Rekomendasi Tempat Wisata di Pulau Seribu yang Nyaman Untuk Relaksasi

Ragam Paket Wisata Pulau Seribu Super Lengkap, Backpacker Wajib Tahu!
July 11, 2019
penginapan pulau ayer
Trik Mencari Penginapan di Pulau Seribu, Cermati Dulu Sebelum Menginap
July 15, 2019
Show all

Rekomendasi Tempat Wisata di Pulau Seribu yang Nyaman Untuk Relaksasi

Tempat wisata di Pulau Seribu menyisakan kenangan yang tidak terlupakan bagi wisatawan. Lihat saja antusias masyarakat yang berkunjung ke tempat ini saat masa liburan. Meski tidak semua spot di Pulau Seribu dikunjungi wisatawan, namun hal tersebut justru menjadi daya tarik bagi sebagian wisatawan lainnya. Apalagi bagi pengunjung yang penat dengan rutinitas di ibukota Jakarta.

Hiruk pikuk kota Jakarta kerap kali menjadi permasalahan bagi banyak orang. Karena itu, salah satu cara terbaik untuk mengatasi permasalahan ini adalah merelaksasi pikiran agar tetap fresh. Sebenarnya, di Jakarta sendiri ada beragam arena wisata yang dapat dikunjungi. Namun hal tersebut rupanya masih menjadi kendala bagi beberapa orang.

Pasalnya, tempat-tempat wisata yang ada di dalam Jakarta ramai dikunjungi wisatawan. Suasana yang ramai justru dianggap kurang menenangkan bagi sebagian orang. Oleh sebab itu, mereka memilih untuk mengunjungi tempat-tempat yang tenang dan asri. Salah satu destinasi wisata yang menjadi pilihan masyarakat Jakarta dan sekitarnya adalah Pulau Seribu.

Selain asri, beberapa spot yang terdapat di Pulau Seribu tampak tenang setiap harinya. Karena ketenangan ini, para pengunjung yang berwisata di tempat tersebut seakan sedang liburan di pulau pribadi. Tidak hanya itu saja, sebagian besar tempat wisata di Pulau Seribu sudah dilengkapi dengan fasilitas yang dibutuhkan oleh pengunjung. Seperti deretan spot wisata berikut ini.

Destinasi Wisata Pulau Perak

Tempat wisata di Pulau Seribu yang tidak hanya indah namun sangat cocok untuk relaksasi pertama yaitu Pulau Perak. Pulau yang satu ini masih masuk ke dalam jajaran pulau yang ada di Kepulauan Seribu. Secara geografis letaknya berada di Kepulauan Seribu Utara. Sejak lama, Pulau Perak menjadi pilihan masyarakat Jakarta yang ingin melepas penat.

pulau perakKebanyakan pengunjung yang datang ke sini memiliki tujuan menenangkan pikiran dari hiruk pikuk suasana ibukota Jakarta. Pulau Perak sendiri mempunyai bibir pantai lengkap dengan hamparan pasir putih yang tampak bersih. Tidak hanya itu, warna air laut yang bening dan kebiru-biruan membuat pikiran menjadi lebih sejuk. Suara ombaknya yang menderu menjadi daya tarik tersendiri.

Bagaimana dengan polusi di daerah ini? Beruntungnya Pulau Perak berada cukup jauh dari pusat kota Jakarta sehingga pengunjung terbebas dari polusi. Untuk sampai ke Pulau Perak pengunjung perlu menggunakan kapal yang ada di Muara Angke. Bila dihitung perjalannya mencapai 4 sampai 5 jam untuk menuju lokasi transit. Pengunjung juga dapat memilih alternatif lain.

Bila perjalanan dimulai dari dermaga Marina Ancol, Anda dapat menggunakan speed boat. Dengan memanfaatkan kendaraan tersebut setidaknya dibutuhkan waktu kurang lebih 1, 5 hingga 2 jam lamanya perjalanan. Setelah transit yaitu Pulau Harapan, Anda bisa menuju ke Pulau Perak dengan memanfaatkan kapal maupun boat sewaan. Waktu yang dibutuhkan ke Pulau Perak sekitar 30 menitan.

Destinasi Wisata Pulau Pari

Ingin wisata yang nyaman dan tenang? wisata Pulau Pari bisa jadi rekomendasi terbaik yang dipilih bagi orang-orang yang menginginkan ketenangan dan kesegaran alam. Pulau Pari masih berada di kawasan Kepulauan Seribu. Meski menjadi pulau tenang, Pulau Pari rupanya ditempai oleh beberapa penduduk. Hanya saja, penduduk yang tinggal di tempat wisata di Pulau Seribu ini tidaklah banyak.

pantai pulau pariBila ditempuh dari Marina Ancol Jakarta, perjalanan wisata membutuhkan waktu sekitar 90 menit lainnya. Pulau ini juga menyamai pulau penduduk lainnya yaitu Pulau Harapan, Pulau Tidung dan Pulau Pramuka. Deretan pulau tersebut juga dihuni penduduk dan sebagian masyarakat lainnya membangun rumah di beberapa titik spot wisata. Sehingga sebagian spot wisata masih dikelola oleh penduduk setempat.

