Bak Milik Pribadi, Inilah 5 Pulau Paling Sepi di Kepulauan Seribu

pulau macan kepulauan seribu
Jumlah Pengunjung Dibatasi, Intip Liburan Ekslusif di Pulau Macan Kepulauan Seribu
November 17, 2019
pantai pulau seribu
Pantai Terbaik di Kepulauan Seribu yang Wajib Dikunjungi
December 2, 2019

Menemukan destinasi wisata pulau paling sepi di Indonesia sebetulnya bukanlah hal sulit. Sebagai negara kepulauan, masih banyak sekali pulau-pulau tak berpenghuni di Nusantara yang memiliki pemandangan super indah. Namun bagi Anda terutama warga ibukota Jakarta yang ingin ke pulau tropis indah tanpa jauh-jauh ke Bali, maka Kepulauan Seribu adalah jawabannya.

Terdiri dari sedikitnya 105 pulau-pulau Karang, gugusan Kepulauan Seribu ternyata hanya belasan pulau saja yang dihuni. Hal ini membuat puluhan pulau lainnya jelas tak berpenghuni dan jelas-jelas masih perawan. Untuk itulah banyak wisatawan yang sudah bosan dengan ramai dan kotornya pulau Tidung atau pulau Pramuka, kadang mencari alternatif pulau lain saat ke Kepulauan Seribu.

Beruntung, ternyata ada beberapa pulau paling sepi di Kepulauan Seribu yang dikaruniai panorama indah. Sehingga bagi Anda yang ingin mencari ketenangan liburan pantai bak milik pribadi, beberapa pulau berikut yang bakal kami ulas layak dijadikan pertimbangan. Namun patut diingat, karena masih relatif sepi, jelas fasilitas pendukung di pulau-pulau ini mungkin tak selengkap pulau-pulau populer lainnya di Kepulauan Seribu.

Menikmati Eksostisme Pulau Sepa

pulau sepa kepulauan seribu

Memiliki julukan sebagai salah satu pantai dengan pasir terbaik di Kepulauan Seribu, membuat banyak wisatawan memilih berlibur ke pulau Sepa. Belum lagi suasananya yang tidak seramai Tidung, Pramuka, Harapan atau Bidadari, membuat pulau Sepa jadi pilihan bagi siapapun pemburu ketenangan. Anda bahkan bisa berjalan kaki di atas hamparan pasir tepian pantai pulau Sepa hanya sekadar untuk menyegarkan diri.

Salah satu jalan-jalan favorit yang dilakukan banyak pengunjung pulau Sepa kadang dilakukan ketika jelang matahari terbenam. Pancaran sinar kuning keemasan dari matahari benar-benar membangun nuansa romantis, membuat Anda bak berjalan di pantai pribadi di salah satu pulau paling sepi Kepulauan Seribu ini. Bukan cuma eksotis di daratan saja, biota bawah laut pulau Sepa juga sangat istimewa.

Anda bisa melakukan snorkeling atau mungkin diving jika ingin menikmati keindahan biota laut pulau Sepa. Aneka ikan hias dan terumbu karang warna-warni makin membuat pulau Sepa sebagai salah satu pulau tropis terbaik di bagian utara pulau Jawa.

Pulau Karang Congkak Untuk Para Petualang Sejati

 

pulau karang congkakJika ingin merasakan sensasi ada di pulau paling sepi dan tak berpenghuni yang cukup menantang, maka pulau Karang Congkak bisa jadi pilihan terbaik. Dikaruniai lautan biru indah dengan kondisi pulau yang asri, membuat wisatawan betah di pulau Karang Congkak sekalipun mungkin minim fasilitas. Saat siang hari, Anda bisa mengisi waktu dengan snorkeling sambil menemui ikan-ikan laut lucu dan aneka terumbu karang cantik.

Lantaran sangat indah, pulau Karang Congkak disebut sebagai salah satu surga bawah laut terbaik di Kepulauan Seribu. Jika dirasa tak ingin main air, Anda pun bisa melampiaskan hasrat memancing di pulau Karang Congkak. Banyak jenis-jenis ikan laut yang bisa Anda buru di pulau paling sepi ini. Sementara itu saat malam hari, Anda bisa membakar hasil pancingan serta menikmati serunya tidur di dalam tenda.

