Beberapa Wisata Alam Pulau Seribu, Destinasi Wajib Dikunjungi Saat Liburan

Referensi Resort Pulau Seribu yang Murah Ramah dan Dikantong
August 10, 2019
kep seribu jakarta
Destinasi Wisata Pulau Seribu Terbaik Murah dan Indah
August 20, 2019

Berbicara mengenai wisata alam Pulau Seribu, siapa yang tidak kenal dengan pulau yang satu ini? Pulau Seribu sendiri merupakan sebuah pulau kecil yang ada di Indonesia, yang mana pulau ini memiliki panorama alam yang sangat indah sehingga tidak heran banyak orang yang rela menghabiskan banyak uang demi menikmati keindahan alam tersebut.

Mengingat sebentar lagi Hari Raya Idul Fitri akan tiba, pastinya suasanan hari libur pun sudah mulai terasa. Rasanya, sia-sia jika hari libur tetap di rumah saja. Maka dari itu agar hari libur Anda tidak sia-sia, Anda bisa mengunjungi tempat yang satu ini bersama kerabat atau keluarga Anda.

Wisata alam Pulau Seribu merupakan salah satu wilayah yang kaya akan wisata alam yang sangat populer di Ibukota. Letak Kepulauan Seribu ini tidak jauh dari pusat kota Jakarta dan merupakan tempat liburan yang menjadi incaran banyak orang sebagai pelarian untuk melepaskan rasa mumet dari penatnya bekerja. Kepulauan Seribu terdiri atas gugusan pulau yang terletak di Teluk Jakarta.

Pulau Seribu tentu saja berbeda dengan pesisir pantai utara yang juga ada di wilayah Jakarta, pantai utara ini terkenal kumuh, kotor, dan kurang perawatan. Pulau Seribu tentu saja sebaliknya, tempatnya sangat bersih dan tertata dengan sangat baik, air lautnya pun masi bersih sehingga mampu menyajikan pemandangan yang sangat cantik hingga mendapat julukan Maldiven van Java.

Kepulauan Seribu memiliki ratusan pulau yang tersebar dan uniknya hampir sebagian besar dari pulau-pulau tersebut tidak memiliki penghuni. Meskipun tanpa penghuni, tidak membuat para wisatawan mengurungkan niatnya untuk mengunjungi keindahan wisata alam Pulau Seribu ini. Berikut ini ada beberapa pulau yang wajib masuk ke dalam list liburan lebaran Anda di Kepulauan Seribu.

Pesona Pulau Tidung di Pulau Seribu Bikin Tidak Ingin Pulang

Pulau Tidung bisa dikategorikan sebagai pulau favorit, paling terkenal, dan paling banyak dikunjungi oleh para wisatawan yang berkunjung ke Pulau Seribu. Rasanya akan kurang lengkap jika Anda liburan ke Kepulauan Seribu namun melewatkan berkunjung ke pulau yang satu ini. Pulau tidung sendiri memiliki objek yang cukup terkenal yakni sebuah jembatan yang dikenal dengan Jembatan Cinta.

Jembatan yang berada di salah satu tempat wisata alam Pulau Seribu ini berperan sebagai penghubung antara Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil. Jembatan kayu tersebut terbentang sepanjang 800 meter. Bukan hanya berperan sebagai penghubung antar pulau, namun jembatan ini juga merupakan wahana uji nyali bagi wisatawan yang menyukai tantangan untuk melompat ke laut dari ketinggian yang lumayan yakni sekitar 5-6 meter.

Di Pulau Tidung, pengunjung bisa memilih untuk sekadar bersantai sambil menikmati suasana dengan berkililing dan beristirahant di pendopo yang telah disediakan di sana atau penginapan yang juga telah tersedia di sana, atau justru memilih menjelajah dan memuaskan diri untuk mengunjungi setiap titik spot wisata air yang ada di sana.

Di sini tersedia wisata air yang mana Anda bisa snorkeling, menyelam, dan menaiki perahu sambil menyusuri pantai. Untuk sampai ke Pulau Tidung wisatawan bia menaiki perahu atau kapal motor yang berangkat dari Dermaga Muara Angke. Kapal ini akan meluncur mengantarkan Anda ke Pulau Tidung dengan jarak tempuh sekitar 3 jam saja.

