah bukan rahasia lagi jika Kepulauan Seribu meruapkan destinasi wisata yang menawarkan berbagai keindahan bak surga. Terdapat banyak sekali pulau yang membentang indah pada gugusan Kepulauan Seribu. Keindahan yang ditawarkan tersebut seperti bentangan pasir putih pada pulau, air pantai yang jernih dengan warna hijau toska sehingga membuat pemandangan bawah laut bisa Anda nikmati tanpa harus menyelam.

Berbicara mengenai keindahan alam pada Kepulauan Seribu tidak akan ada habisnya termasuk kegiatan snorkeling yang begitu menakjubkan. Selain Pulau Pramuka, Pari atau Tidung, Pulau ini telah menjadi tujuan wisata bersama keluarga, teman, saudara atau pasangan Anda karena pesona Pulau Harapan di Kepulauan Seribu yang begitu indah. Pulau Harapan akan memberikan Anda pesona kecantikan alamnya.

Penduduk di Pulau Harapan

Pulau Harapan dulu memiliki nama Pulau Pelemparan karena menjadi tujuan relokasi serta transmigrasi. Kepemilikan tanah pada pulau tersebut merupakan tanah adat dan juga milik pemerintah daerah. Fasilitas transportasi kawasan pulau ini didukung dengan jalan paving block serta beton yang dibangun dengan reklamasi menghubungkan Pulau Kelapa dan Pulau Harapan. Pengunjung bisa berkelilng dengan berjalan kaki atau menggunakan sepeda untuk menikmati Pesona Pulau Harapan ini.

Pulau Harapan merupakan salah satu pulau yang berada di kepulauan Seribu yang terletak di Kelurahan Pulau Seribu, Kecamatan Kepulauan Seribu, DKI Jakarta.  Pulau tersebut mempunyai luas kurang lebih 6,7 hektar dan sangat padat dengan pemukiman penduduk. Adapun jumlah penduduk pada Pulau Harapan yakni sekitar 2.205 jiwa. Terdapat berbagai pulau kecil tidak berpenghuni yang berada pada pulau ini.

Mayoritas penduduk dari Pulau Harapan yakni para pendatang yang berasal dari pulau lainnya di Kepulauan Seribu seperti Pulau Kelapa. Terdapat berbagai suku yang ada pada pulau tersebut diantaranya suku betawi, bugis, Jawa dan mandar. Agama yang dianut penduduk setempat ialah agama islam serta mayoritas penduduk memiliki mata pencaharian sebagai nelayan dan budidaya.

Pengelolaan sektor wisata pada Pulau Harapan berbasis penduduk sehingga banyak sekali fasilitas liburan yang disesiakn masyarakata secara mandiri diantaranya seperti penginapan dengan konsep homestay, penyewaan alat-alat dan perahu untuk kegiatan snorkeling, tempat-tempat makan, agen wisata dan lain sebagainya. Dengan destinasi wisata tersebut perekonomian penduduk semakin meningkat.

Akses Menuju Pulau Harapan

Pesona Pulau Harapan di Kepulauan Seribu memiiki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan baik lokal maupun asing. Walaupun demikian, pulau tersebut belum cukup populer di kalangan wisatawan asing maupun lokal. Salah satu alasan yang mendasari itu karena jarak pulau yang cukup jauh dengan Jakarta. Untuk menuju Pulau Harapan akesenya sama dengan pulau lain di yakni melalui Pelabuhan Muara Angke.

Untuk sampai ke pulau ini membutuhkan waktu sekitar 3 hingga 3,5 jam dari Pelabuhan Muara Angke dengan kapal penumpang tradisional. Kapal penumpang tersebut berangkat dari Pelabuhan Muara Angke pada pukul 08.00 WIB. Oleh sebab itu, pastikan Anda tidak terlambat datang ke pelabuhan jika tak mau ditinggal dan harus menunggu keesokan harinya untuk dapat menaiki kapal tersebut.

