camping seru di pulau kotok
Nikmati Camping Seru di Pulau Kotok Bersama Pasangan
Agustus 29, 2021
liburan ke pulau seribu jakarta
4 Persiapan Liburan ke Pulau Seribu Jakarta yang Harus Dilakukan
September 18, 2021

Membahas tentang kuliner unik Kepulauan Seribu tentu sangat menarik karena memiliki ciri khas tersendiri. Apalagi dari namanya juga unik sehingga membuat Anda semakin penasaran makanan apakah sebenarnya.

Pulau Seribu jakarta dikenal kaya akan hasil lautnya, tidak heran jika kuliner khas dimiliki juga sebagian besar olahan hasil laut. Selain enak tentu saja memiliki nilai gizi sangat tinggi karena kandungannya.

Berwisata ke suatu daerah apalagi pulau-pulau di nusantara rasanya sayang jika Anda tidak mencoba makanan khasnya. Terasa ada yang kurang jika sekedar menikmati keindahan wisata saja tanpa mencoba makanan khas.

Sebenarnya banyak kuliner asli dari Pulau Seribu namun kali ini hanya membahas kuliner uniknya saja. Dari banyaknya pilihan berikut ada 4 kuliner unik di Kepulauan Seribu baik dari namanya maupun rasa.

Kue Talam Ikan Memiliki Rasa Khas Gurih dan Lembut

Salah satu kuliner unik Kepulauan Seribu yaitu kue talam, Anda bisa menemukannya hampir di setiap pulaunya. Namun direkomendasikan untuk ke Pulau Panggang saja karena sebagai pusat kuliner disana.

Di pulau Panggang Anda bisa menemukan berbagai kuliner lain seperti puk cue dan berbagai makanan khas lainnya. Sebenarnya tidak sulit menemukan kue satu ini karena tersedia di pusat oleh-oleh.

Jika Anda belum pernah melihat seperti apa kue talam ikan itu sendiri tidak perlu bingung. Kue satu ini sebenarnya sama dengan kue pada umumnya namun ada tambahan abon ikan.

Bahan utama dari kue ini adalah tepung beras kemudian dimasak sampai memiliki tekstur kenyal. Bahan tambahan lainnya yaitu gula dan garam secukupnya karena rasanya tidak terlalu manis.

Kalau diperhatikan sekilas dari teksturnya sangat mirip dengan agar-agar yaitu kenyal dan lembut. Namun sedikit lebih padat kemudian pada bagian atasnya ditaburi dengan abon ikan secukupnya saja.

Dari segi harga kue ini sangatlah terjangkau yaitu kisaran Rp 1.000 sampai Rp 2.000 saja per pcs. Memiliki rasa unik membuat Anda dijamin tidak akan merasa bosan untuk terus mencoba.

Biasanya warga asli Pulau Seribu menjadikan kudapan ini untuk dimakan baik pagi, siang maupun malam hari. Tidak heran jika Anda akan sangat mudah menemukan dipulau-pulau yang memiliki penghuni.

Kue talam ini sebagai kuliner unik Kepulauan Seribu dianggap sangat istimewa jadi harus Anda coba. Nikmati sensasi perpaduan antara kue dengan olahan abon ikan asli dari Pulau Seribu.

Selingkuh, Makanan Khas Penuh Makna

Ketika Anda mendengar nama makanan “selingkuh” mungkin akan merasa kaget kok bisa dikasih nama seperti itu. Ternyata makanan satu ini memiliki makna penting bagi warga di Pulau Seribu.

Sebagai salah satu kuliner unik Kepulauan Seribu makanan ini sangat populer dan membuat wisatawan penasaran. Mungkin Anda juga akan sangat penasaran apa sebenarnya isi dari kuliner satu ini.

Sebenarnya selingkuh adalah makanan bentuknya seperti lontong atau arem-arem dengan bahan dasar beras. Kemudian beras dimasak berasama dengan santan kelapa lalu di bagian dalamnya diberikan isian tumbukan ikan.

Pada bagian luarnya dibungkus dengan daun pisang baru dikukus sampai matang sempurna. Dari segi rasa makanan ini gurih, asin dan mengeyangkan karena bahan dasarnya memang dari beras.

Kue ini diberikan nama selingkuh karena pada jaman dulu orang-orang yang mayoritas seorang pelaut. Menghabiskan waktu mereka untuk melaut bahkan sampai ke Kalimantan dengan waktu berhari-hari sehingga digunakan sebagai bekal.

Makanan ini sangat praktis karena nasi langsung tercampur dengan lauk didalamnya tanpa perlu banyak tempat. Bungkus dari daun pisang membuat rasa sedap sekaligus praktis karena bisa langsung dibuang ke laut.

