Berlibur di Pulau Seribu merupakan pengalaman berwisata yang tidak akan terlupakan. Kemolekan deretan pulau-pulau kecil di sini sukses memikat ribuan dan bahkan jutaan wisatawan untuk datang, lagi dan lagi. Namun, tahukah anda bahwa ternyata banyak orang berkunjung ke Pulau Seribu karena alasan lain, yakni memancing. Tidak heran jika paket memancing dan jasa sewa kapal mancing di Kepulauan Seribu semakin populer. Bagi mereka, memancing tidak hanya menjadi bagian dari paket wisata yang diambil, melainkan sebagai tujuan utama.

Memasang joran di pulau yang berbeda-beda pastinya menghadirkan nuansa yang berbeda pula. Karena lokasinya tidak jauh dari Kota Jakarta, tidak dibutuhkan perencanaan khusus untuk bisa menyalurkan hobby memancing di Pulau Seribu. Daya tarik Pulau Seribu sebagai spot memancing tidak diragukan lagi. Perairan yang relatif terjaga di sekitar pulau-pulau kecil di wilayah ini merupakan habitat alam yang ideal bagi aneka spesies ikan, mulai dari yang berukuran kecil hingga berukuran besar.

Paket Sewa Kapal Mancing di Pulau Seribu: Spot Terbaik

Sebelum memilih paket sewa kapal mancing di Pulau Seribu, tentunya anda perlu mengetahui spot-spot terbaik untuk aktivitas ini. Berita baiknya, ada begitu banyak spot mancing favorit yang bisa anda pilih. Dalam satu paket, bisa jadi ada beberapa spot yang sekaligus bisa anda coba. Berikut adalah pilihannya:

sewa kapal mancing

Salah satu spot favorit para pemancing berada di sekitar Pulau Pramuka, yakni pulau berpenduduk yang merupakan pusat ibukota Kabupaten Kepulauan Seribu. Laut sekitar Pulau Pramuka terkenal dengan hamparan terumbu karang yang menawan. Tentunya, terumbu karang yang subur merupakan habitat yang sempurna untuk aneka spesies ikan konsumsi. Berkunjung ke Pulau Pramuka, antara lain:

  • Pulau berpenduduk; Jika berkunjung ke pulau berpenduduk, anda akan dimudahkan dalam beberapa hal, misalnya adalah fasilitas umum, seperti akomodasi, rumah makan, fasilitas ibadah, fasilitas kesehatan, dan sebagainya. Anda tidak akan kesulitan memenuhi kebutuhan pokok saat berada di pulau.
  • Kaya akan spesies ikan. Pulau Pramuka digemari para pemancing karena memiliki berbagai jenis ikan konsumsi. Di antaranya adalah kerapu dengan ukuran yang bervariasi. Bahkan, jika anda berkunjung di waktu yang tepat, anda bisa mendapatkan kerapu yang beratnya hingga beberapa kilogram. Untuk menjaga kelestarian spesies ikan konsumsi ini, para pemancing biasanya hanya mengambil beberapa untuk konsumsi di tempat saja. Sisanya akan dilepas kembali ke laut.
  • Paket mudah dan murah. Pulau Pramuka adalah salah satu pulau terpopuler di Kepulauan Seribu. Oleh sebab itu, piliah paket wisata maupun paket khusus memancing paling mudah didapatkan, dan tentunya dengan harga paling terjangkau. Kenapa? Berkunjung ke Pulau Pramuka tidaklah sulit, karena ada kapal yang rutin berangkat dari Muara Angke ke Pulau Pramuka. Kemudian, biaya akomodasi lebih terjangkau, karena banyak fasilitas akomodasi yang saling bersaing mendapatkan konsumen. Demikian juga dengan konsumsi, Anda bahkan bisa membeli makanan di warung makan yang ada di pulau.
  • Banyak pilihan aktivitas. Selain mengkonsumsi sendiri ikan hasil memancing dengan cara dibakar, anda juga bisa menikmati olahan ikan segar di sebuah restoran terapung di Pulau Pramuka. Ada banyak aktivitas ekstra yang bisa anda lakukan, misalnya, berkeliling pulau ala pesiar sebelum kembali ke penginapan, atau snorkeling dan diving di spot-spot favorit yang biasanya tidak jauh dari spot memancing.

