berlibur ke Pulau Royal
Berlibur ke Pulau Royal Akan Menyenangkan Setiap Wisatawan
Agustus 21, 2021
camping seru di pulau kotok
Nikmati Camping Seru di Pulau Kotok Bersama Pasangan
Agustus 29, 2021

Anda mungkin kurang begitu familiar dengan Pulau Gosong Kepulauan Seribu dibanding pulau-pulau yang lainnya, seperti Pulau Bidadari, Pulau Harapan dan lainnya. Namun, siapa sangka jika keindahan yang ditampilkan tidak kalah memikat.

Bagi Anda yang ingin berlibur ke Kepulauan Seribu untuk menikmati pemandangan alam yang luar biasa, tidak ada salahnya untuk berkunjung ke Pulau Gosong. Agar lebih yakin, Anda bisa menyimak ulasan tentang beberapa fakta Pulau Gosong.

Tampilan Pulau Gosong yang Memukau

pulau cantik di Kepulauan SeribuPulau Gosong merupakan salah satu pulau yang bisa Anda jumpai di Wisata Pulau Harapan. Namanya memang kurang populer jika dibandingkan dengan beberapa pulau di kepulauan seribu, seperti pulau Bidadari, pulau sepa dan lainnya.

Pulau ini termasuk dalam pulau tidak berpenghuni sehingga Anda tidak akan menemukan manusia atau penduduk di pulau ini, kecuali wisatawan itu sendiri.

Salah satu alasan mengapa wisatawan ingin berkunjung ke kepulauan seribu adalah karena pemandangan alam yang begitu indah dan udara yang menyegarkan. Anda juga bisa mendapatkan pemandangan menakjubkan dari Pulau Gosong.

Tidak banyak orang yang mengetahui adanya Pulau Gosong di Kepulauan Seribu. Selain karena kurang populer, nama pulau ini juga memiliki kesamaan dengan wisata di beberapa wilayah lain di Indonesia.

Bahkan, Anda bisa menjumpai beberapa nama Pulau Gosong Kepulauan Seribu, misalnya saja Pulau Gosong Sekati dan Pulau Gosong Rengat. Jadi, Anda harus bisa memilih Pulau Gosong dengan tepat agar sesuai dengan tujuan liburan Anda.

Pulau Gosong ini berupa daratan sempit memanjang yang terjadi dari proses sedimentasi, yaitu terjadinya penumpukan endapan batuan koral, keran hingga hewan laut lainnya. Dari situlah terbentuk pulau kecil yang masuk di Pulau Harapan.

Pulau ini memiliki nama lain berupa Pulau Gosong Perak karena keberadaannya masih terlihat jelas dari Pulau Perak yang berada tidak jauh dari Pulau Harapan. Pulau-pulau ini merupakan tempat yang sering dikunjungi sebagai rekreasi.

Pulau Gosong Kepulauan Seribu ini terlihat seperti pantulan cahaya jika Anda melihatnya dari Pulau Perak. Apalagi dengan laut biru jernih yang ada di sekitarnya sehingga membuat tampilannya semakin memukau.

baca juga : Pilihan Spot Memancing di Pulau Seribu yang Menyenangkan

Asal Mula Nama Pulau Gosong

Dari namanya saja, pasti Anda akan dibuat penasaran bagaimana bisa pulau tersebut memiliki nama Pulau Gosong. Istilah gosong sering dikaitkan dengan gorengan yang telat diangkat dari penggorengan hingga berwarna hitam atau sedikit menghitam.

Tidak banyak memang sumber yang membahas tentang asal mula nama Pulau Gosong, tapi Anda bisa bertanya pada pemandu wisata. Selama wisata di Pulau Seribu, Anda akan ditemani dengan pemandu yang mengenal baik setiap pulau.

Sampai sekarang tidak ada yang tahu pasti alasan pulau ini disebut dengan nama tersebut. Meski begitu, banyak pemandu yang memberikan jawaban masuk akal sehingga dipercaya bahwa itulah asal mula nama Pulau Gosong Kepulauan Seribu.

Beberapa pemandu wisata memberikan jawaban bahwa alasan pulau ini disebut Pulau Gosong adalah wisatawan yang berkunjung ke pulau dari pagi sampai sore, maka akan mendapati kulitnya berubah menjadi gosong atau menghitam.

Hal ini dikarenakan tidak banyak tumbuhan yang bisa dijumpai di pulau ini sehingga tempat untuk berteduh sangatlah kurang. Itulah mengapa sinar matahari terasa langsung ke kulit dan bisa membuat kulit kita menghitam dalam waktu cepat.

Meskipun jawaban pemandu wisata tersebut terdengar bercanda, tapi jika kita pahami lebih lanjut maka penjelasan tersebut masuk akal dan bisa jadi memang itulah fakta di balik nama Pulau Gosong yang unik ini.

