pantai pulau seribu
Bak Milik Pribadi, Inilah 5 Pulau Paling Sepi di Kepulauan Seribu
November 22, 2019
Pulau Onrust di Kepulauan Seribu
Mengungkap Misteri dan Keunikan Pulau Onrust di Kepulauan Seribu
Desember 3, 2019

Terdiri dari banyaknya pulau yang cantik, tentu saja pantai terbaik Kepulauan Seribu memiliki pemandangan yang sangat indah. Anda tentu sudah tidak asing dengan tempat wisata yang satu ini. Terletak di utara DKI Jakarta, tempat ini selalu didatangi wisatawan domestik hingga mancanegara. Bagi Anda penikmat alam Indonesia, Kepulauan Seribu harus masuk ke dalam daftar destinasi liburan Anda.

Di Indonesia ada berbagai pulau yang memiliki keindahan alam yang sangat eksotis. Pulau Bali misalnya, tempat ini menjadi destinasi wajib jika ingin menikmati pantai terbaik Kepulauan Seribu. Namun tidak perlu jauh ke Bali, ada harta karun Indonesia yang tidak kalah indah yaitu Kepulauan Seribu. Jumlah pulau itu terdiri dari 342 pulau, termasuk pulau pasir dan terumbu karang.

Wisata di Kepulauan Seribu sangat cocok untuk Anda yang ingin melihat suasana baru. Siapa sangka tempat ini sangat dekat dengan kota metropolitan yang sangat padat. Untuk menuju ke lokasi wisata ini, Anda bisa menaiki transportasi laut dari dermaga wisata Marina Ancol. Ada pula kapal feri dari Pemerintah Kabupaten Kepulauan Seribu yaitu Transjakarta Lumba-Lumba dan Kerapu.

Dari banyaknya pulau yang ada di Kepulauan Seribu, hanya ada beberapa pulau yang dikembangkan menjadi resort. Nah, Anda bisa memilih ingin menghabiskan liburan di pulau mana yang sesuai dengan keinginan. Di antara jajaran pulau – pulau tersebut, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan pantai terbaik Kepulauan Seribu  yang bisa Anda kunjungi.

Transportasi di Kepulauan Seribu

 Daerah wisata di Jakarta yang tidak boleh dilupakan ini memiliki puluhan pantai dan resort yang menarik. Namun masih banyak yang belum mengetahui akses menuju ke Kepulauan Seribu. Ada berbagai transportasi yang bisa Anda pilih untuk menuju ke pulau – pulau cantik tersebut. Berikut ini kami adalah alat transportasi yang bisa Anda pilih untuk menuju ke pulau :

  1. Kapal tradisional dari kayu
  2. Kapal Feri
  3. Kapal PELNI
  4. Kapal cepat (KM. Kerapu atau speedboat)

Untuk menaiki kapal tradisional, KM. Kerapu dan Kapal Feri, Anda harus menuju Pelabuhan Kaliadem yang terletak di dekat Pasar Ikan Muara Angke. Jika Anda ingin menaiki speedboat, maka harus naik melalui Dermaga Marina di Ancol. Sedangkan untuk kapal PELNI harus naik dari Pelabuhan Sunda Kelapa. Anda bisa menentukan sendiri transportasi apa untuk berwisata.

Biaya Transportasi di Kepulauan Seribu

Untuk menuju Kepulauan Seribu, Anda bisa menggunakan berbagai transportasi yang sudah kami jelaskan sebelumnya. Tidak perlu khawatir, biaya transportasi ke Pulau Seribu masih terjangkau. Ada pula jadwal keberangkatan transportasi tersebut yang perlu Anda perhatikan. Dalam perjalanan laut Anda bisa melihat pemandangan pantai terbaik Kepulauan Seribu.

Untuk keberangkatan dengan kapal tradisional dengan jadwal hari Senin s/d Jumat pukul 07.00 WIB dan hari Sabtu pukul 07.00 – 07.30 WIB. Sedangkan untuk kepulangan, dari masing – masing pulau pada hari Senin s/d Kamis dan Sabtu pukul 07.30. Sedangkan hari Jumat & Minggu pada pukul 07.30 WIB & 10.00 WIB / 13.00 WIB

 

  1. Pulau Pramuka/ Panggang : Rp45.000 /orang
  2. Pulau Tidung : Rp45.000 /orang
  3. Pulau Kepala / Harapan : Rp55.000 /orang
  4. Pulau Pari : Rp40.000 /orang

Sedangkan jadwal keberangkatan dengan KM. Kerapu dari Pelabuhan Kaliadem setiap hari pukul 09.00 WIB dan pukul 11.00 WIB. Untuk keberangkatan dari masing – masing pulau setiap hari pukul 13.00 WIB dan pukul 14.00 WIB. Loket dibuka pukul 06.30 dan tutup pukul 07.30 WIB. Harga tiket KM. Kerapu sendiri mulai dari Rp40.000 – Rp50.000 / orang.

