foto prewedding romantis
Destinasi Foto Prewedding Romantis di Kepulauan Seribu
Agustus 16, 2021
berlibur ke Pulau Royal
Berlibur ke Pulau Royal Akan Menyenangkan Setiap Wisatawan
Agustus 21, 2021

Banyak backpacker yang mencari informasi mengenai budget liburan ke Pulau Pari. Meski ada jasa travel, bagi sebagian orang melakukan perjalanan backpacker dianggap lebih menantang.

Selain itu, bagi mereka biaya melakukan backpacker dianggap lebih murah dibanding dengan jasa travel. Pulau Pari sendiri adalah salah satu pulau yang paling terkenal di Kepulauan Seribu karena kecantikannya.

Pemandangan yang disuguhkan adalah pantai dengan hamparan pasir putih, air bening, dan hutan mangrove. Maka, tidak heran jika banyak wisatawan yang mengincar pulau ini untuk menjadi destinasi wisatanya. Berikut ini adalah rincian biaya yang Anda butuhkan untuk berlibur ke Pulau Pari sebagai backpacker.

Budget Liburan ke Pulau Pari

snorkling pulau pariDari segi budget, liburan menuju pulau pari dibagi menjadi beberapa bagian. Setiap bagiannya, harus Anda perhatikan memerlukan berapa banyak uang. Kemudian, diakumulasikan seluruhnya.

Karena ini merupakan liburan backpacker, maka Anda harus memiliki manajemen uang yang baik. Bisa saja estimasi yang kami sampaikan kurang sesuai dengan keadaan lapangan. Namun, kurang lebih ini adalah rinciannya :

Budget untuk Kapal Menuju Pulau

Karena merupakan gugusan pulau yang dipisahkan lautan, maka untuk menuju ke Pulau Pari Anda harus menggunakan kendaraan air. Dari Jakarta, terdapat dua pelabuhan yang dapat Anda gunakan.

Pertama, adalah Pelabuhan Kali Adem Muara Angke. Di pelabuhan ini, terdapat banyak kapal menuju Pulau Pari. Jenis kapal yang disediakan adalah kapal ferry ekonomi. Selain itu, lahan parkir untuk kendaraan pribadi juga aman.

Kedua adalah Pelabuhan Marina Ancol yang menyediakan speedboat. Kelebihan dari pelabuhan ini adalah tempatnya nyaman dan parkirnya gratis. Karena, sudah dibayar saat pertama kali masuk. Berikut ini adalah budget liburan ke Pulau Pari dari segi transportasi:

  • Ongkos saat Anda menggunakan kapal speedboat dari Marina Ancol pulang-pergi sekitar Rp300.000 satu orangnya.
  • Ongkos untuk kapal ferry di Pelabuhan Kali Adem Muara Angke pulang-pergi setiap Rp100.000 per orangnya.

Jika Anda ingin meminimalisasi budget, maka menggunakan kapal ferry adalah pilihan terbaik.

7 Hal Menarik di Pulau Pari yang Bikin Betah Bertualang

Budget Homestay di Pulau Pari

Selain transportasi, tentu bagi Anda yang ingin menginap, biaya homestay harus dipertimbangkan. Meski dikenal dengan kawasan wisata, namun masih terdapat beberapa homestay dengan harga murah.

Harga yang dipatok ini tergantung dari jumlah kamar dan fasilitas di dalamnya. Lokasi homestay juga sangat berpengaruh. Semakin dengan tempat wisata maka harga permalamnya semakin mahal.

Satu homestay biasanya dapat diisi oleh beberapa orang. Namun, jika Anda ingin sendiri, maka hal tersebut tidak akan jadi masalah. Tapi, biayanya akan lebih mahal.

Berikut ini adalah estimasi budget liburan ke Pulau Pari dari segi tempat tinggal per malamnya:

  • Homestay AC kapasitas 10 orang Rp500.000 – Rp1.000.000
  • Homestay AC kapasitas kurang dari 10 orang Rp400.000 – Rp500.000
  • Homestay non AC kapasitas 10 orang Rp400.000 – Rp600.000
  • Homestay non AC kapasitas kurang dari 10 orang Rp350.000 – Rp400.000

Jika Anda bersama teman-teman, biaya tersebut bisa dibagi-bagi. Sehingga jauh lebih murah.

Budget Konsumsi Selama Liburan

Untuk masalah makanan, Anda tidak perlu khawatir. Banyak tempat makan murah di Pulau Pari. Menu yang ditawarkan juga sangat beragam, ada pecel lele, segala hidangan ayam, sayur, dan menu warteg.

Hal yang harus diperhatikan jika ingin makan murah adalah jangan makan di restauran atau tempat makan dekat pantai atau lokasi wisata. Sebab, harganya dijamin lebih mahal berkali-kali lipat.

Normalnya, harga sekali makan di Pulau Pari adalah Rp18.000 – Rp25.000. Harga tersebut belum termasuk minum. Jadi, budget liburan ke Pulau Pari dalam hal makan adalah :

  • Satu kali makan dan minum Rp25.000 + Rp5.000 = Rp30.000
  • Jika sehari Anda makan tiga kali, maka biaya makan perhari adalah Rp90.000.

