wisata sejarah pulau seribu
Wisata Sejarah Pulau Seribu Sangat Jarang Diketahui
Agustus 10, 2021
wisata pulau macan
Wisata Pulau Macan, Destinasi dengan Sejuta Keindahan
Agustus 15, 2021

Bagi wisatawan muslim, lokasi masjid di Pulau Seribu merupakan informasi penting yang harus diketahui. Sebab, mereka memiliki kewajiban untuk menjalankan sholat 5 waktu.

Kewajiban tersebut tidak boleh ditinggalkan meski sedang berlibur. Oleh sebab itu, fasilitas ibadah menjadi faktor penting untuk menunjang kelancaran selama berlibur. Anda tidak perlu khawatir mengenai hal ini.

Sebab, di pulau seribu jakarta sudah terdapat masjid dan juga mushola dengan fasilitas lengkap dan nyaman. Sehingga, umat muslim bisa leluasa berlibur di tempat Wisata Bahari Pulau Seribu.

8 Masjid di Pulau Seribu Jakarta

Terdapat banyak tempat beribadah di Wisata Bahari Ibu Kota ini. Lokasinya tersebar hampir di semua pulau yang kerap dikunjungi oleh wisatawan. Bahkan di masjid dan mushola ini juga menyediakan peralatan sholat.

Terutama bagi jamaah wanita yang harus menggunakan mukena. Anda tidak perlu repot membawanya, karena sudah disediakan di masjid dan mushola di tempat ini. Berikut ini adalah daftar masjid dan musholah yang ada di Pulau Seribu:

1. Masjid Agung Nurul Huda

Tempat beribadah megah dan berukuran besar ini menjadi tempat beribadah utama di Pulau Tidung. Dengan ukurannya yang besar, masjid ini mampu menampung banyak jamaah untuk beribadah.

Bangunan tempat beribadah ini cukup megah. Arsitekturnya tidak jauh berbeda dengan masjid pada umumnya. Tempat beribadah ini dilengkapi dengan pelataran dan halaman yang cukup luas.

Sehingga, Anda bisa bersantai sejenak setelah menjalankan sholat. Atau, Anda juga bisa mengambil banyak foto di sini. Sebab, pemandangannya sangat bagus dan estetik. Tidak kalah dari pemandangan pantai.

Selain diramaikan oleh wisatawan, masjid di Pulau Seribu ini juga ramai oleh berbagai aktivitas warga lokal. Hal ini dibuktikan dengan adanya berbagai kegiatan keagamaan seperti kajian dan bantuan sosial.

Fasilitas Masjid Agung Nurul Huda juga terbilang sangat lengkap. Anda dapat menemukan kamar mandi, tempat wudhu, peralatan sholat bersih, dan juga tepat beristirahat.

Tempat beribadah ini berlokasi di Pulau Tidung, Kepulauan Seribu Selatan, DKI Jakarta 14520. Sebagai informasi tambahan, akses menuju tempat beribadah ini sangat mudah.

2. Masjid Jami’ Al-Makmuriah

Masjid Al-Makmuriah berlokasi di Jalan Pulau Pramuka, Rt/Rw 04/04, Kelurahan Pulau Pramuka, Kecamatan Kepulauan Seribu. Masjid ini tergolong besar dan luas. Selain itu, fasilitasnya sangat lengkap.

Daya tampung dari tempat beribadah ini mencapai 1000 jamaah. Saat berkunjung ke Pulau Pramuka, kami merekomendasikan Anda untuk berkunjung ke masjid ini. Anda juga tidak perlu repot lagi membawa perlengkapan sholat.

Sebab, semua keperluan dan peralatan sholat sudah tersedia. Hal ini akan memudahkan Anda saat mengunjungi Pulau Pramuka. Masjid di Pulau kepulauan seribu ini juga sangat nyaman untuk dijadikan tempat beristirahat.

Udara di dalam tempat beribadah sangat sejuk dan kontras dengan udara pantai yang panas. Pemandangan di sekitar tempat beribadah juga cukup memanjakan mata. Terutama interior di dalam masjid.

3. Masjid Al-Ikhlas Pulau Pari

Saat Anda berkunjung ke Pulau Pari, maka tidak perlu kesulitan mencari masjid. Sebab, di salah satu pulau paling direkomendasikan di Kepulauan Seribu ini terdapat tempat beribadah yang sangat nyaman.

Meski tidak sebesar tempat beribadah sebelumnya, namun Masjid Al-Ikhlas Pulau Pari ini sangat nyaman untuk beribadah. Fasilitasnya juga terbilang lengkap karena disediakan peralatan sholat bersih.

Selain itu, terdapat juga kamar mandi, wc, dan tempat wudhu. Ruangan masjid di kepulauan seribu yang bersih ini juga dilengkapi dengan pendingin ruangan, sehingga sangat sejuk dan membuat betah.

4. Masjid Pulau Payung

Masjid Pulau Payung, merupakan masjid kecil yang berada di Pulau Payung Kepulauan seribu. Ukurannya yang kecil memang sesuai dengan Pulau Payung. Tidak begitu banyak wisatawan di pulau ini.

Sehingga, tempat beribadah di Pulau Payung masih bisa menampung jumlah Jamaah setiap harinya. Meski demikian, tempat beribadah ini tergolong nyaman dan menyediakan fasilitas yang cukup.