Pulau ini juga menawarkan keindahan laut yang sempurna, dengan airnya yang terkenal sangat jernih. Jika anda hobby memancing dan menyukai ikan jenis tenggiri, maka Pulau Sebira adalah spot yang bagus. Pulau ini terkenal dengan spesies ikan tenggiri, termasuk tenggiri berukuran besar hingga mencapai 20 kg.  Spot memancing di sekitar pulau ini disebut Perairan Pabelokan, yang juga merupakan salah satu tempat di mana penduduk Pulau Sebira mencari ikan sebagai mata pencaharian.

Lokasinya yang berada di wilayah utara Pulau Seribu memang ideal sebagai habitat ikan tenggiri. Apalagi karena alamnya yang asri dan udaranya yang bebas dari polusi ibukota, menjadikan pulau ini sebagai favorit untuk destinasi wisata memancing. Kelebihan lain dari Pulau Sebira adalah:

  • Cocok untuk pemancing pemula maupun profesional. Jadi, bagaimanapun level keahlian anda dalam memasang joran, jangan ragu untuk memilih pulau sebira;
  • Merupakan spot snorkeling yang ideal. Biasanya, pengunjung memancing setelah melakukan snorkeling. Kemudian, ikan yang berhasil ditangkap dibakar dan dikonsumsi dalam keadaan hangat. Pastinya asyik, bukan?
  • Pilihan aktivitas menarik. Selain memancing, pengunjung bisa melihat sendiri lokasi penangkaran penyu dan sebuah mercusuar yang telah dibangun sejak zaman penjajahan Belanda.

Siapa yang tidak kenal Pulau Tidung? Pulau ini termasuk salah satu yang terpopuler di Kepulauan Seribu, karena pariwisatanya memang telah aktif sejak lama. Spesies ikan yang paling utama di perairan sekitar Pulau Tidung adalah ikan kakap merah dalam berbagai ukuran. Selain kakap, memang ada sejumlah spesies ikan konsumsi lainnya yang bisa anda dapatkan.

Sama halnya dengan Pulau Pramuka, Pulau Tidung juga merupakan pulau berpenduduk. Alhasil, fasilitas pendukung relatif lebih banyak, sehingga memudahkan pengunjung. Anda bisa mendapatkan akomodasi yang layak dengan harga yang sangat terjangkau. Ada juga kamar mandi umum, di mana anda bisa membersihkan diri setelah memancing atau snorkeling.

Kemudian, anda dan rombongan bisa mengatur agenda untuk bakar ikan bersama-sama. Ikan kakap merah yang anda tangkap bisa dibakar dan dikonsumsi bersama. Ikan yang segar akan terasa semakin nikmat ketidak disantap bersama sahabat, bukan? Untuk pemula, anda bisa mendapatkan latihan singkat tentang teknik memancing dan anda bisa mencobakannya secara langsung. Lokasi favorit memancing di Pulau Tidung adalah sekitar Pulau Tidung Kecil yang tidak berpenduduk.

Pulau Tidung juga dikenal sebagai salah satu favorit wisatawan, karena alamnya yang indah dan objek wisata yang menarik. Sekalipun tujuan utama anda adalah memancing, jangan lupa menikmati keindahan alamnya. Pastikan anda berkunjung ke Jembatan Cinta, sebuah objek wisata paling fenomenal di pulau ini. Jembatan penghubung antara Pulau Tidung Besar dan Pulau Tidung Kecil ini menjadi objek wajib bagi wisatawan. Anda bisa mengambil foto-foto cantik saat matahari terbenam atau mengabadikan momen-momen ketika anak-anak setempat meloncat ke laut dan mandi.

Meski namanya tidak sepopuler pulau-pulau lainnya yang sudah dibahas di atas, paket sewa kapal mancing dan wisata Pulau Lancang layak anda pertimbangkan. Pengelola pulau menawarkan pengalaman memancing dengan konsep yang berbeda. Jika ingin mencoba rasanya memancing di kolam ikan di sebuah pulau kecil, maka cobalah di Pulau Lancang. Di sini, terdapat kolam ikan yang dilengkapi fasilitas pendukung seperti saung untuk kenyamanan pengunjung.

Namun tentunya, anda harus membayar harga ikan yang anda dapat dari hasil memancing. Jika memancing di kolam, anda tidak memerlukan biaya sewa kapal mancing. Namun, perairan sekitar Pulau Lancang tidak kalah menarik untuk aktivitas memancing di tengah laut. Bahkan, para pemancing umumnya sudah akrab dengan nama pualu ini. Selain aneka jenis ikan konsumsi, di perairan Pulau Lancang anda bisa memperoleh cumi-cumi hingga rajungan. Jadi, anda bisa mengkonsumsi seafood yang berbeda-beda dari hasil memancing dalam keadaan segar.