Biaya tersebut bisa lebih atau kurang, tergantung dari banyak dan intensitas makan Anda dalam satu hari.

Budget Masuk Pantai Pasir Perawan

Jika Anda kira bisa masuk Pantai Pasir Perawan di Pulau Pari dengan gratis, maka Anda salah. Sebab, Anda dikenkan tarif masuk pantai sebesar Rp3.500 per orang. Dengan biaya tersebut, Anda bisa bermain seharian.

Anda bisa bersantai, atau bermain wahana yang disediakan, bahkan berkeliling hutan mangrove. Tapi sayangnya biaya Rp3.500 hanya untuk masuk saja.

Artinya, Anda akan dikenakan biaya lagi jika ingin menikmati setiap wahana di pantai tersebut. Selain itu, biasanya wisatawan jarang sekali berdiam di pantai seharian.

Mereka akan keluar area pantai untuk mencari makan atau melakukan kegiatan lain. Untuk berjaga-jaga, anggaran masuk pantai dihitung dua kali lipatnya. Estimasi ini dibuat sebagai jaga-jaga.

Bisa saja Anda datang pagi untuk melihat sunrise, kemudian keluar. Lalu, masuk lagi pada sore hari untuk melihat sun set. Sehingga, rincian budget liburan ke Pulau Pari dalam hal masuk area wisatanya adalah:

  • Biaya sekali masuk adalah Rp3.500
  • Estimasi sehari untuk dua kali masuk adalah Rp7.000

Harga tersebut bisa saja lebih karena faktor kenaikan dari pihak pengelola. Serta, intensitas Anda keluar-masuk Pantai Pasir Perawan.

Budget Camping di Pantai

Tidak lengkap rasanya jika Anda mengunjungi Pulau Pari tanpa melakukan camping di Pantai Pasir Perawan. Dengan melakukan camping Anda bisa menikmati malam dengan suasana pantai yang damai.

Anda juga bisa melihat langit bebas yang terkenal dengan keindahannya di Pulau Pari ini. Untuk melakukan camping, tentu Anda membutuhkan tenda. Tapi, bagi Anda yang tidak memilikinya, tidak perlu cemas.

Di Pantai Pasir Perawan sudah tersedia tempat penyewaan tenda. Rincian budget liburan ke Pulau Pari untuk camping adalah:

  • Jika Anda membawa tenda sendiri, maka biaya yang dikenakan hanya untuk sewa tempat yaitu Rp15.000 per malam.
  • Jika Anda tidak membawa tenda, maka biaya sewa tenda ditambah sewa tempat adalah berkisar Rp80.000 – Rp100.000 per malam.

Satu tenda yang disewakan di tempat ini berkapasitas hingga 5 orang. Maka, Anda bisa membagi biaya tersebut dengan teman-teman.

Budget Hiburan di Pulau Pari

Karena Anda berlibur di tempat wisata bahari, maka tidak akan lengkap jika tidak mencoba berbagai wahana air. Wahana air yang menjadi tujuan utama pelancong di Pulau Pari tentunya adalah snorkling.

Anda bisa melihat biota di bawah laut di kedalaman yang relatif dangkal. Biota laut di Pulau Pari ini sangat banyak dan indah sekali. Anda pasti akan menyesal jika tidak mencobanya.

Banyak jenis ikan dan terumbu karang warna-warni. Selain itu, Anda bisa memberi makan mereka dan berfoto ria. Selain snorkling, ada juga watersport atau olahraga air.

Wahana ini terdiri dari banana boat dan sofaboat. Kedua olahraga air tersebut sangat seru dimainkan oleh Anda dan teman-teman. Selain memicu adrenalin, Anda juga bisa mempererat hubungan pertemanan.

Tidak hanya sampai di situ, Anda juga bisa menyewa sepeda untuk berjalan-jalan mengelilingi pulau. Bahkan hitungan sewanya bukan per jam, tapi per dua hari. Biayanya terjangkau bagi seorang backpacker. Berikut ini adalah rincian budget liburan ke Pulau Pari untuk hal hiburan:

Biaya Snorkling

Untuk dapat melakukan snorkling, Anda harus menyewa kapal snorkling Rp350.000, set alan snorkling Rp35.000 per orang, kamera under water Rp150.000, dan guide Rp150.000.

Biaya tersebut dapat dibagi sesuai dengan jumlah teman yang Anda bawa. Jika harus ditanggung sendiri, tentunya akan sangat mahal.

Biaya Watersport

Banana boat dipasang tarif Rp40.000 untuk satu kali main. Sedangkan, Sofaboat dipasang taris Rp45.000 per orang.

Biaya Sewa Sepeda

Biaya sepeda selama dua hari dan satu malam hanya dipasang tarif sekitar Rp25.000 – Rp40.000.

Kalau Anda tidak mau repot dan memilih menggunakan jasa traveling, maka Pulau Seribu Traveling adalah solusinya. Hubungi kami melalui WahatsApp di 0857-7888-8868.

Berlibur ke Kepulauan Seribu secara backpacker sangat mungkin dilakukan, terutama ke Pulau Pari. Budget liburan ke Pulau Pari secara backpacker akan lebih murah jika Anda bisa pandai memanfaatkan kesempatan.

Comments are closed.