5. Masjid Nurul Bahri

Salah satu masjid di Pulau Seribu ini berlokasi di Pulau Sebira, Rt/Rw 03/03, Kepulauan Seribu Utara. Tempat beribadah ini cukup sederhana dengan nuansa warna hijau daun. Luas areanya tidak begitu luas, hanya sekitar 792 m2.

Daya tampung dari masjid ini adalah sekitar 350 orang. Banyak kegiatan rutin yang diadakan oleh DKM masjid ini. Seperti Sholat berjamaah secara rutin, kajian, sholat jumat, dan kegiatan sosial lainnya.

Sehingga, Masjid Nurul Bahri juga masih terawat dengan baik. Area masjid terlihat bersih, dari mulai halaman, kamar mandi, dan juga area peribadatannya. Bahkan, peralatan sholat yang disediakan juga cukup bersih.

Fasilitas yang tersedia cukup lengkap untuk sebuah tempat beribadah. Misalnya adalah kamar mandi, tempat bersuci, dan juga peralatan sholat untuk pria atau wanita.

6. Masjid Nurul Hijrah

Selain ada Masjid Agung Nurul Huda, di Pulau Tidung juga terdapat Masjid Nurul Hijrah. Tempat beribadah ini lebih sederhana jika dibandingkan dengan Masjid Nurul Huda.

Lokasi Masjid ini berada di Pulau Tidung Rt/Rw 02/03, Kepulauan Seribu Selatan. Luas bangunan masjid ini hanya 204 m2, tapi mampu menampung hingga 1000 jamaah. Masjid di kep Seribu ini menawarkan berbagai fasilitas lengkap.

Fasilitas tersebut diantaranya adalah peralatan sholat, area parkir, ruang serbaguna, tempat sholat, tempat wudhu, kamar mandi, dan fasilitas lainnya. Di seluruh area tempat beribadah sangat bersih dan membuat nyaman.

Bahkan, serambinya biasa digunakan untuk melepas lelah. Anda bisa menikmati pemandangan di lingkungan sekitar sambil beristirahat.

7. Mushola An-Nur di Pulau Seribu

Mushola An-Nur merupakan salah satu musola yang ada di Pulau Tidung. Tempat beribadah satu ini menjadi salah satu paling banyak didatangi oleh wisatawan. Luas bangunan mushola ini tidak begitu besar.

Tapi, areanya sangat bersih dan nyaman untuk sholat. Hal ini dikarenakan musholah An-Nur sangat terawat dan memiliki dewan pengurus khusus. Banyak kegiatan yang dilaksanakan di mushola ini.

Selain An-Nur masih ada setidaknya 5 musholah lagi di pulau yang terkenal sangat indah dan memiliki banyak peminat. Diantaranya adalah Mushola Arahman, Nurul Hikma, Al-Ittihad, Al-Ikhlas, dan Baiturahim.

8. Masjid Al-Falah di Pulau Seribu

Masjid di Pulau Seribu, tepatnya di Pulau Kelapa, ini memiliki luas area dan juga bangunan yang luas. Masjid Al-falah menjadi tempat beribadah terbesar di Pulau Kelapa. Luas areanya adalah 1.095 m2 dan luas bangunannya adalah 937 m2.

Dengan bangunannya yang luas tersebut, tempat beribadah ini mampu menampung sebanyak 1.500 Jamaah. Akses menuju tempat beribadah ini juga sangat mudah. Bahkan, letaknya tidak begitu jauh dari pantai dan tempat wisata lainnya.

Fasilitas umum yang dimiliki masjid ini cukup lengkap. Sama halnya dengan tempat beribadah besar lainnya, Anda juga disediakan peralatan sholat bersih di sini. Ruangannya juga sejuk karena menggunakan pendingin ruangan.

Seluruh area masjid sangat bersih dan terawat, sehingga akan membuat Anda nyaman berlama-lama. Lokasi masjid ini berada di Pulau Kelapa, Rt/Rw 08/02, Kepulauan Seribu Utara.

9 Masjid PAM Jaya SWIRO Pulau Untung Jawa

Sama seperti namanya, masjid di kep seribu ini terletak di PAM Jaya SWIRO Pulau Untung Jawa. Masjid di dalam perusahaan ini sangat terawat dan bersih. Fasilitasnya juga sangat lengkap.

Meski berada di dalam perusahaan, namun tempat beribadah ini dibuka untuk umum. Sehingga, bisa menjadi alternatif tempat ibadah saat Anda berada di Pulau Untung Jawa.

Alamat dari tempat beribadah ini adalah di PAM Jaya SWIRO, Pulau Untung Jawa, Kepulauan Seribu Selatan. Anda dapat dengan mudah menemukan lokasi dari perusahaan ini.

Untuk menikmati semua paket wisata di setiap gugusan pulau di sini, Anda bisa menggunakan jasa Pulau Seribu Traveling. Segera hubungi kami melalui telepon atau WahatsApp di 0857-7888-8868.

Dengan terdapatnya masjid di setiap pulau di wisata bahari ini, Anda tidak perlu khawatir lagi mengenai kelancaran beribadah. Masjid di Pulau Seribu memiliki fasilitas lengkap dan nyaman.

Comments are closed.