Jadwal keberangkatan Kapal Feri KMP bisa dari Pelabuhan Kaliadem dan Pulau Harapan / Pulau Kelapa. Dari Pelabuhan Kaliadem tersedia pada hari Sabtu, Selasa, dan Kamis pukul 07.00 WIB. Dari Pulau Harapan/Pulau Kelapa pada hari Minggu, Rabu, dan Jumat pukul 07.00 WIB. Harga tiket bervariasi mulai dari Rp38.000 – Rp46.000 per orang.

Selanjutnya untuk keberangkatan dengan kapal PELNI anda bisa naik KM Sabuk Nusantara 46 setiap hari Sabtu, Senin, dan Rabu pada pukul 08.000 WIB. Untuk Express Bahari setiap hari Sabtu, Senin dan Rabu pada pukul 08.00 WIB dan 13.30 WIB. Biaya KM Sabuk Nusantara sekitar Rp15.000 /orang sedangkan Express Bahari Rp75.000 – Rp125.000 / orang.

Daftar Pantai Terbaik Kepulauan Seribu

 Destinasi wisata favorit warga di sekitar Jakarta ini memiliki pemandangan yang tidak kalah dengan pulau dewata. Banyak warga Jakarta yang sering berlibur di Pulau Seribu di akhir pekan untuk menikmati pemandangan pantai yang indah. Tempat ini sangat cocok untuk berlibur di waktu singkat. Berikut ini daftar pulau dengan pemandangan pantai terbaik Kepulauan Seribu versi kami :

Pantai di Pulau Sepa

pantai pulau sepa

Salah satu pantai terbaik yang bisa Anda temukan yaitu Pantai Pulau Sepa. Untuk menuju pulau ini, Anda bisa menggunakan speed boat dari Dermaga Marina di Ancol. Anda bisa menempuh perjalanan sekitar 1,5 jam saja. Pulau ini masih sangat asri dan tidak terlalu banyak pengunjungi. Ada berbagai aktivitas seru di pantai ini seperti berenang, snorkeling, dan memancing.

Pantai Pulau Macan

pantai pulau macanWisata pantai terbaik Kepulauan Seribu berikutnya yaitu pantai di Pulau Macan. Sama dengan pulau lainnya, Anda bisa menggunakan speed boat untuk menuju tempat ini. Di kawasan pantai ini ada ekosistem bakau yang mempercantik pemandangan pantai. Hamparan pasir di pantai ini juga landai. Tempat ini sangat cocok untuk honeymoon.

Pantai Pulau Pari

pantai pulau pariBerikutnya ada Pantai Pulau Pari yang menjadi primadona di Kepulauan Seribu. Pantai ini memiliki hamparan pasir putih yang halus dan bibir pantai yang lebar. Ombak di pantai ini sangat tenang dengan perairan yang dangkal. Tempat ini sangat pas untuk bersantai dan menenangkan pikiran. Pemandangan sunset di pantai ini juga salah satu yang terbaik yang bisa Anda nikmati.

Pantai Semak Daun

pulau semak daunPantai berikutnya ada di Pulau Semak Daun yang merupakan pulau kecil di Kepulauan Seribu. Pantai ini memiliki air yang jernih dan hamparan pasir putih yang luas. Pantai ini juga masih sangat sepi di kunjungi wisatawan sehingga Anda akan merasakan sensasi berlibur di pulau pribadi. Anda bisa bermain sepuasnya di pantai yang belum berpenghuni ini.

Pantai Pulau Bira

pantai pulau biraSelanjutnya Anda bisa menemukan pantai terbaik Kepulauan Seribu di Pulau Bira. Untuk rute terbaik menuju ke pulau ini bisa melalui Muara Angke sekitar 3 jam. Pantai ini masih sangat alami dan masih jarang yang mengunjungi. Anda bisa mengikuti kegiatan snorkeling di pantai yang memiliki pemandangan ikan dan terumbu karang yang masih terjaga.

Penginapan di Kepulauan Seribu

Penginapan di Kepulauan Seribu ada berbagai macam mulai dari homestay sampai resort. Untuk pulau wisata resort, biasanya harga sewa penginapan akan lebih mahal. Sedangkan pulau non-resort biasanya tersedia homestay. Biaya sewa penginapan tergantung fasilitasnya. Rata – rata homestay mulai dari Rp200.000 – Rp1.000.000 per malam.

fasilitas cottage pulau macanJika Anda lebih tertarik untuk camping dibandingkan menginap di penginapan, Anda bisa camping di Pulau Semak Daun, Pulau Papa Theo, Pulau Bulat, Pulau Sepa, Pulau Pari, dan Pulau Payung. Kegiatan camping di pantai terbaik Kepulauan Seribu bisa dijamin keamanannya. Untuk makan, Anda tidak perlu khawatir karena di masing – masing pulau banyak terdapat warung.

Berlibur di Kepulauan Seribu akan memberikan pengalaman yang menyenangkan. Banyak spot foto yang menarik di setiap pulau. Tenang saja, Anda bisa juga mengunjungi lebih dari satu pulau dalam satu hari. Ada berbagai paket trip yang bisa diikuti dengan fasilitas yang lengkap. Segera rencanakan liburan Anda untuk mengunjungi pantai terbaik Kepulauan Seribu.

Comments are closed.