Jika Anda tidak ingin berlama-lama diatas kapal, terdapat alternatif lainnya yang bisa Anda gunakan yaitu menggunakan speedboat melalui Pelabuhan Marina Ancol. Dengan menggunakan alternatif tersebut, Anda hanya butuh waktu sekitar 1 jam saja untuk sampai ketujuan dan menikmati keindahan Pesona Pulau Harapan. Hal tersebut tentunya akan memaksa Anda untuk mengeluarkan uang lebih banyak jika dibandingkan dengan menyewa kapal penumpang.

Jika Anda menggunakan speedboat pada Pelabuhan Marina Ancol maka akan mendapatkan kenyamanan yang sebanding dengan biaya yang Anda keluarkan sehingga biaya tersebut tak akan menjadi masalah. Kenyamanan yng bisa Anda dapatkan seperti ruang kapal yang berAC sehingga perjalanan Anda sedikit menyenangkan jika dibandingkan menggunakan kapal penumpang yang harus berebut tempat duduk jika hari libur tiba.

Kelebihan Pesona Pulau Harapan Dibandingkan Pulau Lainnya di Kepulauan Seribu

Para wisatawan yang telah berkunjung tak jarang yang mengatakan bahwa Pulau Harapan di Kepulauan Seribu lebih indah dibandingkan dengan pulau lainnya seperti Pulau Tidung dan Pari. Pulau Harapan kerap kali dijadikan tempat transit oleh para wisatawan yang hendak melanjutkan wisata di pulau sekitr pulau ini seperti Pulau Macan, Biara, Papatheo, Opak, Melinjo dan pulau lainnya.

Pulau Harapan merupakan pulau berpenghuni yang mampu mewujudkan harapan setiap wisatawan yang berkunjung. Penduduk dari pulau tersebut cukup banyak sehingga pemerintah DKI Jakarta memberikan sarana dan prasarana sebagai fasilitas pendukung untuk semua penduduk yang berada di pulau ini seperti tempat kesehatan, kantor polisi, sekolah-sekolah dan juga pemakaman umum.

Terdapat banyak sekali pulau-pulau kecil yang bisa Anda kunjungi di Pulau Harapan yang tidak ditemui pada pulau lainnya di Kepulauan Seribu. Selain itu, tersedia banyak sekali tempat yang bisa dijadikan untuk snorkeling. Air pantai dengan banyak gradasi warna akan Nampak lebih cantik, tenang dan sangat jernih memungkinkan Anda bisa melihat keindahan bawah laut dengan sangat jelas.

Yang membuat Pulau Harapan berbeda dengan pulau lainnya yakni terdapat Pulau Gosong yang ada disekitar. Pulau Gosong tersebut menjadi pelengkap keindahan dari Pulau Harapan itu sendiri. Keindahan akan pesona Pulau Harapan di kepulauan Seribu telah menjadi tujuan wisata yang ingin mendapatkan rasa tenang dan rasa santai yang lebih untuk menghilangkan penat dari aktivitas sehari-hari.

Tips Wisata di Pulau Harapan

Jika Anda memiliki biaya yang lebih maka bisa mengambil alternative perjalanan melalui Pelabuhan Marina Ancol menggunakan speedboat karena waktu tempuh akan lebih serta kenyamanan lebih yang tidak Anda dapatkan dari kapal penumpang. Namun jika anggaran yang Anda miliki sangatlah terbatas maka Anda bisa melaui Pelabuhan Muara Angke yang banyak dikeluhkan oleh wisatawan.

Jika Anda hendak berwisata dan menikmati keindahan Pesona Pulau Harapan, maka jangan lupakan membawa SPF yang bisa Anda gunakan saat akan berenang dan sekedar berjemur di bibir pantai pada siang hari. Cuaca yang ada di Pulau Harapan ketika Anda berkunjung pada musim kemarau maka matahari cukup panas dan menyengat kulit. Oleh sebab itu, untuk meminimalisir kulit terbakar maka jangan pernah lupa membawa SPF.

Demikian informasi terkait dengan wisata ke Pulau Harapan. Anda tidak akan menyesal dan akan mendapatkan pengalaman wisata yang tak terlupakan saat berkunjung ke pulau tersebut. Jangan lupa untuk ajak keluarga, teman, saudara atau pasangan Anda untuk menikmati pesona Pulau Harapan di kepulauan Seribu yang begitu indah dan istimewa.

Comments are closed.