Patut diingat jika di pulau Karang Congkak ini masih belum ada aliran listrik karena memang tak berpenghuni. Sehingga Anda harus benar-benar bijak ketika menginap di salah satu pulau paling sepi di gugusan Kepulauan Seribu ini. Karena mungkin ponsel hingga kamera Anda akan kehabisan baterai dan tak bisa diisi ulang daya listriknya.

Pulau Semak Daun Sebagai Tempat Favorit Berkemah

pulau semak daunBagi Anda wisatawan yang ingin menginap di tepian pantai Kepulauan Seribu menggunakan tenda, maka pulau Semak Daun adalah lokasi terbaik. Dengan air yang luar biasa biru dan sangat jernih serta hamparan pasir pantai, membuat siapapun betah berlama-lama di pulau Semak Daun. Dinobatkan sebagai salah satu pulau paling sepi terbaik di Kepulauan Seribu, Semak Daun memang tidak berpenghuni.

Biasanya para traveller menyebut pulau Semak Daun ini dengan nama yang lebih unik yakni pulau Smack Down. Anda yang bosan dengan segala rutinitas Jakarta dan ingin kabur sejenak ke alam bebas, maka sensasi tidur dengan atap langit luat di tepi pantai pulau Semak Daun adalah pilihan terbaik. Supaya kemah makin menyenangkan, Anda bisa membawa lauk aneka seafood segar untuk dibakar di malam hari.

Bukan hanya seru untuk berkemah, pulau Semak Daun juga menawarkan surga biota bawah laut yang benar-benar memanjakan mata. Hamparan soft coral yang bergoyang melawan arus laut serta beberapa clown fish merupakan pemandangan yang bisa Anda lihat di bawah permukaan air pulau Semak Daun. Namun sebagai pulau paling sepi dan tak berpenghuni, fasilitas snorkeling di pulau Semak Daun memang belum cukup maksimal.

Pulau Air Milik Pengusaha Tajir

pulau airDimiliki oleh salah satu pengusaha kaya asal Jakarta, tak heran kalau pulau Air memang menawarkan sensasi bak milik pribadi. Namun meskipun dimiliki oleh seseorang, pulau Air memiliki beberapa bagian yang dibuka untuk umum dan bisa Anda kunjungi. Salah satu daya tarik pulau Air adalah pada perairan yang begitu tenang karena memang diapit oleh dua pulau.

Untuk itulah melakukan aktivitas snorkeling di pulau Air menjadi pilihan banyak orang. Dengan nuansa sepi yang menyenangkan hati, siapapun bisa merasa tenang saat menikmati pulau Air. Lantaran dimiliki oleh perseorangan, Anda tak perlu khawatir dengan kelestarian lingkungan di pulau Air yang benar-benar terjaga baik. Lebih terpelihara dan cukup bersih membuat pulau Air sangat menarik.

Meskipun jadi salah satu pulau yang cukup sepi, Anda tak perlu khawatir. Pengelola pulau Air sudah membangun beberapa infrastruktur pendukung supaya wisatawan yang datang tidak cemas. Mau bermain air baik di atas permukaan atau bawah permukaan, semua bisa dilakukan di perairan jernih pulau Air yang begitu terawat ini.

Menginap di Rumah Pohon Pulau Kotok

pulau kotokMendambakan pulau tropis dengan vegetasi yang masih asri dan alami? Maka pulau Kotok adalah jawabannya. Tak perlu lagi ditanya keindahan bawah lautnya, karena pulau Kotok termasuk salah satu spot favorit para penyelam di Kepulauan Seribu. Jika Anda ingin menikmati keindahan pulau tropis sambil bersantai-santai, maka bisa mencoba menginap di cottage rumah pohon yang ada di pulau Kotok ini.

Cottage ini dibangun di atas pohon besar yang membuat Anda bisa melihat hamparan laut dan pasir indah dari ketinggian. Tak heran jika banyak traveller yang merasa di pantai pribadi saat menginap di cottage tersebut. Selain rumah pohon, Anda juga bisa melihat konservasi elang bondol yang jadi maskot DKI Jakarta. Tidak adanya fasilitas watersport membuat keindahan laut pulau Kotok benar-benar terlindungi.

Bagi Anda yang ingin berwisata anti-mainstream di Kepulauan Seribu, tentu satu dari lima pulau yang sudah dibahas di atas bisa jadi pertimbangan. Namun Anda harus ingat, menginap di pulau-pulau paling sepi tersebut, mengharuskan Anda sadar kalau memang fasilitas yang disediakan tidak semaksimal pulau-pulau lainnya.

Comments are closed.