Pulau Pari memiliki sejarah sendiri di mata penduduk sekitar. Bila dilihat dari sejarahnya, dahulu Pulau Pari merupakan pulau yang kosong sehingga tidak ada penduduk yang tinggal di dalamnya. Awal mula tempat wisata ini ditempati penduduk karena pada masa penjajahan Belanda, masyarakat Tanggerang lari menuju Pulau Pari.

Tujuan masyarakat menempatinya adalah untuk menghindari kerja paksa yang dilakukan oleh Belanda. Nama Pulau Pari pun menyimpan cerita sendiri, nama Pulau Pari disematkan lantaran perairannya yang dangkal. Tidak hanya itu, pada kala itu terdapat banyak ikan pari karena itulah dinamakan Pulau Pari. Tidak hanya dinamai Pulau Pari, tempat wisata di Pulau Seribu ini juga disebut pantai perawan.

Destinasi Wisata Pulau Pramuka

Pulau selanjutnya yang menjadi jajaran tempat wisata ternyaman untuk relaksasi, yaitu wisata Pulau Pramuka. Pulau yang satu ini umumnya bisa ditempuh dari Marina Ancol dengan durasi perjalanan sekitar 90 menit. Pulau Pramuka juga termasuk pulau berpenghuni, sehingga keasriannya masih terjaga dengan baik. Beberapa fasilitas berupa homestay juga dikelola baik oleh masyarakat sekitar.

Pulau Pramuka sendiri masuk ke dalam kawasan pusat administratif. Tidak hanya itu, tempat wisata di Pulau Seribu ini berada di Kabupaten Administratif Kepulauan Seribu. Beberapa fasilitas yang bisa didapat pengunjung saat berwisata ke Pulau Pramuka, yaitu sekolah dasar sampai menengah, rumah sakit, villa, home stay yang nyaman sampai tempat pelelangan ikan.

Bagi Anda yang ingin melakukan relaksasi, di Pulau Pramuka juga terdapat villa yang lokasinya berada di tepi pantai atau istilahnya sewa view. Pada waktu tertentu, villa ini menjadi sasaran bagi wisatawan lokal maupun mancanegara. Lebih dari itu, Pulau Pramuka juga dilengkapi dengan pantai yang indah dan mengagumkan mata.

Beberapa orang juga kerap menyempatkan diri untuk melakukan aktivitas olahraga air berupa snorkeling. Selain aktivitas tersebut, pengunjung juga dapat menyaksikan pemandangan yang luar biasa yaitu penangkaran penyu sisik. Hal ini mengingat Pulau Pramuka merupakan tempat penangkaran konservasi. Jajaran tanaman bakau juga menjadi daya tarik bagi banyak orang yang berwisata di Pulau Pramuka.

Destinasi Wisata Pulau Macan

Pulau Macan barangkali terdengar menyeramkan bagi sebagian orang yang belum pernah mengunjungi tempat ini. Namun jangan salah, pasalnya Pulau Macan merupakan tempat wisata di Pulau Seribu yang didukung dengan konsep Eco Resort Village. Konsep ini merujuk pada konsep wisata alam yang lengkap dengan cottage di sisi pantai. Sehingga wisatawan bisa langsung melakukan aktivitas renang dan snorkeling.

prewedding pulau macanPulau Macan sendiri sebenarnya sedikit berbeda dengan pulau-pulau yang ada lingkarang Pulau Seribu. Hal ini dikarenakan adanya cottafe yang sengaja dibuat secara terbuka. Bahkan penutup cottage hanya berupa kelambu dan beberapa potongan katu saja. Pemandangan ini menambah kesan asri pada Pula Macan. Sehingga tidak heran masyarakat menjadikannya sebagai tempat relaksasi.

Tempat wisata di Pulau Seribu unik ini bisa ditempuh dari Marina Ancol Jakarta. Sementara itu, waktu yang dibutuhkan agar sampai di Pulau Macan yaitu sekitar 90 menit. Sesampainya di Pulau Macan Anda akan disuguhi warna hijau dan kebiruan air laut. Karena airnya yang lumayan bening, pada waktu tertentu Anda dapat secara langsung melihat terumbu karang dan ikan.

Ketenangan menjadi pertimbangan sendiri bagi beberapa orang yang hendak liburan. Dengan tingkat ketenangan tinggi, relaksaksi akan berjalan dengan lancar. Dengan kata lain liburan yang bertujuan merefresh pikiran dapat tercapai. Deretan tempat wisata di Pulau Seribu di atas sekaligus menjadi bukti bahwa di tanah air masih banyak lokasi yang menenangkan pikiran.

Comments are closed.