Menariknya dari kuliner unik Kepulauan Seribu para istri memang sengaja membekali suami mereka dengan makanan ini. Agar suami yang pergi tidak main-main dengan wanita lain saat di wilayah orang.

Kalau penasaran bagaimana rasa sebenarnya makanan ini, Anda bisa langsung pergi ke Pulau Seribu sekalian liburan. Banyak penjual disana sehingga dijamin pasti akan sangat mudah menemukannya kapan saja.

Bom Atom, Kuliner Unik Kepulauan Seribu

Pulau Seribu dikenal dengan berbagai nama makanan unik sehingga membuat wisawatan semakin penasaran untuk segera mencobanya. Kali ini namanya adalah Bom Atom dimana sebenarnya makanan bukan bom yang membahayakan.

Bom atom merupakan kuliner unik Kepulauan Seribu yang memiliki warna pink kemerahan sehingga sangat mencolok dibanding lainnya. Dari segi bentuk biasanya oval seperti bom dan ukurannya juga tidak terlalu besar.

Bahan untuk membuat kudapan ini sangatlah sederhana antara lain tepung terigu, telur dan mentega dicampur menjadi satu. Kemudian dibuat bentuk oval baru digoreng sampai berubah warna menjadi kecoklatan.

Warna pink mencolok dihasilkan dari karamel pink yang dicelupkan setelah bom atom matang dan sudah dingin. Tidak hanya karamel, biasanya juga ditaburi dengan gula halus sehingga rasa manisnya sangat terasa.

Anda akan merasakan perpaduan rasa unik pada kue ini karena selain gurih juga rasa manis dari gula dan karamel. Biasanya warga menjadikan bom atom sebagai teman ngopi atau ngeteh.

Jika wisatawan ingin merasakan bagaimana rasa bom atom sebenarnya maka bisa membelinya langsung. Anda akan sangat mudah menemukannya di pulau berpenghuni karena banyak pulau menjadi destinasi wisata.

Bahkan banyak wisatawan ingin menjadikan kuliner unik Kepulauan Seribu satu ini sebagai oleh-oleh liburan mereka. Karena memang bom atom sangat populer sehingga banyak orang penasaran ingin mencoba.

Kalau Anda ingin merasakan sensasi tersendiri menikmati bom atom maka bisa sambil bersantai di tepi pantai. Ditemani kopi dan pemandangan indah laut lepas memberikan rasa berbeda pada setiap makanan.

baca : Wisata Kuliner di Pulau Macan yang Bikin Nagih Pengunjung

Olahan Ikan Tongkol Berbeda Menjadi Sate Gepuk

Bagi Anda yang tidak menyukai ikan tongkol karena hanya diolah itu-itu saja maka tidak ada salahnya mencoba. Kuliner unik Kepulauan Seribu ikan tongkol diolah berbeda menjadi sajian sate gepuk.

Nama kulinerya dikenal dengan sate gepuk atau sate odol terkenal di hampir semua pulau di Kepulauan Seribu. Olahan ini lebih praktis menikmatinya karena tidak lagi memisahkan antara duri dengan daging.

Anda tidak perlu lagi repot memisahkan antara daging dengan duri karena sudah bisa langsung dinikmati. Bahan utamanya adalah ikan tongkong yang diambil dagingnya saja kemudian dicampur kelapa parut.

Ada bumbu-bumbu rahasia sebagai campurannya sehingga menghasilkan rasa khas dan berbeda. Setelah siap dibentuk seperti sate kemudian dibakar sehingga mengeluarkan bau yang sangat sedap dan membuat Anda semakin lapar.

Anda akan merasakan perpaduan rasa manis, asin dan gurih dijamin pasti merasa ketagihan untuk mencoba banyak. Ikan tongkol sangat mudah ditemukan disana jadi wisatawan tidak akan sulit mendapatkan makanan ini.

Ada cara berbeda dari olahan kulinernya seperti memasukkan kembali campuran daging, kelapa parut dan bumbu ke kulit. Bisa juga tidak dibakar namun dimasukkan kedalam daun pisang kemudian dikukus sampai matang.

Jika ingin mendapatkan rasa pedas maka bisa menambahkan sambal khas Pulau Seribu sebagai teman makan. Dijamin pasti kenyang jika menambahkan nasi dan Anda tidak perlu membayar mahal untuk makanannya.

Mencoba kuliner saat liburan kini semakin mudah dengan menggunakan jasa Pulau Seribu Traveling. Anda bisa menikmati berbagai kuliner unik Kepulauan Seribu dengan memesan paket liburan di nomor (021)294-61-292.

Comments are closed.