Berkunjung ke Pulau Untung Jawa Pelarian Tepat di Hari Libur Kerja

Pulau Untung Jawa merupakan sebuah pulau tidak berpenghuni di tempat wisata alam Pulau Seribu namun sering dikunjungi oleh para wisatawan saat mereka berlibur ke Pulau Seribu. Pulau ini terletak sangat dekat dengan Taman Impian Jaya Ancol, sehingga tak heran karena kedekatan lokasi ini membuat Pulau Untung Jawa lebih mudah untuk menggoda wisatawan untuk datang tanpa harus mengeluarkan isi kantong terlalu banyak.

Penduduk yang tinggal di Pulau Tidung sangat ramah sekali terhadap para wisatawan yang berkunjung. Mereka yang itu yang membuka penginapan dan membuat paket wisata yang dikelola langsung oleh mereka. Pilihan wisata alam Pulau Seribu di Pulau Untung Jawa ini sangat lengkap. Pengunjung bisa memilih untuk mengelilingi pulau, bermain jetsky, banana boat, snorkeling, hingga diving.

Daya Pikat Wisata Alam Laut Pulau Semak Daun

Jika Anda merupakan orang yang sangat suka dengan wisata alam bawah laut dan sagat mengagumi keindahannya Anda dapat mengksplorasinya tanpa harus pergi terlalu jauh dari Jakarta dengan datang ke Pulau Semak Daun. Pulau Semak Daun merupakan pilihan destinasi wisata yang wajib menjadi pilihan karena pulau ini merupakan pulau andalan dari Kepulauan Seribu.

Pulau Semak Daun juga menjadi sebuah destinasi favorit para wisatawan yang ingin menikmati keindahan dari pasir putih yang terbentang di bibir pantai. Pulau kecil tanpa penghuni ini cocok sekali dijadikan sebagai tempat kabur atau pelarian bagi mereka yang selalu bekerja dengan padat dan kurang liburan.

Di salah satu tempat wisata alam Pulau Seribu ini wisatawan bisa mendirikan sebuah tenda untuk berkemah sambil menikmati deburan ombak yang akan membuat suasana hati tenang. Namun jika Anda tidak ingin susah payah membangun tenda, di sini telah disediakan penginapan disertai sarana yang lainnya. Jangan lupa untuk membawa peralatan sendiri karena pulau ini masih sunyi dan tidak menyediakan fasilitas apapun bagi wisatawan.

Pulau Bira yang Belum Banyak Terjamah dan Masih Sangat Alami

Pulau Bira, merupakan salah satu wisata Seribu yang juga tidak boleh Anda lewatkan untuk dikunjungi. Suasana pulau ini masih sangat terjaga karena masih jarang dikunjungi, sehinga akan menyajikan wisata yang benar-benar masih alami. Untuk bisa datang ke pulau ini, Anda memang harus menempuh perjalanan yang cukup panjang.

pantai pulau biraDari Dermaga Muara Angke, wisatawan harus menempuh perjalanan menggunakan kapal motor selama 3 jam menuju Pulau Pramuka untuk transit. Lalu, wisatawan akan naik kepal motor lagi menuju pulau Bira. Perjalanan panjang yang telah ditempuh ini dijamin tidak akan membuat penyesalan karena semuanya akan terbayar setelah Anda melihat keindahan alam yang disajikan oleh Pulau Bira yang merupakan sah satu tempat wisata alam Pulau Seribu.

Di Pulau Bira, wisatawan bisa melihat secara langsung betapa indanya alam bawah laut. Agar bisa melihatnya lebih jelas, Anda dapat melakukan snorkeling dan diving. Bahkan hanya dnegan duduk pada tepian dermaganya saja, Anda sudah bisa menikmati betapa indanya koral dan terumbu karang yang ada di dalam laut.

Mengapa begitu? Karena di sini air lautnya masih sangat jernih dan bersih sehingga pantas saja jika walaupun hanya duduk keindahan bawah lautnya sudah terekspos. Menghabiskan banyak waktu dengan duduk di tepian dermaga sambil menikmati keramahan matahari terbenam diantar oleh angina yang sepoi-sepoi akan menjadi sebuah kenangan yang paling indah apalagi jika dilalui dengan orang tercinta.

Demikianlah beberepa destinasi wisata Pulau Seribu yang harus masuk ke dalam list liburan Anda. Bagaimana? kira-kira pulau manakah yang akan Anda kunjungi? Jangan lupa untuk menyiapkan budget yang cukup dan perlengkapan pribadi saat berlibur ke sana. Semoga liburan Anda menyenangkan di Hari Raya nanti. Selamat menikmati wisata alam Pulau Seribu!

Comments are closed.