Jika Anda masih penasaran dan ingin membuktikan sendiri kebenaran dari penjelasan pemandu wisata tersebut, Anda bisa langsung berkunjung ke Pulau Gosong di Kepulauan Seribu untuk membuktikannya.

Proses Terbentuknya Pulau Gosong Kepulauan Seribu

Salah satu fakta paling menarik dari Pulau Gosong adalah bagaimana proses terbentuknya pulau dengan bentuk memanjang ini. Pada dasarnya, proses pembentukan pulau mungil ini hampir sama dengan pulau lain di Kepulauan Seribu.

Membahas bagaimana terbentuknya Pulau Gosong pasti tidak akan jauh dengan teori ilmu kebumian, yaitu teori tektonik lempeng (tectonic plate). Begitu juga dengan pembentukan kepulauan Indonesia lainnya juga berkaitan dengan teori ini.

Teori ini menjelaskan tentang pergerakan yang terjadi di kulit bumi sehingga menyebabkan munculnya bentuk permukaan bumi seperti sekarang. Seluruh proses ini terjadi akibat adanya aktivitas vulkanik dan tektonis di Indonesia.

Pulau Gosong Kepulauan Seribu bisa dijadikan contoh untuk menjelaskan proses pembentukan pulau-pulau kecil di Indonesia. Hal ini dikarenakan proses pembentukan pulau dirasa lebih sederhana dibanding pulau kecil lainnya.

Endapan pecahan kerang, koral dan binatang laut lainnya merupakan bahan terbentuknya Pulau Gosong yang nantinya makin besar. Dari situlah, kemudian terbentuklah sebuah pulau baru yang kita kenal dengan nama Pulau Gosong.

Secara administrasi, Pulau Gosong Kepulauan Seribu berada di Kelurahan Pulau Harapan karena ukurannya yang cenderung kecil sehingga tidak cukup untuk menjadi wilayah baru, namun harus tetap dimasukkan ke dalam data di dalam Kepulauan Seribu.

Pasang surut air laut sangat berpengaruh terhadap munculnya Pulau Gosong ke permukaan karena bentuknya seperti gundukan pasir. Jadi, Anda bisa menyaksikan pulau ini secara sempurna saat laut sedang surut.

Begitu juga sebaliknya, pulau ini akan tertutup dengan air laut saat mengalami pasang. Oleh karena itu, Anda harus memilih waktu yang tepat untuk berkunjung ke destinasi satu ini.

Kegiatan Menarik di Pulau Gosong

Tidak banyak wisatawan yang menyadari potensi alam Pulau Gosong jadi tidak ada salahnya Anda membuktikan sendiri keindahan alam yang dimilikinya dengan berkunjung langsung ke kepulauan tersebut.

Pulau Gosong Kepulauan Seribu bisa dijadikan destinasi untuk itinerary perjalanan wisata Anda saat berkunjung ke Pulau Harapan. Bahkan, banyak daya tarik yang dimiliki pulau berupa gundukan pasir satu ini.

Kebanyakan wisatawan yang datang ke Kepulauan Seribu pasti ingin menikmati jelajah pulau besar dan snorkeling. Tapi, tidak ada salahnya jika Anda mampir sebentar ke pulau mungil untuk melihat pemandangan laut yang lebih luas.

Anda bisa mengelilingi pulau tersebut dalam waktu sebentar sambil berfoto untuk mengabadikan momen bahagia ini. Mungkin, Anda tidak bisa menetap di pulau ini dalam waktu yang lama karena Anda akan merasa terik matahari yang sangat panas.

Jika Anda terlalu lama berada di Pulau Gosong, maka bersiaplah untuk memilih warna kulit yang sama dengan nama pulau ini. Jadi, pastikan Anda untuk menggunakan sunscreen, tabir surya dan pelindung diri dari sinar matahari.

Umumnya, wisatawan mengunjungi pulau ini dalam waktu sekitar satu jam saja jadi maksimalkan waktu yang sebentar tersebut untuk menikmati pemandangan sekitar.

Bagi Anda yang ingin berkunjung ke Pulau Gosong atau ingin mengetahui informasi tentang pulau lain di Kepulauan Seribu, maka percayakan saja pada Pulau Seribu Traveling. Kami siap membantu Anda untuk memiliki momen liburan paling menyenangkan.

Jangan tunggu lama, langsung saja hubungi kami di nomor (021) 294-61-292 untuk mendapatkan informasi lebih lanjut. Setelah itu, bersiaplah untuk memiliki waktu liburan yang berkesan bersama orang tercinta ke Pulau Gosong Kepulauan Seribu.

Comments are closed.