Tips Sewa Kapal Mancing di Pulau Seribu

Bukan hanya terkenal dengan wisata baharinya, ternyata Pulau Seribu juga sudah terkenal sebagai spot favorit para mancing mania. Bahkan, sejumlah klub memancing mulai menunjukkan eksistensinya di beberapa pulau berpenduduk. Demikian juga dengan usaha-usaha pendukung aktivitas wisata dan aktivitas memancing. Biasanya, sewa kapal mancing di Pulau Seribu disatukan dalam harga Paket Wisata Pulau Seribu. Dalam hal ini, memancing merupakan bagian dari agenda dalam paket wisata.

Namun, anda juga bisa mengambil paket memancing di Pulau Seribu. Artinya, memancing menjadi agenda utama, meskipun anda masih bisa menyelipkan agenda mengunjungi objek-objek wisata utama di setiap pulau. Paket Memancing di Pulau Seribu biasanya menawarkan sejumlah fasilitas yang berbeda dari paket wisata, antara lain:

  • Kursus kilat tentang cara memancing di laut. Meski anda sudah terbiasa memancing di empang atau sungai, teknik memancing di laut pastinya berbeda. Jadi, pemula bisa mempelajari cara memasang joran terlebih dahulu. Tenaga Fishing Guide tersebut juga akan mendampingi anda dan rombongan selama memancing. Alhasil, jika anda kendala, anda bisa mendapatkan solusinya segera.
  • Kapal memancing khusus. Jika datang dengan paket wisata Pulau Seribu, biasanya aktivitas memancing menggunakan kapal kayu milik nelayan setempat. Terkadang, sewa kapal mancing dan alat mancing tidak masuk dalam paket. Artinya, anda harus mengeluarkan biaya tambahan untuk hobby ini. Namun, jika mengambil paket khusus memancing, maka anda dan rombongan menggunakan kapal khusus dengan fasilitas yang lebih canggih, misalnya fish finder.
  • Rekomendasi spot memancing eksklusif. Ada kalanya, pengelola wisata yang menyediakan paket sewa kapal mancing memiliki spot-spot rahasia, di mana anda bisa menemukan ikan-ikan besar dan spesies ikan konsumsi yang tidak ada di tempat lain.
  • Tersedia fasilitas pendukung, seperti umpan khusus untuk memancing udang atau cumi, air mineral dan makanan ringan. Dengan demikian, memancing bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan.

Jika anda yakin akan mengambil paket sewa kapal mancing, maka tahap berikutnya adalah memilih penyedia jasa yang sesuai. Anda bisa berkonsultasi dengan beberapa agen wisata Pulau Seribu untuk mendapatkan informasi agen mana saja yang sudah berpengalaman dengan paket memancing. Jika sudah terbiasa, pihak agen tentunya sudah memiliki daftar apa saja yang sudah tersedia pada paket dan apa saja yang harus dibawa dari rumah atau dibayar di tempat.

Paket sewa kapal mancing biasanya disediakan untuk jam tertentu saja, biasanya dari pagi ingga sore. Kemudian, anda juga perlu memastikan apakah paket yang akan anda ambil sudah termasuk biaya akomodasi dan konsumsi.  Dengan cara ini, anda bisa menghindari pertanyaan atau konflik yang bisa saja muncul kemudian hari.

Aktivitas memancing di Pulau Seribu saat ini menjadi daya tarik tersendiri. Kondisi alam, perairan yang jernih, serta spesies ikan yang bervariasi menjadikan Pulau Seribu sebagai destinasi idaman di kalangan mancing mania. Anda bisa berkunjung dalam satu paket wisata yang digabung dengan agenda ke objek wisata lainnya atau justru memilih paket khusus sewa kapal mancing.

Harga Sewa Kapal Boat Mancing di Pulau Seribu Jakarta

kapasitas BoatWeek dayWeek End
14 PesertaRp.7.016.625Rp.7.796.250
16 PesertaRp.7.128.000Rp.7.920.000
18 PesertaRp.7.484.400Rp.8.316.000
20 PesertaRp.9.355.500Rp.10.395.000
22 PesertaRp 10.750.000Rp 11.200.000
26 PesertaRp.10.290.500Rp.11.434.500
30 PesertaRp.13.097.700Rp.14.553.000

Fasilitas : GPS, Fishfinder, alat pancing, umpan, pawang ikan, cool Box + Ex Batu

    Waktu Liburan : 1 Hari2 hari 1 Malam3 Hari 2 Malam
    Tujuan Pulau :
    Tanggal Keberangkatan :
    Dewasa
    Anak-anak (2-5th)